7.200 Pekerja Migran Indonesia Ilegal Dideportasi Malaysia

Pemerintah sedang bersiap untuk menerima ribuan pekerja migran Indonesia yang tidak mempunyai dokumen akan dideportasi dari Malaysia
Buruh migran Indonesia tiba dari Malaysia di pelabuhan Bandar Sri Junjungan di Dumai, Riau, 2 April 2020, setelah Indonesia menyatakan keadaan darurat pada 31 Maret 2020 akibat lonjakan virus corona (Foto: voaindonesia.com - AFP/Iwan CKN)

Jakarta – Seorang pejabat di Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), 11 Juni 2021, mengatakan pemerintah sedang bersiap untuk menerima ribuan migran yang dideportasi dari Malaysia. Hal tersebut terjadi di tengah tindakan tegas pemerintah Malaysia terhadap pekerja tidak berdokumen dan karena negara itu mengalami pandemi virus corona (Covid-19) paling parah sejauh ini.

“Malaysia akan memulangkan sekitar 7.200 orang, termasuk perempuan dan anak-anak yang ditahan di pusat-pusat penahanan, untuk dipulangkan terlebih dahulu,” kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda, Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri.

buruh migran cirebonAnggota DPR RI Selly Andriany Gantina (tengah) menyerahkan bantuan korban mantan buruh migran di Kabupaten Cirebon, Jabar, 31 Agustus 2020 (Foto: Tagar/Charles).

Kantor Berita Reuters melaporkan jutaan pekerja tidak berdokumen dari Indonesia, Myanmar, Nepal dan Bangladesh bekerja di Malaysia, seringkali di sektor perkebunan, konstruksi dan manufaktur.

Namun, Malaysia berkomitmen untuk menangkap dan mendeportasi ribuan migran tanpa dokumen di tengah pandemi. Kasus dan kematian akibat virus corona mencapai rekor tertinggi bulan lalu di Malaysia, yang memiliki kasus per kapita terbanyak di Asia Tenggara. Rencana itu muncul di tengah kebijakan karantina nasional, yang berlaku hingga 14 Juni 2021.

Laporan situs independen, worldometer, menunjukkan sampai tanggal 12 Juni 2021 jumlah kasus Covid-19 di Malaysia mencapai 652.204 dengan 3.844 kematian. Kasus harian terbanyak dilaporkan tanggal 29 Mei 2021 yaitu 9.020 (ah)/Reuters/voaindonesia.com. []

Berita terkait
150 TKI Dideportasi Malaysia Mendarat di Medan
Sebanyak 150 orang TKI dari Malaysia mendarat di Sumatera Utara. Mereka berasal dari sejumlah provinsi di Sumatera.
0
7.200 Pekerja Migran Indonesia Ilegal Dideportasi Malaysia
Pemerintah sedang bersiap untuk menerima ribuan pekerja migran Indonesia yang tidak mempunyai dokumen akan dideportasi dari Malaysia