UNTUK INDONESIA
7 Penambang Emas Pasaman Ditemukan Lemas di Madina
Tujuh penambang emas yang tersesat di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, ditemukan lemas di kawasan hutan Mandailing Natal, Sumatera Utara.
Petugas gabungan dari Basarnas, BPBD, dan TNI-Polri mengevakuasi tujuh penambang emas yang tersesat di dalam hutan. (Foto: Tagar/Dok. Pos SAR Pasaman)

Pasaman - Tujuh orang penambang emas di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, akhirnya ditemukan dalam kondisi lemas di kawasan hutan perbatasan Sumbar dengan Sumatra Utara (Sumut), Jumat, 6 Maret 2020.

Logistik mereka habis. Saat ditemukan langsung kami berikan makanan yang kami bawa.

Para penambang yang dilaporkan hilang sejak Rabu, 4 Maret 2020 itu bernama Eliwasman, 57 tahun, Hariyanto, 55 tahun, Ramlan, 38 tahun, Markulin, 65 tahun.

Kemudian Yulhendri, 28 tahun, Basri, 48 tahun, dan Danil, 48 tahun. Mereka dikabarkan hilang di kawasan hutan Jorong Kelabu, Kabupaten Pasaman, ketika dalam perjalanan survei lokasi tambang emas.

"Mereka pergi mengecek lokasi untuk tambang baru pada Rabu 4 Maret 2020. Tapi dalam perjalanan mereka tersesat hingga sampai ke perbatasan Sumbar-Sumut, tepatnya di Mandailing Natal (Madina)," kata Kepala Basarnas Padang Asnedi kepada Tagar, Jumat, 6 Maret 2020.

Meski selamat, kondisi ketujuh penambang emas ini ditemukan dalam keadaan lemas dan tak berdaya. Pasalnya, mereka berjalan selama dua tanpa logistik memadai.

'Logistik mereka habis. Saat ditemukan langsung kami berikan makanan yang kami bawa," katanya.

Pihaknya kini sedang mengevakuasi para penambang melalui jalur aliran Sungai Batang Pasaman. Paling tidak, mereka akan sampai di Pasaman dalam 17 jam perjalanan. []

Berita terkait
Pria Tua Tewas di Sungai Pasaman
Seorang pria tua ditemukan tewas di bebatuan Sungai di Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.
Lima Fakta Hubungan Seks Kakak-Adik di Pasaman
Pembuang bayi hasil hubungan seks kakak-adik di Pasaman, Sumatera Barat, tinggal di pedalaman. Mereka juga sudah lama ditinggalkan ayah kandungnya.
Lima Hektare Lahan Sawit di Pasaman Barat Terbakar
Kebakaran menghanguskan lima hektare lahan sawit di Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat.
0
Keringanan Retribusi untuk Pedagang Semarang
Pemkot Semarang membebaskan retribusi untuk PKL dan memberi diskon 50 % retribusi pedagang pasar.