7 Pelajaran Bisnis yang Tidak Ada di Pelajaran Sekolah

Bisnis kita akan sukses apabila terus belajar dari pengalaman dan bekerja dengan cara terbaik.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Ada banyak pelajaran hebat yang bisa Anda pelajari di sekolah bisnis. Yang biasa Anda pelajari biasanya menekankan perencanaan dan pengambilan keputusan strategis. Pelajaran tersebut menunjukkan kepada Anda bagaimana mempelajari teori bisnis dan menerapkannya pada masalah di dunia nyata.

Tetapi pada kenyataanya ada banyak hal yang harus Anda pikirkan sendiri, melalui trial and error. Beberapa pelajaran terpenting yang pernah Anda pelajari tentang bagaimana menjadi sukses dalam membangun bisnis dan kehidupan. Berikut adalah rangkuman 7 pelajaran bisnis yang hanya bisa Anda dapatkan diluar kelas


1. Bagaimana menjadi pemimpin yang baik

Pemimpin yang baik harus menyadari kekuatan dan kelemahan mereka. Mereka harus menyampaikan hal positif dan memotivasi orang-orang di sekitar mereka. Ini bukanlah hal-hal yang dapat Anda temukan di lingkungan kelas. Bergabung dengan banyak komunitas atau organisasi di luar kelas akan melatih public speaking Anda dan bagaimana cara bekerja sama dalam kelompok.


2. Tidak ada jalan cepat menuju sukses

Tidak ada jalan yang instan untuk menjadi sukses. Anda harus mengikuti jalan Anda sendiri untuk mencapai impian Anda. Tidak ada seorang pun yang dapat memberi tahu Anda cara menggapai masa depan terbaik Anda. Anda harus mencari tahu sendiri. Visi seseorang tidak dapat diduplikasi dan dibuat ulang oleh orang lain.


3. Bagaimana cara membangun koneksi yang baik

Setiap bisnis yang sukses dibangun di atas hubungan yang baik. Jika Anda ingin sukses, Anda harus menguasai apa yang disebut soft skill, seperti bagaimana membangun jaringan dan membentuk ikatan dengan orang lain. Begitulah cara Anda bertemu orang yang tepat yang dapat menyokong bisnis Anda berkembang.


4. Pentingnya sopan santun dan tata krama

Sebagian besar dari kita belajar sopan santun dari orang tua kita sebagai anak-anak, tetapi seberapa sering profesor menekankan pentingnya menggunakan sopan santun dan etiket umum ketika berurusan dengan pelanggan? Hal-hal sederhana seperti melihat wajah pelanggan ketika sedang berbicara, tepat waktu, memenuhi janji, dan mengucapkan terima kasih akan membuat perbedaan besar bagi kesuksesan bisnis Anda.


5. Bagaimana belajar dari kesalahan

Salah satu pelajaran tersulit untuk dipelajari dalam berwirausaha adalah kegagalan. Terkadang mungkin kesepakatan gagal, banyak hal berubah tiba-tiba, pasar berfluktuasi, atau mungkin ide Anda tidak berjalan dengan baik. Anda masih harus menemukan cara untuk bangkit dan terus bergerak maju. Seorang pengusaha harus belajar untuk membingkai kegagalan mereka dan meningkatkan kinerja di masa-masa berikutnya.


6. Bagaimana menjadi rendah hati

Kerendahan hati membuat Anda tetap merendah dan tidak angkuh, bahkan saat Anda meraih kesuksesan yang semakin tinggi. Menjadi rendah hati berarti Anda lebih fokus pada orang lain. Ini membantu Anda menyadari kekurangan Anda. Ketika Anda rendah hati, Anda tetap fokus pada kebutuhan pelanggan dan benar-benar mendengarkan saran dan kritik.


7. Bagaimana menyelesaikan konflik

Sama halnya seperti dalam kehidupan, konflik di dunia bisnis juga tidak bisa dihindari. Anda harus menerima fakta itu dan belajar menghadapinya. Tidak ada pelajaran di bangku sekolah yang mengajarkan Anda bagaimana memaafkan orang lain, meredakan perasaan terluka dan menemukan solusi dari konflik yang Anda hadapi, tetapi mampu melakukannya sangat penting untuk dapat bertahan di dunia bisnis. Kesampingkan ego dan utamakan apa yang penting bagi perusahaan Anda. []

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga

Berita terkait
Peran Penting Mentor dalam Kesuksesan Bisnis
Kehadiran mentor sering membantu pengusaha muda dalam menjalankan bisnisnya melalui bimbingannya yang sudah berpengalaman.
Modal Internet? 5 Ide Bisnis Modal Kecil yang Menggiurkan
Dengan beragam ide bisnis modal kecil di atas yang hanya memerlukan internet bukanlah suatu yang sulit jika dikerjakan dengan serius.
5 Ide Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa dan Pemula
mahasiswa yang baru pertama kali ingin melakukan bisnis masih kebingungan untuk memulai dari mana.
0
7 Pelajaran Bisnis yang Tidak Ada di Pelajaran Sekolah
Bisnis kita akan sukses apabila terus belajar dari pengalaman dan bekerja dengan cara terbaik.