UNTUK INDONESIA

8 Fakta Tirta Gangga Selain Peninggalan Raja Karangasem

Kabupaten Karangasem di Bali memiliki sejumlah obyek wisata, salah satunya adalah Tirta Gangga yang merupakan peninggalan Kerajaan Karangasem.
Suasana di salah satu kolam yang ada di Taman Air Tirta Gangga Karangasem. (Foto: Tagar/Pinterest)

Bali sebagai destinasi wisata utama di Indonesia memiliki beragam obyek wisata, mulai dari pantai, kerajinan, hingga wisata budaya. Salah satu wisata yang jarang terekspos adalah Tirta Gangga Karangasem.

Tirta Gangga Karangasem terletak di bagian timur Pulau Bali, tepatnya di Kabupaten Karangasem. Lokasinya cukup jauh dari kawasan wisata di sebelah selatan Bali, seperti Pantai Kuta, Nusa Dua, maupun bandara Ngurah Rai.

Tidak mengherankan jika mayoritas pengunjung Tirta Gangga Karangasem adalah wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, yang menginap di wilayah timur Pulau Dewata, seperti Tulamen, Amed, dan Candidasa.

Meski lokasinya cukup jauh dari destinasi wisata terkenal lain, Tirta Gangga memiliki sarana penunjang seperti hotel, restoran, ATM, dan pusat layanan informasi wisata.

Selain banyak wisatawan yang ingin bersantai sekaligus berfoto di tempat ini. Tak sedikit pengunjung yang tertarik mempelajari sejarah terbentuknya Tirta Gangga Ini.

Taman Air Tirta Gangga ini memiliki sejumlah kelebihan dan fakta menarik. Salah satunya adalah arsitekturnya yang khas Bali dengan perpaduan Tiongkok.

Tirta Gangga 2Sejumlah patung yang ada di tengah kolam di kawasan wisata Taman Air Tirta Gangga Karangasem. (Foto: Tagar/Pinterest)

Berikut Fakta tentang Tirta Gangga yang menarik untuk diketahui, dikutip dari berbagai sumber:

1. Peninggalan Kerajaan Karangasem

Tirta Gangga dulunya merupakan istana air yang dibangun oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasen Agung. Dibangun pada tahun 1946, Istana air ini menggabungkan arsitektur khas Bali dan Cina.

2. Memiliki Arti Air Suci dari Gangga

Penamaan Tirta Gangga berasal dari kata tirta yang berarti air dan Gangga yang merupakan nama sungai di India. Sungai Gangga merupakan salah satu sungai yang disucikan. Maka, secara harfiah Tirta Gangga berarti air suci dari Sungai Gangga. Tirta Gangga dibangun sebagai bentuk penghormatan masyarakat Hindu Bali.

3. Hancur Akibat Gunung Agung

Pada tahun 1963, letusan Gunung Agung menghancurkan hampir seluruh bangunan Tirta Gangga. Namun, pemerintah akhirnya membangun kembali kawasan ini dan menjadikannya kawasan wisata andalan di Bali Timur. Perbaikan fasilitas dan perawatan selalu dilakukan pemerintah agar warisan budaya bali tempo dulu ini tetap terjaga.

4. Kolam Renang Warisan

Hal yang menarik dari Tirta Gangga adalah tersedianya kolam renang yang bersumber dari mata air langsung. Kolam renang ini bernama kolam renang Sanen. Bentuknya sangat khas berbeda dengan kolam renang kebanyakan.

Di area kolam renang terdapat kolam ikan yang dapat dijadikan tempat bersantai atau berfoto di sekitar kolam.

Airnya sangat sejuk dan jernih sehingga sangat cocok menjadi tempat berenang sambil menikmati udara segar khas Karangasem Bali. Selain kolam renang untuk semua umur, tersedia juga Kolam renang dengan kedalaman 2 meter di lantai atas untuk perenang yang mahir berenang.

5. Patung Dewa di Air Mancur

Di Tirta Gangga banyak terdapat terdapat kolam ikan yang di dalamnya berdiri barisan – barisan tugu yang tertata rapi. Ada satu tugu besar yang menjadi Ikon Tirta Gangga sekaligus menjadi ikon wisata Bali bagian timur ini.

Selain itu terdapat pula kolam ikan dengan diameter kecil dan besar. Di situ berdiri megah jejeran patung dewa dewi yang menambah daya tari Tirta Gangga. Tidak jauh dari kolam terdapat air mancur 11 yang sangat cantik bernama Naga Sanga.

6. Sumber Air dari Mata Air Suci

Air yang berada di Tirta Gangga ini berasal dari sumber mata air Rejasa yang mengalir ke Kota Amlapura. Tidak heran, jika air di sini sangat jernih dan segar. Masyarakat menganggao sumber mata air ini suci dan sakral, sehingga sering digunakan sebagai sarana upacara.

Masyarakat juga menjadikan Tirta Gangga untuk memohon air suci ketika upacara berlangsung. Jika beruntung, pada waktu tertentu pengunjung dapat menyaksikan prosesi upacara keagamaan tersebut di pura – pura Tirta Gangga.

7. Dekat Gunung Lempuyangan

Bukan hanya keindahan istana air, pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang menakjubkan di sekitar Tirta Gangga. Hamparan sawah yang hijau serta berlatar belakang Gunung Lempuyangan menjadikan Tirta Gangga seperti paket wisata lengkap. Di dekatnya terdapat Pura Agung Lempuyangan yang cocok sekali dijadikan lokasi foto bersama keluarga.

8. Tiket Terjangkau

Tidak perlu khawatir dengan biaya masuk istana Air Tirta Gangga yang mahal. Pengunjung hanya perlu membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Jika ingin berenang pengunjung harus membeli tiket tambahan sebesar Rp 10.000 per orang. []

(Mia Setya Ningsih)

Berita terkait
Eksotisnya Gua Bukit Kapur Bekas Tempat Sembunyi di Madura
Madura menyimpan pesona wisata bak negeri Cappadocia di Turki versi Indonesia. Lokasi wisata tersebut bernama Bukit Kapur Jaddih di Bangkalan.
5 Potret Keindahan Kawah Putih Ciwidey Bandung
Meski sempat mengalami musibah kebakaran, kawah putih ciwidey bandung tetap menjadi tujuan bagi para wisatawan karena keindahan alamnya.
Kota-kota di Eropa Untuk yang Sedang Jatuh Cinta
Di Eropa ada beberapa kota yang dianggap jadi kota tujuan bagi orang-orang yang sedang di mabuk asmara alias jatuh cinta, ada apa di kota-kota itu
0
8 Fakta Tirta Gangga Selain Peninggalan Raja Karangasem
Kabupaten Karangasem di Bali memiliki sejumlah obyek wisata, salah satunya adalah Tirta Gangga yang merupakan peninggalan Kerajaan Karangasem.