UNTUK INDONESIA
7 Pesepak Bola Liga Eropa Fokus Puasa Ramadan
Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) pemain sepak bola yang merumput di liga Eropa ini tetap berlatih dari rumah, tetap berpuasa Ramadan.
Pemain Liverpool Mohamed Salah (kiri) dan Sadio Mane (kanan) bersujud usai mencetak gol. Mereka berdua merupakan pemain muslim yang merumput di liga eropa. (foto: istimewa).

Mataram - Bulan Ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu oleh umat muslim. Pada bulan tersebut, seluruh pemeluk agama Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh dan seakan berlomba memperbanyak amal ibadahnya di bulan penuh berkah ini, termasuk para pesepak bola yang merumput di liga Eropa.

Tuntutan jadwal pertandingan yang tinggi dan performa gemilang tak lantas membuat mereka melunturkan rukun Islam. Namun, di sisi lain, pandemi corona yang mendunia ini mengharuskan mereka rehat dan beribadah di dalam rumah saja, tetap menjaga kebugaran tubuh agar tak tertular virus ganas asal Wuhan, China tersebut.

Ada hari-hari ketika Sadio Mane atau Mohamed Salah terlambat datang ke ruang ganti karena mereka sedang salat. Dalam kehidupan ini, ada banyak hal yang lebih penting daripada sepak bola.

Berikut Tagar informasikan tujuh pesepak bola Eropa yang tetap menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan di tengah pandemi Covid-19:

1. Mohamed Salah

Mohamed SalahMohamed Salah tampak sedang menghias rumahnya dengan pernak-pernik untuk menyambut datangnya bulan ramadan, momen tersebut disampaikan olehnya melalui unggahan pada akun media sosial, Jumat, 24 April 2020. (Foto: Instagram/mosalah)

Striker tajam Liverpool, Mohamed Salah menjadi salah satu pesepak bola yang merumput di liga Eropa, terbuka dengan identitasnya sebagai seorang muslim. Tiap sebelum bertanding, pria 27 tahun ini selalu mengawalinya dengan berdoa. Kala mencetak gol, Salah kerap merayakannya dengan bersujud.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, atlet asal Mesir ini tak pernah meninggalkan kewajibannya untuk berpuasa Ramadan. Selain itu, saat memilik waktu luang, Salah sering memanfaatkannya untuk membaca Alquran. Suami Magi Salah ini juga kerap membagikan potongan ayat-ayat Alquran melalui media sosialnya.

2. Sadio Mane

ManeSadio Mane (Foto: @liverpoolfc)

Tak hanya Mo Salah, Sadio Mane juga menjadi pesepak bola kesayangan Jurgen Klopp yang turut menjalankan ibadah puasa Ramadan. Sebagai seorang muslim, Mane juga rutin menunaikan ibadah salat lima waktu dan mengaku tak pernah menyentuh minuman beralkohol.

"Ada hari-hari ketika Sadio Mane atau Mohamed Salah terlambat datang ke ruang ganti karena mereka sedang salat. Dalam kehidupan ini, ada banyak hal yang lebih penting daripada sepak bola,” ujar Klopp kepada wartawan.

Melalui akun Instagram-nya @sadiomaneofficiel, pemain berdarah Senegal mengunggah ucapan Selamat berpuasa Ramadan untuk seluruh umat Islam. "Ramadan Mubarak to all my brothers and sisters," tulis striker bernomor punggung 10 itu.

3. Karim Benzema

Karim BenzemaMeski menjalani ibadah puasa, Karim Benzema tetap menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga, seperti yang terlihat dalam unggahan di akun media sosial miliknya pada Senin, 27 April 2020. (Foto: Instagram/karimbenzema)

Penyerang keturunan Aljazair Karim Mostafa Benzema juga tak mau melewatkan bulan Ramadan tahun ini dengan berbaring saja. 

Melalui akun Instagram-nya @karimbenzema, atlet timnas Prancis ini sering membagikan aktivitasnya sehari-hari selama menjalankan ibadah shaum.

Pada final Liga Champions 2017/2018, kala Real Madrid berhadapan dengan Liverpool, Benzema diketahui tengah menunaikan ibadah puasa. Meski begitu, bersama teman-teman setimnya, striker 32 tahun ini sukses membawa klub berjuluk Los Blancos itu menjuarai Liga Champions.

