8 Oleh-oleh Khas Sumatera Barat Paling Populer

Selain terkenal dengan rendang yang sudah go internasional. Sumatera Barat juga memiliki oleh-oleh khas yang wajib untuk dicoba.
Ilustrasi - Oleh-oleh khas Minangkabau paling populer. (Foto: Tagar/Dok Kuliner)

Jakarta - Setiap daerah memiliki oleh-oleh khas masing-masing, tak terkecuali makanan khas Minangkabau, Sumatera Barat yang menjadi buah tangan jika berkunjung ke daerah tersebut.

Pasalnya, makanan dari Padang begitu menggugah selera, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Berikut oleh-oleh khas Sumatera Barat. 


1. Keripik Singkong Balado

Keripik singkong balado menjadi oleh-oleh wajib yang pasti masuk ke dalam daftar makanan yang harus dibeli. Keripik singkong asal Padang ini memiliki karakteristik warna merah yang pekat, lengket, dan berbentuk panjang, dengan rasa pedas manisnya yang begitu khas.


2. Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek adalah kerupuk kulit khas dari Padang yang terbuat dari kulit kerbau atau sapi. Kerupuk ini biasa dijual di pusat toko oleh-oleh dengan varian original.


3. Dakak-dakak

Dakak-dakak adalah olahan singkong goreng berbentuk kubus kecil, berwarna kuning dan bercita rasa gurih. Jika dimakan, oleh-oleh khas Padang ini akan terasa sangat renyah. 


4. Arai Pinang

Arai pinang juga menjadi oleh-oleh khas Padang yang sering kita terima. Makanan ringan ini memiliki bentuk bulat pipih dengan garis-garis panjang dengan cita rasa gurih dan tekstur renyah.


5. Karak Kaliang

Karak kaliang menjadi camilan yang mungkin jika dilihat sekilas mirip dengan lanting. Masyarakat Minangkabau biasanya membuat camilan ini dengan bahan dasar ubi kayu.


6. Rendang Daging

Makanan yang digadang-gadang sebagai salah satu kuliner terlezat di dunia ini memang menjadi primadona. Konon kabarnya, rendang asli yang dibeli langsung di Padang rasanya jauh lebih autentik dan nikmat.


7. Rendang Telur

Rendang telur adalah kuliner asal Padang yang sering dijadikan oleh-oleh. Camilan ini memang dibuat dari telur yang dicampur dengan tepung terigu dan bumbu lain untuk kemudian digoreng. []


8. Dendeng Kering

Dendeng merupakan olahan daging renyah yang telah dibumbui dan pipihkan. Rasanya yang gurih akan sangat nikmat disantap dengan nasi hangat dan sambal balado yang khas.

Nah, itulah oleh-oleh khas Minangkabau yang wajib Anda coba jika berkunjung ke daerah tersebut. []

Berita terkait
Beli Oleh-oleh, Minibus Terjun ke Jurang di Madina
Polres Mandailing Natal mencatat kecelakaan tunggal tersebut menyebabkan 1 orang meninggal dunia, dan 6 lainnya mengalami luka-luka.
Corona, Pusat Oleh-oleh Padang Sepi Pembeli
Wabah virus corona juga membuat omzet pengusaha pusat oleh-oleh makanan khas Sumatera Barat merosot tajam.
Unik, Ini Cara Bikin Oleh-oleh dari Batu Akik Aceh
Yul Agusmar, 41 tahun, dikenal sebagai perajin cenderamata batu akik di Subulussalam Aceh.
0
8 Oleh-oleh Khas Sumatera Barat Paling Populer
Selain terkenal dengan rendang yang sudah go internasional. Sumatera Barat juga memiliki oleh-oleh khas yang wajib untuk dicoba.