8 Cara Cerdas Strategi Pemasaran Online & Offline

Hal ini akan menjangkau pelanggan target baik online maupun offline merupakan bagian integral dari kesuksesan saat ini.
Ilustrasi menyatukan strategi (Foto:Tagar/Pixabay)

Jakarta - Baik melalui konten bermerek di media sosial atau iklan cetak untuk produk tertentu, konsumen paling sering pertama kali menemukan perusahaan melalui upaya pemasarannya. Hal ini akan menjangkau pelanggan target baik online maupun offline merupakan bagian integral dari kesuksesan saat ini.

Namun, jika strategi ini tidak selaras, pesan pada titik kontak yang berbeda dan tidak konsisten, yang pada akhirnya dapat membingungkan konsumen daripada menggoda mereka untuk mempelajari lebih lanjut tentang penawaran perusahaan atau melakukan pembelian.

Di bawah ini, terdapat delapan cara untuk menyatukan strategi pemasaran online dan offline secara mulus dan menjelaskan mengapa menghubungkan keduanya sangat penting untuk kesuksesan bisnis.


1. Buat Fokus Tunggal Untuk Keduanya

Sangat sulit untuk melacak ROI dengan upaya pemasaran offline. Selain itu, terlepas dari kesinambungan branding dasar, sangat sulit untuk menyatukan upaya online dan offline. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan membuat fokus tunggal untuk kedua sumber media, dan kemudian mempertahankan titik kontak terpadu untuk keduanya.

Berarti bahwa setiap kali investasi signifikan dilakukan dalam pemasaran offline seperti papan reklame, surat langsung atau bahkan TV dan radio, iklan digital Anda harus memasarkan produk atau layanan yang sama.

Selain itu, semua outlet offline harus mengarah ke satu halaman arahan, kata kunci, atau bahkan kode QR kuno yang bagus sehingga Anda dapat memverifikasi bahwa kontinuitas itu ada. Ini tidak akan memberikan informasi pelacakan yang relevan secara statistik, tetapi akan memastikan fokus.


2. Persempit Kata Kunci

Buat konten yang bermanfaat baik online maupun offline dengan tujuan pencarian. Pertama-tama, Anda harus membuat konten relevan yang tidak “berjualan” sehingga secara alami akan beresonansi dengan orang-orang yang membutuhkan informasi tersebut.

Sebagian besar audiens menggunakan ponsel mereka untuk mencari informasi tentang dunia di sekitar mereka, dan Anda harus mempersempit maksud pencarian untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan informasi dari situs web Anda. Kedua, Anda perlu mempersempit maksud pencarian yang tepat untuk membuatnya terlihat oleh audiens yang tepat.


3. Rancang Strategi Cross-Promosi

Pemasaran offline dan online dapat digunakan secara bersamaan untuk mempromosikan bisnis Anda. Anda dapat mempromosikan produk pemasaran offline melalui metode online. Misalnya, jika Anda merencanakan iklan TV besar untuk musim atau acara tertentu, Anda dapat menggunakan media sosial untuk meningkatkan jangkauan offline Anda.

Anda dapat memasang iklan hitung mundur, pratinjau, atau spanduk di situs web dan saluran sosial Anda untuk menghasilkan kegembiraan. Demikian pula, di saluran offline Anda, seperti iklan cetak dan jaminan, Anda dapat menggunakan materi iklan atau visual untuk mendorong audiens Anda mengunjungi halaman arahan tertentu untuk menangkap informasi kontak mereka untuk tindak lanjut berikutnya.

Untuk meningkatkan hasil Anda, tawarkan beberapa nilai, seperti unduhan e-book, buku putih, atau panduan. Pemasaran online dan offline dapat diintegrasikan untuk mendapatkan lebih banyak perhatian, sehingga meningkatkan hasil Anda.


4. Kumpulkan Alamat Email Offline

Untuk menghubungkan pemasaran offline Anda ke pemasaran online Anda, kumpulkan informasi alamat email di dalam toko. Gunakan kampanye pemasaran offline Anda untuk membangun kegembiraan seputar merek Anda, lalu dorong pelanggan untuk online dan mengambil tindakan.

Baik tindakan itu melakukan pembelian atau membaca konten Anda, Anda dapat menggunakan upaya langsung untuk mengarahkan orang ke konten online yang Anda ingin mereka lihat. Penting bagi pelanggan Anda untuk mendukung merek online Anda sama seperti merek fisik yang mereka alami di dalam toko.

