UNTUK INDONESIA
8 Hektare Ganja Ditanam Dekat Pohon Pisang di Aceh
Ribuan batang pohon ganja siap panen ditemukan dekat pohon pisang di Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.
Seorang jurnalis sedang melewati ladang Ganja di Kawasan Aceh Besar, Aceh. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Lhokseumawe – Personel Kepolisian Resor (Polres) Lhokseumawe, menyita delapan hektare ladang ganja siap panen yang ditemukan di Desa Lancok, Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, Aceh.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Lhokseumawe Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) Ari Lasta Irawan mengatakan, tanaman ganja itu langsung dimusnahkan dengan cara membakar dan sebagian di bawa pulang untuk dijadikan sampel.

“Ribuan tanaman ganja itu langsung dimusnahkan di lokasi, yaitu dengan cara membakarnya. Sebagian lainnya kami bawa pulang ke Mapolres Lhokseumawe, untuk dijadikan sebagai barang bukti,” ujar Ari Lasta, Selasa, 3 Februari 2020.

Ari Lasta menambahkan, penemuan ladang ganja tersebut berawal dari adanya laporan dari warga, sehingga sejumlah personel polisi langsung melakukan pengintaian di lokasi itu selama dua hari.

Sehingga ditemukanlah ladang ganja tersebut dengan lokasi yang terpisah dan letaknya berada di pedalaman, serta di sekitarnya ditanami pohon pisang agar tidak menarik perhatian dari warga.

Baca juga: 

“Sekitar ladang ganja itu banyak ditanami pohon-pohon lain, seperti pohon pisang dan sejumlah tanaman muda lainnya, yang bertujuan agar ladang ganja ini tidak menarik perhatian orang lain,” tutur Ari Lasta.

Ari menambahkan, jumlah tanaman ganja yang ditemukan mencapai ribuan batang, mulai dari bibit hingga tanaman yang sudah siap panen diperkirakan berusia 3 bulan sampai dengan 6 bulan dan di lokasi di temui mesin pompa, serta pipa yang digunakan untuk menyiram ganja yang masih kecil.

“Kami terus memburu tersangkanya, apalagi indentitasnya telah kami kantongi. jadi ada kemungkinan kalau tersangka telah mengetahui lebih dulu tentang adanya petugas polisi yang naik ke lokasi ladang ganja,” katanya. []

Berita terkait
Peserta CPNS Kemenag Aceh Jangan Mudah Percaya Calo
Peserta tes CPNS Kemenag Aceh di minta untuk tidak percaya kepada oknum yang mengaku bisa meluluskan mereka menjadi PNS.
Bocah Empat Tahun di Aceh Terinfeksi HIV
Seorang bocah yang tinggal di salah satu desa di Kota Langsa, Provinsi Aceh, dinyatakan positif terinfeksi HIV.
Sudah Dua Bulan Masker Kosong di Abdya Aceh
Sejak dua bulan terakhir penjualan masker mulai kosong di Kabupaten Aceh Barat Daya, Aceh. Masyarakat mulai mengeluh.
0
Jokowi Lantik Hakim Konstitusi Manahan MP Sitompul
Presiden Joko Widodo hari ini, Kamis, 30 April 2020 resmi melantik Manahan MP Sitompul sebagai Hakim Konstitusi 2020-2025.