8 Urutan Make up Dasar yang Harus Dimiliki Pemula

Dengan memakai riasan wajah, tingkat kepercayaan diri biasanya akan semakin meningkat. Nah, berikut urutan dasar make up bagi pemula.
Ilustrasi Bedak. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Kebutuhan make up untuk sebagian wanita tentu menjadi hal dasar yang harus terpenuhi. Dengan memakai riasan wajah, tingkat kepercayaan diri biasanya akan semakin meningkat. Bahkan kemampuan make up juga menjadi sangat harus bisa dilakukan.

Sebagian orang yang masih pemula dalam hal make up tidak tahu dari mana mereka harus memulai. Pada dasarnya, bagi kamu yang masih pemula bisa mulai dengan mempunyai beberapa alat make up dasar. Nah, berikut 8 jenis makeup yang harus dimiliki oleh para pemula.


1. Pelembab

Agar minyak alami wajah tidak hilang, sebaiknya gunakan pelembap terlebih dahulu. Pelembap berfungsi untuk menghidrasi dan merangsang produksi minyak alami yang akan menjaga tekstur kenyal kulit.

Pakai pelembap secukupnya, jangan terlalu banyak supaya tidak menimbulkan minyak berlebih. Tunggu beberapa menit hingga pelembab meresap ke dalam pori-pori kulit sebelum mengaplikasikan foundation.


2. Foundation

Foundation merupakan alat make up yang tak kalah penting untuk membuat penampilan wajahmu lebih cantik. Hindari menggunakan foundation dengan warna yang terlalu terang dari kulit Anda. 

Ketika masih belajar make-up natural, sebisa mungkin pilih foundation yang bagus yang bisa mendekati warna asli kulit untuk mendapatkan tampilan alami. 

Untuk tampilan make-up yang alami atau natural, Anda juga bisa menggunakan foundation berbentuk powder yang lebih ringan dibanding foundation berbentuk krim. Saat mengaplikasikan foundation, gunakan brush atau spons agar coverage-nya  lebih rata.


3. Bedak

Bedak adalah alat make up yang wajib banget dimiliki oleh para pemula. Bedak juga merupakan salah satu cara jika kamu ingin touch up dengan cepat. Bedak akan membuat wajah kamu terlihat lebih segar. Bawalah bedak kemana pun kamu pergi. Agar kamu tak perlu khawatir dengan riasan wajahmu.


4. Blush On

Untuk membuat riasan wajahmu makin sempurna, kamu tidak boleh melewatkan produk makeup satu ini. Berfungsi sebagai penyempurna proporsi wajah, blush on pastinya akan membuat tampilanmu makin cerah.

Biasanya, produk kosmetik satu ini diaplikasikan ke wajah dengan tipis di tulang pipi. Namun, belakangan banyak juga yang menggunakan blush on lebih tebal di area bawah mata hingga melewati hidung untuk tampilan lebih menggemaskan.


5. Pensil Alis

Produk makeup yang satu ini biasanya digunakan untuk memberikan warna sekaligus menata alis. Bagi sebagian orang alis merupakan bagian terpenting yang harus diperhatikan. Untuk itu sebagian orang rela menghabiskan waktunya untuk menggambar alis yang rapih dan cantik.


6. Eyeliner

Pilihlah eyeliner cair yang tahan lama dan memiliki warna hitam yang pekat serta tajam. Meskipun sulit untuk mengaplikasikannya, sebagai pemula kamu harus terus berlatih menggunakan produk makeup mata yang satu ini. Eyeliner akan membuat mata kamu terlihat lebih tajam dan riasan menjadi semakin sempurna.


7. Maskara

Tak lengkap rasanya jika kamu hanya menggunakan perlengkapan make up untuk pemula tanpa menggunakan maskara. Jika bulu mata lentik dan juga tebal maka akan terlihat lebih indah.

Gunakan maskara secara zig-zag dari akar bulu mata hingga ujung. Tak perlu memakainya secara berlebihan untuk sehari-hari agar tampak lebih natural. Pastikan jika maskara yang kamu gunakan bersifat tahan air sehingga tidak mudah luntur saat terkena air.


8. Lipstick

Dan terakhir adalah lipstick. Lipstick merupakan item wajib yang harus kamu punya karena riasan sebagus apapun kalau tidak menggunakan lipstick tetap akan terlihat kurang. 

Fungsi dari lipstick ini adalah untuk memberi kesan segar untuk wajah terutama bibir kamu. Selain itu, beberapa brand lipstick pun kini melengkapi produknya dengan moisturizer  agar bibir tetap sehat dan cantik. 

Saat ini, terdapat banyak jenis lipstick, di antaranya adalah creamy lipstick, matte lipstick, glossy lipstick, dan lain-lain. Pilihlah lipstik sesuai dengan kebutuhan dan tentu warna wajahmu agar tidak terlihat terlalu berlebihan.

(Emilya Rahmawati)


Berita terkait
5 Manfaat Wajah Tanpa Make Up
Salah satunya adalah, kulit Anda dapat meregenerasi selnya dengan baik.
Suka Make Up? Ini Cara Memilih Foundation yang Cocok
Salah memilih warna foundation bisa berakibat fatal, akan membuat perbedaan warna wajah dan leher nantinya. Berikut cara memilihnya.
Hati-Hati! Bahaya Make Up Kedaluwarsa Bagi Kulit
Jangan sampai lupa bahwasanya menggunakan make up atau produk rias yang sudah melewati tanggal kedaluwarsa sangat berbahaya bagi kulit.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.