Memberi Anda peluang terbaik untuk mendigitalkan prospek "kehidupan nyata" Anda sehingga Anda dapat mengelolanya menggunakan alat online Anda, seperti platform manajemen hubungan pelanggan.


5. Kirim Konsumen Offline Ke Saluran Online

Salah satu cara sederhana untuk memastikan bahwa pemasaran offline Anda disinkronkan dengan upaya online Anda adalah dengan menambahkan informasi yang mengarahkan orang ke saluran online Anda.

Pastikan Anda menambahkan kode QR ke materi cetak Anda sehingga pengguna dapat memindainya dengan kamera mereka dan mengunjungi halaman arahan Anda. Anda juga dapat menambahkan tautan ke profil media sosial Anda dan mendorong orang untuk mengikuti Anda di media sosial. Mengambil langkah-langkah seperti ini


6. Hubungkan Kedua Kampanye Dengan URL Pelacakan Kustom

Menghubungkan promosi offline Anda ke pemasaran online Anda sangat bermanfaat. Beberapa audiens Anda akan melihat Anda online, dan beberapa akan melihat Anda offline, tetapi jarang semua orang akan melihat keduanya.

Membuat kampanye pemasaran kohesif yang memungkinkan audiens Anda mengalir di antara dua dunia sangat penting. Cara mudah untuk menghubungkan kedua kampanye ini adalah melalui URL pelacakan khusus.

Gunakan URL khusus dalam semua upaya pemasaran offline Anda. Saat pelanggan mengunjungi halaman ini, Anda akan tahu bahwa mereka berasal dari pemasaran offline. Untuk menggali lebih dalam, Anda harus menetapkan URL yang berbeda untuk jenis iklan yang berbeda. Misalnya, gunakan URL yang berbeda untuk iklan cetak, luar ruang, dan TV.

Dengan cara ini, Anda akan dapat melacak dan menganalisis strategi pemasaran mana yang mengarahkan sebagian besar pengguna ke situs web Anda dan mana yang mengonversi sebagian besar pelanggan.


7. Gunakan Desain yang Konsisten di Kedua Platform

Anda dapat menggabungkan kampanye pemasaran online dan offline dengan beberapa cara. Saya menemukan bahwa menggunakan desain yang konsisten di kedua platform adalah cara terbaik untuk melihat hasil yang lebih baik. Kedua jenis pemasaran bergantung pada pengenalan merek.

Sertakan nama merek Anda di lokasi yang sangat terlihat, seperti iklan kertas atau papan reklame. Juga, gunakan warna dan font yang sama dalam pemasaran offline Anda jika memungkinkan.

Jika orang melihat salah satu promosi Anda di majalah, mereka cenderung mengingat perusahaan Anda ketika mereka melihat Anda lagi di media sosial. Rahasianya adalah menyelaraskan tampilan dan nuansa promosi Anda.


8. Manfaatkan Insentif Untuk Menarik Pemirsa Tertentu

Anda dapat menggunakan pemasaran online Anda, seperti situs web dan kampanye email Anda, untuk mendorong upaya pemasaran offline Anda di dalam toko. Lebih sedikit orang yang memiliki akses ke toko fisik Anda, sedangkan semua orang di seluruh dunia dapat mengakses situs Anda.

Anda dapat menggunakan ini untuk keuntungan Anda dengan membuat diskon khusus di dalam toko dan penawaran yang menarik penduduk setempat untuk masuk ke toko Anda. Hal ini penting untuk memastikan toko fisik Anda tetap buka dan sesehat toko e-commerce Anda agar brand Anda terus unggul dan meningkatkan pendapatan.

Itu dia 8 cara cerdas menyatukan strategi pemasaran offline dan online yang baik. Dengan keseimbangan pemasaran ini dapat menarik pembeli dari berbagai usia karena dilakukan pemasaran yang merata.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
3 Cara Beli Kripto di Tahun 2022 Biar Makin Cuan
Saat ini pamor mata uang kripto semakin populer mulai dari kalangan menengah ke bawah hingga menengah atas sangat tertarik untuk memiliki asetnya.
Ragam Cara Menghindari Kerugian Investasi Forex
Investasi forex kini kian digemari banyak orang karena menawarkan keuntungan yang menggiurkan..
Cek Guys, Ini 5 Cara Menjaga Keuangan Anda Tetap Aman
Kita semua tahu untuk menyimpan kata sandi kita sendiri. Pertimbangkan praktik terbaik tambahan berikut untuk membuat kata sandi paling aman.