7 Tempat Wisata Alam Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi!

Yogyakarta menjadi semakin istimewa karena terdapat beragam wisata meliputi wisata alam maupun sebagai salah satu daerah yang masih indah.
Mata Langit By Plataran. (Foto: Tagar/Travel)

Jakarta - Daerah Istimewa Yogyakarta terkenal dengan istilah Kota Pelajar, yang mana sebutan itu didapatkan karena banyaknya orang dari seluruh Indonesia hingga mancanegara menjadikan Yogyakarta sebagai tempat menimba ilmu.

Yogyakarta menjadi semakin istimewa karena terdapat beragam wisata meliputi wisata alam maupun sebagai salah satu daerah yang masih menganut sistem kerajaan. Berbicara soal wisata alam di Yogyakarta, seperti tidak pernah ada habisnya, sehingga menjadikan kota ini banyak dikunjungi oleh turis lokal dan asing.

Tidak heran mengapa pengunjung tempat wisata di Yogyakarta meningkat setiap tahun. Apalagi, Anda bisa dengan mudah pergi ke Yogyakarta. Salah satunya dengan travel Joglosemar yang bisa dipesan di sini.

Lalu, apa saja beragam tempat wisata di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi? Berikut ini ulasannya, seperti dirangkum dari blog Traveloka dan sumber lainnya.


1. Mata Langit By Plataran

Mata Langit By PlataranMata Langit By Plataran. (Foto: Tagar/Travel)


Destinasi wisata yang pertama yaitu Mata Langit By Plataran. Tempat wisata ini menyuguhkan pemandangan alam Yogyakarta dari atas perbukitan. 

Dari tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang menjulang tinggi. Perlu diketahui juga bahwa Mata Langit ini lokasinya masih cukup dekat dengan Borobudur.

Tempat wisata ini berada di daerah Ngargogondo kecamatan Borobudur. Anda yang ingin berwisata kuliner ke Mata Langit juga dapat menikmati suguhan berbagai menu makanan lokal yang lezat.


2. Pantai Butuh Gunung Kidul

Pantai Butuh Gunung KidulPantai Butuh Gunung Kidul. (Foto: Tagar/Eksotis Jogya)


Berwisata daerah Gunung Kidul maka jangan sampai lupa mengunjungi Pantai Butuh. Pantai ini memiliki pesona yaitu pasir putih sangat cocok untuk Anda yang ingin melepas penat dari kesibukan perkotaan. Pantai berada di daerah Krambilsawit, Saptosari, Gunung Kidul.

Berkunjung ke Pantai Butuh tidak hanya menawarkan pesona alamnya tapi juga sangat hemat biaya. Anda hanya membutuhkan biaya tiket masuk 10 ribu per orang dan sudah bisa mengeksplor pantai pasir putihnya.


3. Bukit Parang Endog

Bukit Parang EndogBukit Parang Endog. (Foto: Tagar/Travel)


Selanjutnya ada Bukit Parang Endog, berlokasi di daerah Parangtritis. Bukit ini biasanya dijadikan sebagai tempat melakukan paralayang. Anda yang bukan dari kalangan profesional juga bisa melakukan paralayang bersama dengan instruktur berpengalaman.

Selain kegiatan paralayang di sini juga bisa menikmati keindahan pantai Parangtritis dari atas bukit ini. Apabila Anda berencana menikmati sunset dari Bukit Parang Endog, sebaiknya datang sore hari agar bisa menyaksikan senja yang sempurna. Lokasinya di daerah Parang Reja, Purwosari.


4. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir ParangkusumoGumuk Pasir Parangkusumo. (Foto: Tagar/Travel)


Gumuk Pasir menjadi salah satu destinasi wisata favorit banyak orang. Di tempat ini Anda bisa melihat hamparan padang pasir luas seperti di Timur tengah. Untuk aktivitas yang bisa dilakukan di Gumuk Pasir ini adalah sandboarding, atau berselancar di atas pasir.

Selain itu Anda juga bisa mengitari padang pasir ini dengan kendaraan ATV atau menaiki kuda. Padang pasir ini juga banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin melakukan foto prewedding karena tempatnya yang cukup unik. Lokasinya berada di Pantai Parangkusumo, Parangtritis.


