UNTUK INDONESIA
8 Rumah Terbakar di Aceh, 30 Jiwa Mengungsi
Delapan rumah di Desa Lawe Disky Sabas, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara Aceh terbakar.
Delapan unit rumah di Desa Lawe Disky Sabas, Kecamatan Babul Makmur, Aceh Tenggara. (Foto: Tagar/Istimewa)

Banda Aceh - Kebakaran hebat terjadi di Desa Lawe Disky Sabas, Kecamatan Babul Makmur, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh pada Jumat, 13 Maret 2020. Dalam musibah ini, sebanyak 8 unit rumah dilaporkan hangus terbakar.

Staf Pusat Data dan Informasi Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), Haslinda Juwita menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun akibat kebakaran ini 30 jiwa kehilangan tempat tinggalnya.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini namun kebakaran ini berdampak rusaknya tempat tinggal milik 5 Kartu Keluarga, atau 30 jiwa,” kata Haslinda dalam keterangannya kepada wartawan di Banda Aceh, Jumat, 13 Maret 2020.

Kejadian ini mengakibatkan lima unit rumah rusak berat dan tiga unit rumah rusak ringan sehingga sejumlah 30 penghuni rumah mengungsi.

Haslinda menjelaskan, dari 8 rumah yang terbakar, 5 di antara rusak berat yaitu milik Sentosa Pasaribu, Luhut,Tiop Sonang Pasaribu, Jamin Barimbing dan Supriatno Pinem.

Sedangkan rumah yang terbakar hingga rusak ringan, kata Haslinda, adalah milik Kamsah Simarta, Johson Naniggolan dan Victor Hutahayan.

Kata Haslinda, kebakaran terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Atas kejadian ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tenggara mengerahkan 5 unit pemadam kebakaran guna melakukan pemadaman.

Selain itu, katanya, pemadaman juga dibantu oleh masyarakat, TNI/Polri serta unsur relawan lainnya. Api berhasil dipadamkan pada pukul 11:00 WIB.

Menurut Haslinda, saat ini belum diketahui apa penyebab kebakaran tersebut. Kejadian ini masih dalam tahap penyelidikan pihak yang berwajib.

“Kejadian ini mengakibatkan lima unit rumah rusak berat dan tiga unit rumah rusak ringan sehingga sejumlah 30 penghuni rumah tersebut harus mengungsi,” kata Haslinda. []

Berita terkait
Nelayan Myanmar Ditangkap dan Diisolasi di Aceh
Pemerintah Indonesia menangkap 12 nelayan asal Myanmar yang diduga mencuri ikan di perairan Selat Malaka. ke-12 nelayan menjalani isolasi corona.
RSUDZA Aceh Pulangkan 2 Pasien Suspect Virus Corona
2 pasien suspect virus corona atau Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Aceh sudah dipulangkan.
Jembatan Dah dan Nasib Awal Warga Subulussalam Aceh
Jembatan sepanjang 150 meter di atas sungai Lae Suraya, Desa Dah, Kecamatan Rundeng, Kota Subulussalam, Aceh diresmikan.
0
Pertamina Sulap Lapangan Bola Jadi RS Darurat Covid-19
Pertamina menyulap bekas lapangan sepak bola seluas 22.700 meter persegi di Simprug, Senayan, Jakarta Selatan menjadi RS Darurat Covid-19.