7000 Pelanggan PDAM di Maros Alami Krisis Air

Kemarau panjang membuat pasokan air di Maros terhenti. dampaknya 7.000 pelanggan PDAM terancam krisis air.
Warga Maros memanfaatkan sisa-sisa air di empang untuk keperluan sehari-hari.(Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Maros – Kemarau berkepanjangan membuat pasokan air di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Pattontongan, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan berhenti. Dampaknya, sekitar 7.000 pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bantimurung Maros terancam krisis air.

"Terakhir beroperasi itu Rabu pagi pukul 08.20 WITA. Setelah itu kita shutdown karena tidak ada air yang bisa dihisap oleh pompa, ada tiga mesin IPA yang tidak berfungsi. Akibatnya pasokan air bersih di tiga kecamatan akan terganggu," kata Direktur Utama PDAM Maros, Abdul Baddar, Kamis 19 September 2019.

Tiga kecamatan yang bakal terganggu pasokan airnya yakni Kecamatan Mandai, Marusu dan Tanralili. Di tiga kecamatan tersebut, sedikitnya 7000 pelanggan PDAM akan merasakan dampak kekurangan pasokan air alias krisis air.

IPA Pattontongan sendiri memiliki kapasitas 90 liter per detik dan melayani pelanggan 3 kecamatan. Baddar menambahkan kurangnya pasokan air IPA Pattontongan yang bersumber dari Bendungan Lekopancing diperparah dengan banyaknya kebocoran pada kanal. Hasil inspeksi tim PDAM Maros, setidaknya ada 5 titik kebocoran disepanjang kanal sehingga air tidak sampai di IPA.

"Ini air bendungan Lekopancing sudah sedikit, ditambah lagi banyak kebocoran. Ya akibatnya makin tidak ada air yang sampai ke instalasi. Mesin pompa juga tidak bisa menghisap kalau air tidak banyak karena hanya lumpur yang dihisap," tambah Baddar.

Kepala Bagian (Kabag) Teknik PDAM Tirta Bantimurung, Abd Rajab, menambahkan kebocoran pada kanal bukan hanya karena faktor alam, tapi juga ulah warga sekitar. Air diambil oleh warga untuk kebutuhan areal persawahan mereka.

PDAM akan melakukan pendekatan kepada masyarakat agar tidak melakukan hal yang merugikan kepentingan umum.

"Untuk menutup kebocoran juga bukan ranah PDAM karena itu menjadi wewenang dari Balai Besar Air Pompengan. Kita hanya melaporkan untuk dilakukan perbaikan," pungkas Rajab. []

Baca juga:

Berita terkait
Polres Maros Berbagi Sembako Gratis di Pedalaman
Polres Kabupaten Maros Sulawesi Selatan membagikan sembako gratis kepada warga di pedalaman Maros.
Warga Maros Mulai Pasang Bendera Setengah Tiang
Pemerintah Kabupaten Maros menginstruksikan untuk melakukan pengibaran bendera setegah tiang disemua kantor dinas hingga tingkat Desa
1.151 Pengendara Terjaring Operasi Patuh Jaya di Maros
Hingga hari ke empat belas pelaksanaan Operasi Patuh Jaya 2019. Setidaknya sudah ada sekitar 1.151 pengendara yang ditindak Satlantas Polres Maros
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.