UNTUK INDONESIA
9 dari 10 Wasit Spanyol Dukung Madrid, Sisanya Barca
Mayoritas wasit Spanyol mendukung Real Madrid. Bahkan 9 dari 10 wasit ngefans Madrid. Hanya sedikit atau sisanya yang mendukung Barcelona.
Mayoritas wasit Spanyol mendukung Real Madrid. Bahkan 9 dari 10 wasit ngefans Madrid. Hanya sedikit atau sisanya yang mendukung Barcelona. Tampak pertandingan Madrid melawan Barca. (Foto: marca.com)

Jakarta - Wasit Spanyol mendukung Real Madrid. Hanya sedikit yang men-support Barcelona, rival bebuyutan Madrid. Bahkan 9 dari 10 wasit ngefans Madrid dan ini bisa jadi memberi keuntungan bila tim bertanding. Bahkan wasit luar Spanyol pun mendukung Los Blancos

Dukungan sang pengadil terhadap Madrid dibeberkan blak-blakan oleh mantan wasit internasional Eduardo Iturralde Gonzalez. Berbeda denga wasit-wasit lainnya, Iturralde bukan pendukung 2 raksasa La Liga Spanyol itu, 

Iturralde yang sudah memimpin 291 pertandingan La Liga ini merupakan suporter Athletic Bilbao. Bukan klub besar, namun Athletic pernah 8 kali memenangi La Liga. Klub itu juga tercatat 23 kali menjadi juara Copa del Rey. Mereka menduduki peringkat 2 sebagai klub yang paling banyak memenangi Copa del Rey. Sementara, Barca tercatat paling banyak menjadi juara, 30 kali. 

Suka atau tidak suka, 70 persen populasi Spanyol, di luar Katalonia, adalah pendukung Real Madrid. Namun kini, pendukung Barca sudah makin banyak, khususnya anak muda

Menurut Iturralde bukan rahasia bila hampir semua wasit merupakan pendukung Madrid. Dan, hal yang wajar karena wasit biasanya pernah bermain sepak bola atau minimal menyukai sepak bola. Sebagai pemain atau penggemar bola, mereka tentu memiliki idola klub atau pemain. 

Bahkan wasit legendaris asal Italia, Pierluigi Collina pun mengaku sebagai penggemar David Beckham. Menariknya ada beberapa pertandingan penting yang melibatkan Beckham dan dipimpin Collina berhasil dimenangkan oleh eks bintang Manchester United dan Real Madrid serta kapten Inggris ini.  

"90 persen banding 10 persen," kata Iturralde seperti dikutip Marca saat ditanya mengenai perbandingan antara wasit yang mendukung Madrid dan Barca. 

"Ayolah, wasit tidak berasal dari planet Mars. Mereka tentu menyukai sepak bola. Bila Anda suka sepak bola maka Anda bakal mendukung sebuah tim," ucap dia. 

Pernyataan Iturralde soal wasit yang mendukung Madrid sesungguhnya menanggapi tulisan wasit Mark Clattenburg dalam kolomnya di Daily Mail yang kemudian dikutip Marca. Clattenburg membeberkan bila gol Sergio Ramos di final Liga Champions 2016 melawan Atletico Madrid seharusnya tidak disahkan. Ramos dalam posisi offside sebelum mencetak gol. 

Hanya wasit asal Inggris itu tak memanfaatkan VAR untuk meninjau kejadian itu. Mungkinkah Clattenburg termasuk pendukung Madrid karena keputusan itu menguntungkan Los Merengues

Ironisnya gol itu turut menentukan hasil akhir pertandingan yang berakhir imbang 1-1 dalam waktu normal. Madrid tampil sebagai juara setelah menang 5-3 lewat adu penalti. 

Barca Didukung Karena Messi dan Guardiola

Menurut Iturralde lebih dari separuh warga Spanyol merupakan pendukung Madrid. Barangkali hanya warga wilayah Katalonia yang merupakan markas Barca yang menolak mendukung Madrid. Penolakan itu pun bersifat politis karena Katalonia memang ingin merdeka dari Spanyol.  

Hanya, belakangan memang mulai banyak wasit maupun warga Spanyol yang ngefans Barca. Terutama sejak ada Lionel Messi dan pelatih Pep Guardiola

 Baca juga: 

Madrid Hanya Miliki Karim Benzema di Lini Depan

Newcastle Jadi Penyelamat Madrid dan Barca

"Saya beruntung karena berasal dari Bilbao dan banyak warga di sana yang mendukung Athletic. Tetapi di di daerah lain di Spanyol adalah pendukung Madrid atau Barca karena kedua tim itu kerap menang," kata Iturralde.

"Suka atau tidak suka, 70 persen populasi Spanyol, di luar Katalonia, adalah pendukung Real Madrid. Namun kini, pendukung Barca sudah makin banyak, khususnya anak muda. Mereka menyaksikan bagaimana Barca yang ditangani Guardiola memenangi bayak titel. Tetapi sebelum era Messi, berapa banyak yang support Barca," ujarnya. 

Meski demikian Iturralde memastikan wasit tetap bersikap profesional saat memimpin laga yang melibatkan timn yang didukung. Namun harus diakui pula Madrid dan Barca merupakan 2 tim yang paling banyak memenangi trofi. Apalagi, mereka didukung pemain terbaik dan finansial yag bagus pula. []

Berita terkait
Real Madrid Punya DNA Juara, Jadi Yakinlah Juara
Real Madrid yakin meraih meraih gelar juara La Liga Spanyol musim ini. Pelatih Zinedine Zidane tegaskan juara sudah jadi DNA klub.
Real Madrid Lebih Pantas Juara Liga Ketimbang Barca
Real Madrid lebih pantas juara La Liga Spanyol. Kiper Madrid Thibaut Courtois menyebut tak adil bila liga disetop dan Barcelona jadi juara.
Barca Masih Bisa Datangkan Neymar dengan 1 Syarat
Barcelona sulit membawa kembali bintang Paris Saint-Germain Neymar ke Camp Nou karena problem ekonomi. Meski berpeluang, namun itu sangat tipis.
0
9 dari 10 Wasit Spanyol Dukung Madrid, Sisanya Barca
Mayoritas wasit Spanyol mendukung Real Madrid. Bahkan 9 dari 10 wasit ngefans Madrid. Hanya sedikit atau sisanya yang mendukung Barcelona.