7 Tanaman Hias Indoor untuk Mempercantik Apartemen

Semua koleksi tanaman hias Anda tetap bisa ditanam di apartemen Anda dengan membuat taman gantung di balkon.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pexels)

Jakarata – Tanaman hias tidak hanya bisa dipelihara di rumah yang memiliki halaman luar. Anda yang tinggal di apartemen yang ruangannya terbatas dan tak ada halaman luas juga tetap bisa memiliki tanaman hias. Anda bisa memilih tanaman hias indoor yang bisa tumbuh subur di dalam pot kecil.

Untuk mempercantik hunian, Anda bisa meletakkam pot tanaman hias ini bisa diletakkan di meja dekat jendela, ataupun disusun di balkon agar bisa mendapat sinar matahari.

Meski koleksi tanaman hias yang Anda miliki semakin banyak, semua itu tetap bisa ditanam di apartemen Anda dengan membuat taman gantung di balkon. Dilansir dari Elle Decor, inilah 7 tanaman hias indoor terbaik untuk apartemen.


1. Red prayer plant

Tanaman hias red prayer plant memiliki corak merah di daunnya yang berwarna hijau gelap, lalu bagian tengahnya tampak berwarna lebih muda, dengan urat merah berbentuk melengkung ke arah tepian daun.

Red prayer plant cocok untuk penghuni apartemen karena perawatannya yang mudah.Tanaman hias ini dapat ditaruh di bawah sinar matahari tidak langsung dengan cahaya rendah hingga terang, simpanlah di sudut ruang ataupun dekat jendela.

Siram secara teratur agar tanaman hias ini dapat tumbuh dengan sempurna.


2. Pohon karet burgundy

Tanaman hias pohon karet burgundy ini sangat cantik dengan daunnya yang mengkilap, bentuknya sedikit lebar berwarna hijau kehitaman, dan batangnya yang panjang membuat tanaman hias ini semakin menarik untuk dimiliki.

Burgundy rubber dapat tumbuh hingga 7 meter di dalam ruangan jika ditempatkan di area yang terkena cahaya matahari yang terang, tetapi tidak terpapar langsung.

Jaga kondisi tanah di pot agar tetap lembap selama musim kering, tanah membutuhkan lebih sedikit kelembapan ketika memasuki musim hujan.


3. Haworthia

Haworthia yang dikenal juga sebagai tanaman hias zebra ini memiliki daun hijau dengan garis dari gabungan polkadot putih.

Bentuknya mirip seperti lidah buaya tapi ukurannya lebih kecil, maksimal tingginya hanya mencapai 20 cm.

Tanaman hias haworthia termasuk jenis sukulen yang mudah dirawat, cukup disimpan di tempat yang terkena cahaya seperti dekat jendela ruang tamu atau kamar mandi.


4. Bambu keberuntungan

Tanaman hias ini memiliki batang panjang berwarna hijau seperti bambu pada umumnya, namun dengan ukuran mini. Bambu keberuntungan dapat tumbuh subur di bawah sinar matahari dengan cahaya redup dan tidak terpapar langsung sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor di apartemen, tempatkan dalam pot berukuran kecil hingga sedang.

Karena bambu keberuntungan sangat menyukai air, pastikan Anda merawatnya di dalam pot yang telah terisi banyak air. 


5. Aralia fabian

Aralia fabian termasuk ke dalam tanaman hias indoor yang unik, karena batangnya yang kuat memiliki cabang dengan bintik-bintik tipis, daunnya bulat lebar seperti pancake, bernuansa gelap dengan warna hijau tua di bagian atasnya, dan keunguan pada bagian bawah.

Cara merawat Arilia fabian agar dapat tumbuh dengan baik yaitu dengan mempatkannya dalam pot dengan lubang drainase yang baik. Lalu sirami sampai air keluar di alas pot. Sebaiknya, penyiraman ini dilakukan setiap 5 cm tanam dari permukaan pot sudah kering.


6. Tillandsia

Tillandsia atau air plant disebut sebagai tanaman hias yang unik karena bisa menopang dirinya sendiri dengan kelembapan udara dan tidak memerlukan tanah untuk tumbuh.

Bentuk tanaman hias indoor ini sedikit besar di bagian bawah lalu mengecil di bagian atasnya, warnanya hijau kekuningan di bagian bawah, tengahnya bisa berwarna oranye dan atasnya bisa tumbuh bunga berwarna ungu, kuning dan putih.

Tillandsia memang sangat indah, sehingga sangat cocok untuk menghias apartemen.


7. Hoya carnosa variegata

Hoya carnosa variegata sangat cantik karena bunganya yang mekar sangat banyak. Bunganya kecil - kecil, berwarna pink sedangkan daunnya berwarna hijau dan putih.

Agar dapat tumbuh dengan sempurna, pastikan hoya carnosa variegata mendapat sinar matahari tidak langsung, karena tanaman hias ini akan mati apabila terpapar sinar matahari langsung.

Sirami tanahnya saat dirasa kering, atau bisa juga menyemprot daunnya setiap minggu tanpa menunggu tanahnya kering karena daun tanaman hias ini menyukai kelembapan. []


Baca Juga :

Cara Merawat Keladi Agar Tidak Mudah Patah

Tips Merawat Aglaonema Agar Warnanya Menyala dan Mengkilap

5 Manfaat Cuka Apel untuk Tanaman Hias

5 Tanaman Hias Berdaun Hitam untuk Dekorasi







Berita terkait
7 Tanaman Hias Indoor Pembunuh Virus dan Bakteri
Tanaman hias indoor juga bisa meningkatkan kualitas udara dalam rumah.
Tips Merawat Tanaman Hias Alocasia di Rumah
Alocasia tergolong beracun sehingga harus ditempatkan di area yang jauh dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.
5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Dekorasi Toilet
Tidak semua jenis tanaman hias mampu bertahan hidup di toilet karena tempat ini memiliki suhu yang berubah-ubah
0
Najwa Shibat Turut Menyoroti Penyambutan Saipul Jamil
Najwa Shihab turut menyoroti penyambutan terhadap pedangdut Saipul Jamil yang telah mendekam di penjara selama 5 tahun karena kekerasan seksual.