UNTUK INDONESIA
8 Kota Mati Berhantu di Dunia
Delapan kota mati yang berhantu di berbagai negara. Konon katanya tempat seperti itu cenderung dengan hal-hal mistis yang menakutkan.
Sisa bangunan berbukit di Craco, Italia.(foto:Istimewa)

Jakarta - Kota mati, begitulah sebutan bagi wilayah yang benar-benar tidak berpenghuni. Konon katanya tempat seperti itu cenderung dengan hal-hal mistis yang menakutkan. Tidak hanya di Indonesia, di negara-negara lain pun kota mati itu banyak, bahkan lebih seram lagi.

Berikut Tagar rangkumkan 8 kota mati yang menyeramkan di beberapa negara.

1. Wittenoom, Western Australia

Wittenoom, AustraliaWittenoom, sebuah kota kecil di Australia.(foto:istimewa)

Sejak tahun 1970, kota yang berada di bagian Barat Australia ini sudah ditinggalkan penduduknya, lantaran kondisi lingkungannya dapat membahayakan masyarakat di situ karena adanya bencana besar akibat paparan pabrik asbes yang sangat beracun.

Sekitar 25% penghuni Wittenoom meninggal akibat racun tersebut. Mereka semua terkena penyakit dari kebocoran bahan kimia tersebut, seperti kanker paru-paru.

Saat ini kota itu sama sekali tidak memiliki fasilitas apapun termasuk lampu, maka masyarakat di situ sering menyebutnya kota paling menyeramkan dan kota berhantu.

2. Pripyat, Ukraina

Pripyat, UkrainaTaman bermain di kota hantu Pripyat Ukraina.(foto:istimewa)

Kurang lebih sebanyak 50 ribu penduduk di kota ini terpaksa harus meninggalkan Pripyat karena adanya nuklir di Chernobyl yang menyebabkan radiasi tinggi di beberapa negara di Eropa pada 26 April 1986.

Sisa bangunan yang rusak dan perabotan yang tersisa membuat tempat itu menyeramkan, bahkan banyak yang menjuluki Pripyat dengan sebutan kota hantu.

3. Centralia, Pennsylvania - AS

Centralia, Pennsylvania - ASRuas jalan di Centralia masih mengeluarkan asap api dari bawah tanah.(foto:istimewa)

Sebelum terjadi kebakaran besar pada tahun 1960 dulunya Kota Centralia adalah kota penambang yang makmur dan menjadikan kota itu tumbuh pesat. Namun saat ini Centralia adalah kota hantu dengan hanya beberapa warga yang tersisa, rumah kosong dan bangunan dibongkar, dan sebagian besar kota sedang direklamasi oleh alam. Kini kota tersebut hanya dihuni oleh empat keluarga saja.

Sejak terjadi kebakaran dahsyat di dua tambang batubara, penduduk Centralia diungsikan ke tempat lain. Sayangnya, hingga saat ini api sisa kebakaran itu masih berkobar di bawah tanah, sehingga warga dilarang untuk kembali memasuki wilayah itu.

4. Bodie, California - AS

Bodie, CaliforniaPenampakan bangkai mobil Chevy 1937 di Bodie, California.(foto:istimewa)

Salah satu kota yang paling indah di Amerika Serikat ini bernama Bodie. Kota ini pada tahun 1859 dikenal indah karena terletak di pegunungan Sierra Nevada, Mono County California dan tambang emasnya yang banyak.

Namun, pada tahun 1932 sebanyak 90 bangunan hancur akibat kebakaran yang sangat besar. Seiring berjalannya waktu kota itu pun ditinggal, hingga akhirnya sepi dan disebut sebagai kota mati yang berhantu.

5. Oradour-sur-Glane, Prancis

Oradour sur Glane, PrancisSisa bangunan perang dunia kedua di Oradour sur Glane, Prancis.(foto:istimewa)

Pada saat Perang Dunia kedua terjadi, desa di Haute-Vienne, Nouvelle-Aquitaine, Prancis ini hancur ketika terjadi pembantaian massal pada tanggal 10 Juni 1944. Sekitar 642 orang penduduk di kota kecil itu habis dibantai tentara Jerman.

Sejak saat itu Oradour-sur-Glane menjadi kota tak berpenghuni. Kekejaman dan kesedihan cerita kota tersebut membuat Perancis bahkan nggak berani membangun kota tersebut.

Penyebab kota ini tidak dibangun lagi karena adanya pemakaman massal. Dimana kalau datang ke tempat itu banyak yang merasakan seperti adanya gerakan-gerakan dan bayangan misterius yang bermunculan di sudut kota itu.

