8 Manfaat Selai Kacang, Cegah Berat Badan dan Diabetes

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan memiliki manfaat yang berlimpah bagi tubuh.
Ilustrasi selai kacang (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Selai kacang merupakan jenis selai favorit di seluruh dunia. Biasanya orang-orang menggunakan selai kacang sebagai pelengkap roti atau dengan memakan langsung dari kemasan. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kacang-kacangan memiliki manfaat yang berlimpah bagi tubuh.

Sebagai informasi, setiap dua sendok selai kacang yang dioleskan pada roti memiliki kandungan kalori sebanyak 191, 4 gram serat, 7 gram protein, 4 gram gula dan 5 gram natrium. Tak hanya itu, selai kacang juga mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin E, kalium, vitamin B, dan zat besi.

Dilansir dari WebMD, inilah manfaat-manfaat selai kacang bagi tubuh.


1. Pengendali Berat Badan

Kacang memang memiliki banyak kandungan lemak, namun lemak yang terkandung pada kacang bukan merupakan lemak jahat yang terkandung pada olahan daging. Protein dan serat yang tinggi membuat kamu merasa kenyang dan berenergi. 

Hal tersebut tentu bisa membantu makan makan lebih sedikit kalori dan menurunkan berat badan.


2. Kaya akan Nutrisi

Bukan hanya protein tinggi, serat, dan lemak sehat yang baik untuk tubuhmu. Kacang juga memiliki banyak nutrisi lain seperti Vitamin E dan B6, asam folat, niasin, magnesium, seng, tembaga, dan kalium.


3. Antioksidan yang Berlimpah

Antioksidan termasuk mineral seperti selenium dan mangan, vitamin C dan E, serta flavonoid, fenol, polifenol, dan zat lainnya. Kandungan antioksidan tersebut mampu melindungi sel-sel dalam tubuhmu. 

Hal tersebut mejadi alasan mengapa orang yang makan lebih banyak kacang dan selai kacang memiliki jantung yang lebih sehat. Selai kacang bahkan dapat membantu melindungi terhadap kanker usus besar.


4. Menjaga Kadar Kolesterol

Kandungan kolesterol yang terlalu banyak pada tubuh dapat mengeraskan arteri yang menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Almond, kenari, dan kacang pohon lainnya juga dapat menurunka kadar kolesterol, termasuk selai kacang.


5. Mengontrol dan Mencegah Diabetes Tipe 2

Selai kacang juga membantu mengontrol kenaikan berat badan, serta kadar gula (glukosa) dan lemak yang tinggi dalam darah yang dapat menyebabkan penyakit. 

Selain itu, selai kacang juga dapat menjaga lapisan pembuluh darah (endotelium) melar dan sehat. Hal tersebut dapat mencegah masalah jantung yang terkait dengan diabetes.


6. Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung atau disebut penyakit kardiovaskular, terjadi ketika pembuluh darah mengeras. Hal ini dapat melemahkan jantung kamu, menyebabkan gagal jantung, stroke, serangan jantung, dan detak jantung tidak teratur.

Orang yang makan lebih banyak kacang, atau mentega, cenderung tidak memiliki risiko terkena penyakit jantung. Sekitar 28 gram, atau 2 sendok makan, dua kali seminggu, tampaknya sudah cukup untuk membantu kamu terhindar dari penyakit jantung.


7. Sumber Magnesium

Mineral yang terkandung pada selai kacang baik untuk saraf, otot, tulang, gula darah, dan tekanan darah. Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, dan kacang tanah memiliki banyak kandungan magnesium yang baik untuk kesehatan.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
5 Makanan yang Dapat Meningkatkan Gairah Seks
akanan yang Anda konsumsi berperan dalam meningkatkan kehidupan seks Anda.
5 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Saat Asam Lambung Naik
Penyakit ini bisa diatasi dengan mengubah gaya hidup dan pola makan.
Tidak Enak Badan? Coba Konsumsi Makanan Ini
Berikut adalah makanan yang bisa dicoba ketika sedang tidak enak badan yang telah dirangkum.
0
Kesengsaraan dalam Kehidupan Pekerja Migran di Arab Saudi
Puluhan ribu migran Ethiopia proses dideportasi dari Arab Saudi, mereka cerita tentang penahanan berbulan-bulan dalam kondisi menyedihkan