UNTUK INDONESIA

7 Pelatih Kondang yang Pernah Dipecat Bayern München Jerman

Carlo Ancelotti bukan pelatih kondang pertama yang dipecat Bayern München, dia salah satu dari tujuh pelatih yang pernah dipecat Bayern
Louis van Gaal (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Carlo Ancelotti bukan pelatih kondang pertama yang dipecat klub sepakbola FC Bayern München, Jerman. Sampai tahun 2017 saja sudah ada tujuh pelatih yang dipecat Munchen. Ada sederet nama lain yang cukup terkenal di panggung sepakbola dunia.

munchen1Carlo Ancelotti (Foto: dw.com/id)

Carlo Ancelotti - Ancelotti bergabung dengan Bayern Juli 2016, setelah pelatih saat itu Pep Guardiola menyatakan tidak akan memperpanjang kontrak di München. Sesi yang lalu, pelatih asal Italia itu sukses membawa Bayern München menjuarai Liga Jerman. Tapi prestasi saat ini mengecewakan para manajer klub "FC Hollywood" itu. Setelah kalah telak 3-0 dari PSG minggu ini, Bayern München memecat Ancelotti.

munchen2Louis van Gaal (Foto: dw.com/id)

Louis van Gaal - Sebelum Ancelotti, pelatih Belanda Louis Van Gaal juga mengalami nasib sama. Padahal dia menyebut Bayern München sebagai "klub impian". Van Gaal berhasil memenangkan dua trofi di musim pertamanya, dan hanya kalah dari Jose Mourinho dengan Inter Milan di final Liga Champions. Musim kedua berjalan kurang mulus dan van Gaal pun dipecat bulan April setelah München turun dari posisi tiga besar.

munchen3Jürgen Klinsmann (Foto: dw.com/id)

Jürgen Klinsmann - Setelah sukses membentuk timnas Jerman yang tampil prima dalam Piala Dunia 2006, Klinsmann ditunjuk jadi pelatih Bayern München. Ekspektasi saat itu sangat tinggi, karena metode revolusionernya yang diterapkan pada tim nasional. Apalagi Klinsmann adalah mantan penyerang FC Bayern München.Tapi dia tidak berhasil mendongkrak prestasi klub itu dan akhirnya dipecat April 2009.

munchen4Felix Magath (Foto: dw.com/id)

Felix Magath - Setelah tampil mengesankan bersama Stuttgart, Magath secara resmi tampil sebagai pelatih Bayern München pada Juli 2004. Dua musim pertamanya, dia berhasil memboyong "double" dua kali berturut-turut ke München, menjuarai Bundesliga dan Piala Jerman sekaligus. Tapi pada musim 2006/2007, München tampil mengecewakan dan Magath pun dipecat.

munchen5Otto Rehhagel (Foto: dw.com/id)

Otto Rehhagel - Otto Rehhagel ditunjuk sebagai pelatih Bayern pada Juli 1995. Dia membeli beberapa pemain top, antara lain Jürgen Klinsmann. Rehhagel berharap Bayern München dapat segera mendominasi liga Jerman Bundesliga. Namun itu tidak terjadi. Rehhagel bahkan tidak menyelesaikan musim pertamanya dan dipecat empat hari sebelum Bayern dijadwalkan turun di leg pertama final Piala UEFA.

munchen6Giovanni Trapattoni (Foto: dw.com/id)

Giovanni Trapattoni - Setelah Franz Beckenbauer ditunjuk sebagai presiden klub Bayern München, Trapattoni mendapat kontrak tahun 1994. München berharap mantan pelatih Juventus itu bisa membawa sentuhan suksesnya ke stadion Olympia. Tapi Trapattoni mengakhiri musim tanpa satu piala pun dan langsung dipecat. Trappatoni sempat kembali ke München sebagai pelatih dan akhirnya memenangkan Bundesliga dan satu Piala Jerman.

munchen7Branko Zebec (Foto: dw.com/id)

Branko Zebec - Zebec ditunjuk sebagai pelatih Bayern bulan Juli 1968. Dia berhasil memenangkan "double" di musim pertamanya, inilah "double" pertama dalam sejarah Bundesliga. Musim berikutnya kurang gemilang. München tersingkir dari Piala Eropa pada babak pertama. Zebec lalu mengumumkan bahwa dia tidak akan memperpanjang kontraknya, namun manajemen duluan memecatnya setelah tiga pertandingan tanpa kemenangan (dw.com/id). []

Berita terkait
Bayern Vs Salzburg: Lolos 16 Besar Liga Champions
Bayern Munich tampil sebagai juara Grup A dan lolos 16 besar Liga Champions setelah mengalahkan Salzburg. Meski kalah, Salzburg masih bisa lolos.
Klasemen Liga Jerman: Taklukkan Dotmund, Bayern ke Puncak
Bayern Munich mengalahkan Borussia Dortmnd dalam laga Der Klasikker di Bundesliga Jerman. Kemenangan itu membawa Bayern kembali ke puncak.
Hasil dan Klasemen Liga Champions: Kimmich Menangkan Bayern
Bayern Munich meraih 3 poin setelah menaklukkan Lokomotiv Moskwa di Liga Champions. Bayern pun mengukuhkan posisinya di puncak klasemen Grup A.
0
7 Pelatih Kondang yang Pernah Dipecat Bayern München Jerman
Carlo Ancelotti bukan pelatih kondang pertama yang dipecat Bayern München, dia salah satu dari tujuh pelatih yang pernah dipecat Bayern