4. Paul Pogba

Paul Pogba

Menyambut bulan suci ramadan, Paul Pogba mengunggah foto lama yang diposting kembali saat bersama rekan-rekannya ketika berada di depan Kakbah di Mekkah, Jumat, 24 April 2020. (Foto: Instagram/paulpogba)

Gelandang tengah Manchester United Paul Pogba diketahui merupakan muslim yang taat. Setiap jeda jadwal pertandingan, pemain bernomor punggung 6 ini sering kali memanfaatkannya untuk menjalankan ibadah umrah ke Tanah Suci Mekkah. 

Bahkan, pada awal bulan Ramadan 2017 lalu, penggawa timnas Prancis ini menyambutnya dengan beribadah di Mekkah.

"Ramadan adalah tentang bagaimana kita mendekatkan diri pada Allah, tidak ada lagi perbuatan dosa, solat tepat waktu, saling membantu orang yang membutuhkan. Tidak ada orang yang sempurna, tapi kita semua bisa berusaha. Kita tidak boleh membenci orang lain, dan sudah seharusnya kita mencintai sesama," ujar Pogba pada 2016.

5. Emre Can

Emre Can

Gelandang Borussia Dortmund Emre Can. (foto:  Instagram/emrecan27).

Gelandang asuhan pelatih Lucien Favre, Emre Can, juga menjadi pesepak bola muslim lainnya yang menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan. Pemain berdarah Turki ini merupakan muslim yang taat. Sebelum merumput, ia selalu menyempatkan diri untuk berdoa.

Jelang laga final Liga Champions musim 2017/2018 lalu, atlet dengan tinggi 1,84 m ini diketahui tetap menjalankan ibadah puasa.

Emre Can juga diketahui merupakan sosok pecinta damai. Bahkan, pemain 26 tahun ini juga menentang keberadaan pasukan tentara Turki di Suriah dalam rangka berperang.

"Saya adalah orang yang mencintai kedamaian sepenuhnya, dan menentang segala macam bentuk perang meski itu dilakukan untuk kebaikan umat manusia," kata Emre Can.

6. Shkodran Mustafi

Shkodran MustafiShkodran Mustafi (Foto: Instagram/shkodranmustafi).

Pemain Arsenal Shkodran Mustafi ikut menjalankan ibadah puasa Ramadan 1441 Hijriyah. Pria berjuluk Smiley Donny ini mengaku Islam telah menyelamatkan hidupnya dari masa-masa sulit, terutama saat Mustafi dihujani kritikan pedas dari fans Arsenal dan legenda klub raksasa Inggris terebut. Bahkan, dia sempat mendapat julukan Raja Blunder.

"Bagi saya, agama saya melepas semua beban itu karena agama saya mengajarkan untuk bersyukur atas apa yang dimiliki, kemudian kamu akan mendapatkan lebih banyak. Membantu orang-orang dan sepakbola, yang merupakan olahraga tim, kamu harus membantu rekanmu di dalam dan di luar lapangan," kata Mustafi dikutip dari Goal.

7. Sami Khedira

Sami KhediraSami Khedira. (Foto: Instagram/sami_khedira6).

Sami Khedira menjadi pesepak bola muslim lainnya yang menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Gelandang klub berjuluk Si Nyonya Tua ini menerima dukungan penuh dari tim untuk menjalankan ibadah puasa.

"Ramadan Kareem to all the Juventus fans celebrating around the world!" tulis Juventus melalui akun instagram @juventus, Kamis, 23 April 2020. []

Berita terkait
Salah dan Deretan Bintang Sepak Bola yang Berpuasa
Berpuasa saat Ramadan wajib hukumnya bagi setiap muslim tanpa melihat status, seperti striker Liverpool Mohamed Salah.
Sepak Bola Putri Terpukul Karena Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 yang menyebar ke semua negara membuat sepak bola putri terpukul keras karena investasi untuk tim bisa saja terhenti
Sepak Bola Setelah Pandemi Seperti Bangun dari Mimpi
Presiden FIFA Gianni Infantino menyatakan pengalaman menyaksikan sepak bola akan berbeda dibandingkan sebelumnya, karena akan seperti mimpi
0
7 Pesepak Bola Liga Eropa Fokus Puasa Ramadan
Di tengah pandemi virus corona (Covid-19) pemain sepak bola yang merumput di liga Eropa ini tetap berlatih dari rumah, tetap berpuasa Ramadan.