8 Cara Cepat Ubah Jenuh dan Bosan Kerja di Rumah

Siasati jenuh dan bosan saat muncul di tengah rutinitas WFH atau bekerja di rumah dengan 8 kegiatan ini.
Ilustrasi work from home (WFH) atau kuliah online. (Foto: Pixels)

Jakarta - Pandemi hanyalah satu dari sekian banyak cobaan hidup. Jangan berputus asa dan teruslah jalani hari dengan semangat. Siasati jenuh dan bosan saat muncul di tengah rutinitas work from home (WFH) atau bekerja di rumah.

Bikin daftar tugas kantor yang akan dilakukan dalam jangka waktu dekat hingga selama seminggu. Atur irama mengerjakannya karena di rumah waktu seutuhnya milik Anda. Menjauh dari ruang kerja dan melakukan sesuatu yang disukai dapat mengembalikan kembali mood agar jenuh tak lagi muncul.

Lebih lengkapnya berikut 8 cara cepat ubah jenuh dan bosan saat kerja di rumah:

1. Telepon teman

Selama WFH, interaksi di luar persoalan kerja menjadi sangat minim antar-rekan sekantor. Coba ambil ponsel pintar dan telepon mulai dari rekan terbaik Anda sekedar 'say hai' atau mengobrol tentang suatu topik untuk merenggangkan otot di tengah hari kerja.

"Seringkali kita terlalu sibuk untuk meluangkan waktu hingga datang malam hari. Komunikasi singkat sebenarnya membuat Anda kembali fresh," kata ahli manajemen waktu Clare Evans, dikutip dari The Guardian.

2. Nonton TV

Setengah jam menonton televisi menjadi durasi yang ideal untuk melepas jenuh dan bosan saat kerja di rumah. Namun, jangan sampai tergoda untuk menontonnya hingga lebih dari setengah jam.

Kuncinya, mengatur waktu dan kendalikan keinginan Anda. Bila Anda menonton serial TV, berarti sisakan durasi cerita dicicil nonton pada hari berikutnya. Ingat, jika nontonserial TV, bulatkan tekad hanya satu episode setiap hari kerja.

Ilustrasi nonton TVIlustrasi nonton TV. (Foto: Britishcouncil)

Baca juga:

3. Melihat tanaman

Coba langkahkan kaki Anda menjauh dari komputer atau laptop. Luangkan waktu sejenak keluar rumah atau ke pekarangan untuk melihat tumbuhan atau pohon hijau.

"Melihat pohon menjadi kebiasaan yang berkontribusi pada umur panjang. Berada di luar ruangan pada siang hari, penting untuk menjaga ritme tetap akurat. Ini kesempatan untuk menikmati momen. Bahkan [melihat] satu pohon yang kesepian, memberi kita sedikit ruang hijau," kata praktisi kesehatan sekaligus penulis buku The Age-Well Plan, Susan Saunders.

4. Olahraga

Jika selama ini Anda malas menggerakan badan, pandemi mungkin menjadi waktu yang tepat untuk berolahraga. Banyak aktivitas yang dapat menimbulkan keringat sehat di tengah rutinitas kerja di rumah.

Istirahat makan siang bisa menjadi kesempatan untuk mencobanya, hingga suatu saat Anda dapat melakukannya dengan konsisten setiap hari. Instruktur senam di Birmingham, Inggris, Rachel Conlisk, menyarankan untuk bermain hula-hoop sambil mendengarkan musik saat berolahraga di siang hari.

"Ini latihan yang menggembirakan dan saya selalu bersemangat untuk menghilangkan stres. Saya yakin ini satu-satunya hal yang membuat saya tetap waras," katanya.

IlustrasiIlustrasi olahraga di rumah. (Foto: womenshealthmag.com/FILADENDRON/GETTY IMAGES)

5. Membersihkan rumah

CEO salah satu merek pakaian olahraga Natalie Ward mengatakan memperbaharui penempatan interior rumah, hingga membersihkannya dari debu bisa menjadi alternatif menghilangkan jenuh dan bosan saat kerja di rumah.

Natalie mengaku, kegiatan itu terinspirasi dari reality show produksi Netflix berjudul Get Organized With The Home Edit yang berisi pekerja yang mulai mengatur rumahnya saat istirahat makan siang. "Saya mulai dari dapur dan membersihkan di sekitar rumah, seperti laci dan lemari pakaian. Itu sangat terapeutik," katanya.

6. Berhubungan seks

Penelitian yang dilakukan terhadap 152 pasangan pada tahun 2004 menghasilkan catatan bahwa rata-rata pemanasan (foreplay) memiliki durasi 12 menit, dan waktu hubungan seksual selama tujuh menit

Melepaskan hormon oksitosin saat berhubungan seks dapat menurunkan peradangan. Ini akan memberi perspektif baru tentang sore hari, kepada Anda yang telah mengembalikan mood menjadi seperti semula setelah berhubungan seksual dengan istri.

Ilustrasi Berhubungan IntimIlustrasi berhubungan seksual. (Foto: Shutterstock)

7. Bermain alat musik

Habiskan waktu istirahat makan siang Anda ketika WFH dengan melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan, seperti belajar bahasa asing, menulis buku, bermain alat musik, atau bisa dengan meneliti silsilah keturunan Anda. Jika ini diterapkan 30 menit sehari, dalam sepekan Anda bisa mendapatkan keterampilan baru, serta meningkatkan kekuatan otak dan ingatan.

8. Bobo siang

Orang yang bobo atau tidur siang akan memperoleh manfaat hidup lebih lama dan lebih sehat. Begitu hasil penelitian terbaru di China yang menemukan korelasi antara tidur siang dan risiko kecil terkena penyakit, fungsi kognitif dan fisik yang tinggi.

Tips untuk tidur siang yang "sempurna" untuk menghilangkan jenuh dan bosan di tengah rutinitas kerja di rumah misalnya, dengan tidak meminum secangkir kopi, dan pastikan untuk menyalakan alarm sebelum Anda tidur dengan batas waktu 30 menit ke depan.

Berita terkait
Cara Keramas Pakai Air Teh Hijau, Merangsang Rambut Tumbuh
Manfaat air teh hijau bila dipakai keramas salah satunya untuk merangsang rambut tumbuh dan menjadi lebat. Bagaimana caranya?
Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Pacaran dengan Pecinta Gunung
Takut tidak cocok dalam menjalin asmara. Seperti apa sih kebiasaan pecinta gunung sebelum diajak pacaran?
Cuaca Ekstrem, 4 Cara Ampuh Terhindar dari Penyakit
Ada cara ampuh menghindari penyakit ketika kerap datang cuaca ekstrem yang tak menentu.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan