7 Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Kita pun haru tetap melakukan doa dan usaha, seperti dengan memanjatkan doa di waktu-waktu yang niscaya mustajab.
Ilustrasi Berdoa (Foto:Tagar/Pexels)

Jakarta - Doa merupakan suatu permohonan atau permintaan yang bersifat baik kepada Allah SWT. Bahkan hampir setiap umat yang berdoa menginginkan agar doa yang dipanjatkan agar cepat terkabul.

Pasti ada keinginan sudah disebutkan dalam doa dengan berulang-ulang namun Allah SWT belum mengabulkan. Kita sebagai umat pun tak boleh berputus asa apalagi berburuk sangka. Allah selalu menyiapkan rencana terbaik kepada umatnya.

Kita pun haru tetap melakukan doa dan usaha, seperti dengan memanjatkan doa di waktu-waktu yang niscaya mustajab. Yuk simak kapan saja waktu mustajab itu.


1. Sepertiga Malam

Sepertiga malah merupakan waktu yang paling mustajab untuk doa dikabulkan. Allah berfirman “ Siapa saja yang berdoa kepadaKu, niscaya akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepadaKu, niscaya Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepadaKu, niscaya akan Aku ampuni.”(HR. Al Bukhari dan Muslim).


2. Saat Azan Berkumandang

Rasulullah SAW bersabda, “Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya, yaitu ketika azan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika dua kubu saling menyerang.” (HR.Abu Daud)


3. Pada Waktu Diantara Azan dan Iqomah

Sebagaimana hadits yang disabdakan Rasulullah SAW, “Doa diantara azan dan iqomah tidak tertolak.” (HR. Tirmidzi).


4. Pada saat sedang sujud dalam sholat

Rasulullah SAW bersabda, “Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika sedang sujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (HR.Muslim).


5. Pada Saat Berpuasa

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Ada tiga golongan yang doa mereka tidak ditolak. (1) orang yang berpuasa hingga berbuka, (2) Imam yang adil dan (3) doa yang didzalimi.” (HR.Tirmidzi)


6. Pada Saat Berbuka Puasa

Selain saat berpuasa, berdoa waktu berbuka puasa adalah waktu yang tepat. Karena menjadi waktu yang mustajab untuk dikabulkan.


7. Di Hari Jumat

Hari jumat merupakan hari istimewa bagi umat islam. Maka sesungguhnya hari Jumat adalah waktu di mana doa baik seseorang akan dikabulkan oleh Allah SWT. Waktu tersebut tepatnya pada waktu setelah ashar.

Sesungguhnya semua waktu bersifat baik hanya ada dimana waktu lebih mustajab dikabukan seperti 7 waktu diatas. Dan Setelah berdoa dan berusaha kita tak lupa berserah diri kepada Allah SWT, karena semua yang terjadi maupun yang akan terjadi, itu semua atas kehendak-Nya.[]


(Fiona Renatami)

Baca Juga:

Berita terkait
Bacaan Doa Setelah Adzan Berkumandang
Keutamaan membaca doa ini bisa mengabulkan keinginan, menghapuskan dosa dan mendapatkan syafaat.
Tata Cara, Niat dan Doa Sholat Hajat
Urutan kedua dalam tata cara sholat hajat ialah membaca do’a iftitah setelah takbiratul ikhram. Berikut bunyi dari do’a iftitah.
2 Doa Umat Protestan Sebelum Makan
Sudah menjadi tradisi dan kewajiban untuk mengucapkan doa Kristen sebelum makan.
0
7 Waktu Mustajab Untuk Berdoa
Kita pun haru tetap melakukan doa dan usaha, seperti dengan memanjatkan doa di waktu-waktu yang niscaya mustajab.