5. Goa Jomblang

Goa JomblangGoa Jomblang. (Foto: Tagar/iTrip)


Goa Jomblang berada di daerah Gunung Kidul. Sejarah dari bawah ini yaitu merupakan goa yang sudah terbentuk ribuan tahun lalu lewat proses geologi. Untuk masuk ke goa Anda harus menggunakan satu tali sebagai jalan lintasan. Meski cukup ekstrim dan menegangkan namun anda bisa memiliki pengalaman yang seru jika sudah sampai ke dalam goa.

Tidak heran mengapa goa Jomblang menjadi lokasi syuting program analog trip dari Korea Selatan. Untuk berkunjung ke Goa Jomblang ini anda diharuskan melakukan reservasi terlebih dahulu. Karena lokasi yang cukup ekstrim dan sulit dijangkau, maka pengunjung goa juga dibatasi.


6. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung KandangAir Terjun Kedung Kandang. (Foto: Tagar/Travel)


Anda yang suka menikmati wisata alam air terjun maka bisa mengunjungi daerah Gunung Kidul. Disini anda bisa mengunjungi Air Terjun Kedung Kandang. Hebatnya air terjun ini punya 6 sumber air yang mengalir di persawahan langsung.

Untuk berkunjung ke air terjun Anda harus melewati lintasan yang cukup menantang. Hanya saja, meski harus tracking dulu semuanya akan terbayar dengan pemandangan sekitar air terjun yang dikelilingi nuansa hijau dan indah.


7. Curug Luweng Sampang

Curug Luweng SampangCurug Luweng Sampang. (Foto: Tagar/Eksotis Jogya)


Curug Luweng Sampang merupakan Curug yang sering dibanding-bandingkan dengan Antelope Canyon di luar negeri. Curug ini punya ciri khas dinding batu dengan garis horizontal, lalu garis tersebut membentuk aliran air. Curug memiliki warna hijau kecoklatan sedangkan untuk Antelope Canyon punya warna merah.

Curug ini berasal dari Pegunungan Sewu sehingga airnya sangat jernih. Hanya bisa berenang di air Curug Anda juga bisa menyusuri Curug dan terowongan di balik dinding batu. Lokasinya sendiri berada di Mongkrong, Sampang, Gedangsari.

Itulah beberapa destinasi wisata alam di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Selain berwisata ke Borobudur, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut berencana liburan ke Yogyakarta. Bagi yang kebetulan sedang liburan ke Yogyakarta dan bingung ingin naik transportasi apa, Anda bisa memilih Bus Joglosemar. Bus ini merupakan transportasi umum berstandar pariwisata yang sudah ada sejak tahun 2005.

Joglosemar merupakan bus wisata dengan layanan bus eksekutif dari berbagai tipe yaitu Pandawa Fleet, Pearl Fleet dan Emerald Fleet. Armada ini hadir dengan fasilitas AC, pemandu wisata, dan bagasi luas untuk penyimpanan barang.

Bagi Anda yang ingin memesan tiket Bus Joglosemar dengan mudah, bisa membelinya di Traveloka Lifestyle SuperApp. Traveloka menghadirkan tiket bus ini dengan harga bervariasi yaitu mulai dari 100 ribuan untuk Executive Class. 

Ingin mendapatkan tiket promo Joglosemar dengan harga termurah? Langsung saja cek halaman promo di Traveloka dan jangan lupa ikuti livestreaming Traveloka LIVE: NgeBasReng yang hadir setiap bulannya. []

Berita terkait
Inilah Destinasi Wisata di Taman Nasional Gunung Halimun Salak
Mengunjungi tempat wisata yang lokasinya tidak jauh dari rumah merupakan salah satu cara sebagian orang untuk mengistirahatkan pikirannya.
Level PPKM Diturunkan! Ini Destinasi Wisata yang Menanti Mu
Tempat wisata adalah salah satu tempat yang menarik untuk dijadikan saat berlibur akhir pekan. 5 rekomendasi destinasi wisata yang menanti mu.
Libur Akhir Pekan? Berikut 4 Destinasi Wisata Bogor
Kota Bogor Jawa Barat memang selalu menghadiri tempat – tempat wisata yang menarik serta seru. Berikut rekomendasi liburan di Bogor.
0
Simak! Inilah Investasi yang Cocok Ketika Usia 30-50 Tahun
Perencana Keuangan Eko Endarto menjelaskan ada dua rentang usia yang perlu memperhatikan cara dan instrument investasi yang sesuai. Ini ulasannya.