UNTUK INDONESIA
8 Ekor Murai Rp 50 Juta Ditukar Sandal Jepit di Bantul
Pencurian 8 ekor burung murai terjadi di Bantul. Pelaku meninggalkan sandal jepit di lokasi kejadian. Polisi masih memburu pelaku.
Ilustrasi mencuri burung. (Facebook/Tagar/Ridwan Anshori)

Bantul - Kepolisian Sektor (Polsek) Sewon, Kabupaten Bantul sedang memburu pelaku pencurian delapan ekor burung murai. Burung murai tersebut milik Mitya Setya Pambudi, 35 tahun, warga Dusun Ngrompang RT 94, Desa Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Kapolsek Sewon, Ajun Komisaris Polisi Suyanto menjelaskan, kejadian itu terjadi pada 22 September 2020 kemarin. Awal mulanya, pemilik murai mengetahui hewan peliharaannya hilang saat bangun tidur. "Total ada delapan ekor burung murai yang dicuri," ujarnya, Rabu, 23 September 2020.

Adapun kerugian yang dialami korban mencapai Rp 50 juta. Kasus ini sedang diselidiki Polsek Sewon.

Pelaku meninggalkan sepasang sandal jepit berwarna hitam.

Menurut Suyanto, pelaku memanjat dinding setinggi dua meter dalam menjalankan aksinya. Pelaku meninggalkan barang bukti di tempat kejadian perkara. "Pelaku meninggalkan sepasang sandal jepit berwarna hitam," terangnya.

Seusai melakukan olah TKP, jajarannya telah memeriksa sejumlah saksi dalam kasus ini. "Kami sedang melakukan penyelidikan, memburu pelaku pencurian," katanya.

Baca Juga:

Sementara itu, pencurian burung murai juga sebelumnya terjadi di lokasi yang berbeda, tepatnya di Dukuh Kutu Patran, Desa Sinduadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kejadiannya menimpa Beti Winarti, 28 tahun pada Rabu, 9 September 2020. Dalam aksi pencurian dua ekor murai tersebut terekam CCTV.

Beti mengatakan, pelaku berjumlah dua orang terlihat mengambil dua ekor burung yang digantung di halaman rumah tanpa sangkarnya. "Pelaku hanya mengambil burung, sangkarnya mereka ditinggalkan dalam keadaan kosong," ucapnya.

Dia mengatakan, pelaku cukup berani, setelah mencuri tidak langsung pergi, masih mondar-mandir di sepanjang jalan. "Terlihat jelas dari rekaman CCTV," ujar Beti. []

Berita terkait
Burung Kesayangan Seorang Polisi di Medan Diambil Maling
Arif Kurniawan, warga Medan, yang juga polisi bertugas di Polda Sumut, kehilangan burung kesayangan. Pencurinya sudah ditangkap.
Migrasi Burung Berbagai Belahan Dunia di Kulon Progo
Kabupaten Kulon Progo punya beragam jenis burung yang membanggakan. Bahkan sering terjadi migrasi burung dari berbagai dunia ke Bumi Binangun.
Perempuan Ulet Bandung Penjual Burung di Bantaeng
Keuletan Nia Yayah, perempuan pedagang burung di Bantaeng, bisa menjadi inspirasi pelaku usaha kecil menghadapi sulitnya ekonomi di masa pandemi.
0
YLBHI: di Tangan Jokowi - Ma'ruf Hukum Diinjak dan Dipolitisasi
Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) menyoroti 1 tahun kepemimpinan Presiden Jokowi-Wapres Maruf Amin hukum dan HAM diinjak dipolitisasi