8 Cara Alami Meredakan Nyeri Bunion

Sepatu hak tinggi bukan satu-satunya faktor penyebab terbentuknya bunion. Faktor genetika dan keturunan juga ikut ambil bagian.
Ilustrasi nyeri bunion. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Tidak seperti perkiraan banyak orang, sepatu hak tinggi bukan satu-satunya faktor penyebab terbentuknya bunion. Faktor genetika dan keturunan juga ikut ambil bagian. Memakai sepatu berhak tinggi jelas bisa memperburuk masalah, tapi ada solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengurangi rasa sakitnya secara alami. Operasi sebaiknya menjadi jalan keluar terakhir setelah kamu mencoba semua cara lain.

Dilansir dari Brightside, berikut cara mengatasi bunion dan semua ketaknyamanan yang ditimbulkannya pada kakimu.


1. Gunakan bola tenis atau lacrosse

Latihan sangat sederhana yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan sebuah bola tenis atau lacrosse di lantai dan memutarnya maju mundur dengan telapak kakimu. Kamu bisa mengulangi gerakan ini selama 3 sampai 5 menit pada masing-masing telapak kaki. Meskipun salah satu kakimu tidak menderita bunion, kamu masih bisa melakukan latihan ini. Ini akan sangat menenangkan kakimu dengan meredakan keram yang berlebih.


2. Mengangkat handuk hanya dengan jari-jari kakimu

Latihan sederhana lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan meletakkan handuk di lantai, mengambilnya dengan jari-jari kakimu, dan menarik ke arahmu dengan cuma menggunakan jari-jari kaki. Kamu bisa ulangi latihan ini sebanyak 5 kali dan ini bisa dilakukan sambil berdiri maupun duduk. Gerakan jari kaki ini akan memperkuat telapak kaki dan menjaga kelenturan jari-jari kakimu.


3. Coba angkat tumitmu

Mulailah pada posisi berdiri dengan kedua lutut agak tertekuk. Lalu lanjutkan dengan mengangkat kedua tumit pelan-pelan, sampai seluruh berat badanmu bertumpu pada jari-jari kaki. Nah, ini mungkin terasa sangat sakit dan tidak nyaman jika kamu menderita bunion parah, tapi kamu tetap harus mencobanya sedikit demi sedikit. Seiring waktu, otot-otot jari kakimu akan menguat dan mungkin bunionmu akan berhenti tumbuh lagi.


4. Berjalan di pasir pantai sesering mungkin

Latihan ini mungkin tidak bisa dilakukan semua orang, tergantung pada tempat tinggal mereka, tapi pasir memberikan pijatan yang sangat bagus bagi telapak kakimu. Pasir bukan hanya menenangkan jari dan telapak kakimu, tapi juga membantu menguatkannya. Ini terbukti sangat bermanfaat bagi mereka yang menderita artritis akibat bunionnya.


5. Rendam telapak kakimu dalam air hangat dan air es

Setelah hari yang panjang dan penuh tekanan berakhir, telapak kakimu akan berterima kasih jika kamu merendamnya dalam ember berisi air hangat dan garam Epsom. Cukup isi ember sampai mata kaki dan rendam kakimu selama 10-15 menit. Alternatif lainnya adalah kamu bisa memilih merendam kakimu di dalam air es selama setidaknya 10 menit sebelum tidur. Dengan begini, bengkak dan radangnya akan berkurang.


6. Kenakan penyangga di malam hari

Banyak orang mendapati bahwa memakai penyangga di malam hari bisa mengurangi rasa sakit pada bunion. Penyangga ini mencegah ibu jari kaki bersentuhan dengan jari telunjuk, sekaligus mengurangi tekanan di antara semua jari kaki. Kamu bisa memakainya di malam hari ketika tidur. Cara ini mungkin tidak bisa mengatasi masalah bunionmu selamanya, tapi bisa mengurangi rasa sakit dan ketaknyamanannya.


7. Pijat telapak kakimu dengan minyak zaitun

Memijat telapak kakimu satu atau dua kali sehari adalah ide yang bisa kamu pakai agar jari-jari kakimu tetap lentur. Menambahkan sedikit minyak zaitun hangat saat memijat akan membuat persendian jauh lebih mudah digerakkan. Coba pijat jari-jari kakimu selama 15 menit dan kamu akan merasakan perbedaan besar dalam sirkulasi darahmu. Pemakaian minyak zaitun akan sangat memudahkan pemijatan ketika kamu memutar jari-jari kaki.


8. Balurkan kunyit pada bunionmu semalaman

Kapsaisin adalah bahan kunci dalam banyak krim yang bisa mengurangi rasa nyeri dan radang. Zat ini juga terkandung dalam kunyit. Oleh karena itu, kamu bisa coba membalurkannya pada bunionmu. Cukup buat pasta kunyit dan air, lalu oleskan di area yang diperlukan. Penting untuk membiarkan kunyit semalaman, agar efeknya dapat bekerja.

(Sri Wahyuni Sitorus)

Berita terkait
10 Manfaat Rutin Berjalan Kaki Bagi Tubuh
Jalan kaki itu gratis, mudah, dan cuma butuh sedikit usaha.
12 Cara Efektif untuk Perawatan Kaki Diabetik
Risiko amputasi kaki dapat dicegah hingga 80 persen dengan tip perawatan diri dan pemantauan diri tertentu.
Cara Mudah Menghaluskan Kulit Kaki
Tak hanya merawat kulit wajah tapi merawat kulit kaki juga penting dilakukan. berikut cara mudah merawat kulit kaki.
0
8 Cara Alami Meredakan Nyeri Bunion
Sepatu hak tinggi bukan satu-satunya faktor penyebab terbentuknya bunion. Faktor genetika dan keturunan juga ikut ambil bagian.