8 Asupan Makanan Terbaik Pengganti Telur

Sebagian orang menghindari telur karena berbagai alasan. Tapi, masih banyak makanan lain yang memiliki nilai gizi yang sama dengan telur.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarta - Telur adalah makanan populer yang digunakan dalam memasak dan memanggang. Telur menjadi sumber protein dan nutrisi yang sangat baik seperti selenium, vitamin D, B6, B12 dan mineral seperti seng, besi dan tembaga.

Tapi, sebagian orang menghindari telur karena berbagai alasan. Beberapa orang cenderung memiliki alergi telur, dan karenanya mereka menjauhi telur. Selain itu, para vegan dan mayoritas vegetarian juga menghindari konsumsi telur.

Apabila Anda pantang makan telur, masih banyak makanan lain yang memiliki nilai gizi yang sama dengan telur. Dilansir dari Boldsky, inilah daftar makanan terbaik pengganti telur.


1. Pisang tumbuk

Pisang tumbuk atau pure adalah pengganti telur yang populer. Substitusi ini paling cocok untuk kue, muffin, brownies, dan roti cepat saji. Pisang juga kaya kalium, serat dan gula alami, serta vitamin dan mineral lain yang membantu menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Satu kelemahan menggunakan pisang sebagai pengganti telur adalah produk jadinya mungkin memiliki rasa pisang yang ringan.

Anda bisa menghaluskan pisang dan mengganti setiap telur dengan seperempat cangkir (65 gram) pure.


2. Saus Apel

Terbuat dari apel matang, bubur ini adalah alternatif telur yang sehat. Menggunakan saus apel tanpa pemanis akan cocok; jika Anda menggunakan varietas yang dimaniskan, kurangi jumlah gula atau pemanis dalam resepnya. Saus apel mengandung antioksidan yang disebut fitokimia, yang telah terbukti membantu mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

Gunakan seperempat cangkir (sekitar 65 gram) saus apel untuk menggantikan satu telur.


3. Tahu

Tahu juga dikenal sebagai bean curd, adalah makanan super bergizi yang terbuat dari susu kedelai. Ini adalah produk sampingan dari kedelai. Tekstur tahu bisa berbeda-beda tergantung kadar air di dalamnya. Tahu sutera merupakan jenis tahu yang memiliki kandungan air yang baik sehingga konsistensinya lebih lembut. Ini relatif tidak berasa tetapi bisa membuat makanan yang dipanggang menjadi padat dan berat.

Untuk mengganti satu butir telur, Anda bisa mengganti seperempat cangkir atau sekitar 60 gram tahu sutra.


4. Cuka dan soda kue

Cuka sari apel atau cuka suling putih adalah pilihan paling populer yang digunakan sebagai pengganti telur. Reaksi kimia yang dihasilkan ketika cuka dan soda kue dicampur menghasilkan karbon dioksida dan air, yang membuat makanan yang dipanggang menjadi ringan dan lapang. Mencampurkan satu sendok soda kue dengan satu sendok cuka dapat menggantikan satu telur di sebagian besar resep.


5. Gelatin Dan Agar-agar

Gelatin adalah agen pembentuk gel yang bisa menjadi pengganti telur yang bagus. Agar-agar merupakan alternatif vegan yang didapat dari sejenis rumput laut atau algae dan juga dikenal sebagai pengganti telur yang baik. Untuk mengganti satu telur, larutkan satu sendok makan (sekitar 9 gram) gelatin tanpa rasa dalam satu sendok makan (15 gram) air dingin. Kemudian, campurkan dua sendok makan (30 gram) air mendidih hingga berbusa. Atau Anda dapat menggunakan satu sendok makan (9 gram) bubuk agar-agar yang dicampur dengan satu sendok makan (15 gram) air.


6. Selai Kacang

Selai kacang seperti kacang tanah, kacang mete, atau selai almond dapat digunakan sebagai pengganti telur di sebagian besar resep. Menggunakan selai kacang sebagai pengganti telur dapat memengaruhi rasa produk jadi Anda. Mentega krim akan menjadi pilihan yang lebih baik daripada mentega tebal. Selai kacang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang menyehatkan jantung yang membantu meningkatkan kolesterol HDL, jenis yang baik - sekaligus menjaga kolesterol LDL (jenis yang buruk) tetap terkendali. Anda juga bisa mengganti satu telur dengan tiga sendok mentega kacang.


7. Yoghurt / Buttermilk

Baik yoghurt maupun buttermilk adalah pengganti yang baik untuk telur. Menggunakan yoghurt tanpa rasa (polos) dapat memberikan hasil terbaik tanpa mempengaruhi rasa makanan. Ahli gizi mengatakan bahwa yoghurt adalah penguat sistem kekebalan yang sempurna, dan konsumsi teratur dapat membantu mencegah infeksi dan penyakit saluran cerna.

Anda bisa menggunakan seperempat cangkir yoghurt atau buttermilk untuk setiap telur yang perlu diganti.


8. Bubuk Garut

Tanaman umbi ini kaya akan pati dan diekstrak dari akar tanaman, serta digunakan dalam bentuk bubuk, pati, atau tepung. Bubuk garut memiliki tekstur yang mirip dengan pati jagung dan merupakan pilihan yang lebih sehat. Campuran dua sendok tepung garut dan tiga sendok air bisa digunakan untuk menggantikan satu butir telur. []


Baca Juga: 

Manfaat Luar Biasa Buah Persik untuk Kesehatan

10 Manfaat Luar Biasa Daun Pepaya untuk Kesehatan

10 Bunga yang Bisa Jadi Makanan Sehat

9 Makanan yang Harus Dihindari Saat Program Diet Ketogenik










Berita terkait
Cara Membuat Udang Telur Asin yang Bikin Ketagihan
Sebagian dari Anda mungkin bosan dengan olahan udang yang itu-itu aja, Berikut cara membuat dan bahan-bahan dalam mengolah udang telur asin.
Resep Membuat Telur Dadar Gulung Balado
Telur Dadar Gulung Balado akan membuatmu ketagihan makan. Telur dadar varian ini akan menambah seleramu dalam mengonsumsi telur.
Resep Telur Dadar Saus Tiram
Telur adalah bahan makanan yang dapat dikreasikan ke dalam beraneka ragam makanan dan minuman, salah satunya telur dadar saus tiram.
0
Anak Idap Lumpuh Otak, Sang Ibu Perjuangkan Ganja Medis Legal di CFD
Seorang Ibu Viral setelah melakukan aksinya dalam berjuang melegalkan Ganja Medis di Indonesia demi anaknya yang mengidap lumpuh otak.