6. Craco, Italia

Craco, ItaliaSisa bangunan berbukit di Craco, Italia.(foto:Istimewa)

Terletak di daerah Basilicata dan Provinsi Matera, sekitar 25 mil dari teluk Taranto. Kawasan bersejarah ini terbentuk pada tahun 540 SM. Kota ini sangat khas, karena di pertengahan ada bukit yang berombak-ombak dan hamparan pertanian gandum serta tanaman pertanian lainnya.

Pada 1060 silam kepemilikan lahan Craco dipegang oleh uskup Arnaldo, pimpinan keuskupan Tricarico. Sebanyak 2000 orang penduduk itu mulai mendapat masalah sosial dan kemiskinan pada tahun 1891, dimana saat-saat susah itu membuat mereka semakin putus asa.

Sekitar 1892 dan 1922, kurang lebih 1300 orang pun pindah ke Amerika Utara. Akibat kondisi pertanian yang buruk, bencana alam, gempa bumi, tanah longsor, serta peperangan, membuat mereka harus bermigrasi secara massal. Kemudian, di antara tahun 1959 dan 1972, kota ini kembali diguncang gempa dan tanah longsor.

Selanjutnya, pada 1963 penduduk yang tersisa di kota itu dipindahkan ke suatu lembah dekat Craco Peschiera. Kota sebelumnya tempat mereka tinggal, kini menjadi tak berpenghuni karena masih dalam keadaan hancur dan menyisakan kebusukan sisa-sisa peninggalan penduduknya, sehingga disebut sebagai kota hantu.

7. Nagoro, Jepang

Nagoro, JepangAyano Tsukimi bersama boneka buatannya di Nagoro, Jepang.(foto:istimewa)

Kota hantu yang berpenghuni ratusan boneka yang dinamai dengan Nagoro Dolls. Boneka-boneka itu dibuat oleh seorang penduduk Desa bernama Ayano Tsukimi, di sebuah desa terpencil di Lembah Iya, Shikoku, Prefektur Tokushima, Jepang.

Tsukimi membuat boneka itu karena dia merasa kesepian, lantaran sebagian penduduk telah meninggalkan desa, urbanisasi ke kota besar. Beberapa penduduk juga telah meninggal dunia.

Awalnya dia membuat boneka berbentuk ayah dan anggota keluarganya yang lain, sehingga keluarga itu pun terlihat sangat lengkap, meski hanya berbentuk boneka.

Tak lama, sekitar 10 tahun kemudian dia kembali membuat boneka sebanyak 350 boneka, namun kali ini dia membuat yang menyerupai penduduk desa di tempatnya tinggal.

Saat ini masih terdapat beberapa orang saja yang masih bertahan di sana. Sehingga boneka-boneka ini pun menjadi penduduk pengganti.

Kota ini terlihat seram dan berhantu lantaran yang ada di kota itu hanyalah boneka dan beberapa penduduk lainnya.

8. Houtouwan, Tiongkok

Houtouwan, TiongkokRumah berhantu dipenuhi rerumputan di Houtouwan, Tiongkok.(foto:istimewa)

Tempat berhantu nan indah, begitulah ketika kita melihat desa ini. Dimana seluruh rumah yang ada di tempat ini terlihat seram karena semuanya ditutupi rerumputan yang hijau. Tempat ini dulunya dihuni kurang lebih sebanyak 2000 warga.

Sebelum tahun 1990-an, desa ini merupakan tempat tinggal para nelayan. Namun, karena minimnya penghasilan lambat laun mereka meninggalkan desa ini dan akhirnya tidak berpenghuni. Hingga akhirnya tempat itu ditumbuhi tumbuhan liar yang menyeramkan. []

Berita terkait
8 Kota Mati Berhantu di Dunia
Delapan kota mati yang berhantu di berbagai negara. Konon katanya tempat seperti itu cenderung dengan hal-hal mistis yang menakutkan.
Viral Penampakan Hantu Pocong di Kedungwaru Kidul Demak
Banyak yang menganggap kalau hantu itu tidak ada dan ceritanya hanya untuk menakut-nakuti. Nyatanya hantu muncul di Google Maps.
0
Relawan Minta Jokowi Pilih Menteri yang Selama Ini Berkeringat
Tokoh relawan Jokowi meminta Presiden lebih memilih dan mempercayai pendukung setianya yang selama ini telah berkontribusi lebih dan berkeringat.