UNTUK INDONESIA
9 Aneka Camilan Lezat Nostalgia Saat Lebaran
ada beberapa aneka camilan nostalgia yang sering kali ditemui saat momen lebaran. Berikut camilan nostalgia yang selalu ada saat Idul Fitri.
Ilustrasi Rengginang. (Foto: Instagram/@rhmankml)

Jakarta - Aneka camilan menjadi salah satu makanan yang sering kali ditemui saat hari raya Idul Fitri atau lebaran. Bahkan, beberapa camilan bisa membuat penikmatnya mengingat masa lalu atau nostalgia.

Cita rasanya yang khas dan lezat, tentu mampu membuat lidah para penikmatnya ketagihan. Selain itu, camilan tersebut bisa mengobati rasa rindu akan momen-momen terdahulu.

Dilansir dari Antara, berikut Tagar rangkum sejumlah camilan yang mengingatkan kembali momen terdahulu atau nostalgia.

1. Gem Rose

Camilan Gem RoseIlustrasi Gem Rose. (Foto: Instagram/@palembanginsta)

Gem rose memiliki tampilan menarik karena dihiasi dengan gula warna-warni di atasnya. Ada beragam warna gula yang digunakan seperti putih, kuning, merah muda, dan hijau.

Renyahnya biskuit yang dipadukan dengan manisnya gula di setiap potongnya mampu menggugah selera. Biasanya camilan ini disukai anak-anak lantaran rasa manis dan bentuk visualnya.

2. Cokelat Payung

Cokelat PayungIlustrasi Cokelat Payung. (Foto: Instagram/@snack_and_snake)

Kebanyakan orang pasti menyukai cokelat payung karena rasanya yang manis dan kemasannya unik. Camilan nostalgia ini memang selalu tersedia saat momen lebaran.

Berbentuk kerucut seperti payung dan dilengkapi gagang kecil di ujungnya, cokelat ini sudah ada sejak dulu. Cita rasanya yang manis bisa membuat penikmatnya ketagihan. 

3. Keripik Bawang

Keripik BawangIlustrasi Keripik Bawang. (Foto: Instagram/@asahid_tehyung)

Tekstur renyah yang diberikan keripik bawang mampu membuat mulut penikmatnya tak bisa berhenti mengunyah. Camilan sederhana ini bisa dinikmati dengan beragam cara seperti dimakan langsung, dicampur ke dalam mangkuk bakso, atau sebagai pelengkap nasi dan lauk pauknya.

4. Kembang Goyang

Kembang GoyangIlustrasi Kembang Goyang. (Foto: Instagram/@dapoersikoko)

Kembang goyang menjadi salah satu camilan yang mampu membangkitkan kenangan masa lalu. Kue tradisional Betawi ini berbahan utama tepung beras.

Serupa dengan namanya, camilan tersebut berbentuk seperti kembang yang sedang mekar. Selain disajikan saat momen lebaran, biasanya kembang goyang selalu ada saat acara hajatan.

5. Rengginang

RengginangIlustrasi Rengginang. (Foto: Instagram/@rhmankml)

Rengginang juga menjadi salah satu camilan yang wajib ada saat momen lebaran dan mampu membuat penikmatnya bernostalgia. Makanan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan dan biasanya diletakkan di dalam toples. 

Cita rasa gurih yang diberikan mampu menggugah selera. Bahkan, teksturnya yang renyah membuat penikmatnya tak bisa berhenti mengunyah.

6. Tapai Ketan

Tapai KetanIlustrasi Tapai Ketan. (Foto: Instagram/@berry_swan)

Tapai ketan memang camilan tradisional yang sudah lama ada di Indonesia. Kudapan ini selalu ada saat momen lebaran tiba. Makanan yang dibungkus dengan daun jambu, lalu dikunci dengan sebatang lidi pendek ini memiliki rasa yang manis. 

Ada beragam jenis tapai ketan yang sering dikonsumsi masyarakat mulai dari yang isinya ketan putih dan diberi pewarna pandan sehingga berwarna hijau, ada juga isinya ketan hitam.

7. Opak

OpakIlustrasi Opak. (Foto: Instagram/@tbachtiargeo)

Opak juga menjadi salah satu kudapan yang biasa dinikmati menjelang hari raya Idul Fitri. Kudapan terbuat dari beras ini memiliki rasa gurih dan renyah. Makanan yang sudah ada sejak lama tersebut mampu membangkitkan nostalgia bagi para penikmatnya.

8. Lemang

LemangIlustrasi Lemang. (Foto: Instagram/@indah_sasha/uploadkompakan)

Lemang merupakan makanan yang berasal dari Provinsi Jambi dan biasa disantap saat lebaran. Hidangan tradisional ini terbuat dari beras ketan dan diproses menggunakan bambu.

Bambu yang digunakan saat mengolah lemang tak boleh sembarangan karena ujungnya tidak boleh terlalu tebal. Ini bertujuan agar ketan yang ada di dalamnya bisa matang secara merata.

9. Jojorong

Kue JojorongIlustrasi Jojorong. (Foto: Instagram/@inforangkasbitung)

Kue jojorong merupakan makanan khas suku Banten dari Kabupaten Pandeglang. Camilan ini terbuat dari tepung beras dan santan kelapa yang bagian dalamnya diisi dengan gula aren.

Camilan tersebut biasa diletakkan di wadah persegi dari daun pisang yang setiap ujungnya diikat menggunakan tusuk gigi. Makanan berasa manis ini selalu tersedia saat momen lebaran dan mampu membuat penikmatnya bernostalgia dan ketagihan dengan sensasi rasa jojorong []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Spesial Khas Lebaran dari Belahan Dunia
Saat momen lebaran tiba, semua negara yang ada di belahan dunia pasti akan menyediakan makanan spesial khas dari negara masing-masing.
Resep Aneka Makanan Spesial Identik dengan Lebaran
Umat Muslim pasti merindukan suasana dan tradisi perayaan lebaran, termasuk aneka makanan spesial yang biasa dihidangkan.
Tips Kirim Paket Lebaran di Tengah Pandemi Corona
Mengirim paket lebaran di tengah Pandemi Corona juga harus diperhatikan oleh masyarakat. Berikut tips aman mengirim paket saat wabah Corona.
0
Perhatian! Puncak Bogor Berlakukan Contraflow saat Libur Panjang
Mengantisipasi membludaknya jalur menuju Puncak Bogor, polisi akan menerapkan contraflow saat libur panjang.