7 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Secara umum, air hangat berperan penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh karena kandungan nutrisinya yang tidak dimiliki oleh air dingin.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Minum air hangat di pagi hari dan sebelum tidur ternyata mempunyai segudang manfaat. Secara umum, air hangat berperan penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh karena kandungan nutrisinya yang tidak dimiliki oleh air dingin.

Dilansir dari laman Life Hack, ahli gizi klinis dan ahli kesehatan media di Food and Nutrition Sciences, Stella Metsovas sangat merekomendasikan pola hidup sehat tersebut. “Dokter merekomendasikan minum air hangat di pagi hari, biasanya, dengan perendaman lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh,” kata Stella.

Buat Anda yang selama ini masih jarang atau bahkan malas minum air hangat di pagi hari, berikut 7 khasiat air hangat yang baik untuk kesehatan.


1. Mencegah penuaan dini

Hadirnya racun di dalam tubuh bisa memicu penuaan dini bagi kebanyakan orang. Menurut penelitian, air hangat dapat membantu membersihkan tubuh dari racun dan dapat membantu memperbaiki sel-sel kulit yang dapat menyebabkan peningkatan elastisitas kulit.


2. Mengurangi rasa sakit saat menstruasi

Ternyata, air hangat adalah obat alami yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit akibat kram saat menstruasi. Sebab, air hangat bisa melemaskan otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Lebih dari itu, air hangat merupakan obat yang efektif untuk semua jenis kram karena bisa meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu mengendurkan otot-otot di tubuh.


3. Membantu menurunkan berat badan

Buat Anda yang ingin diet sehat, minum air hangat di pagi hari bisa menjadi pilihan menarik yang minim risiko. Hal ini karena air hangat mampu meningkatkan suhu tubuh yang nantinya bisa meningkatkan tingkat metabolisme. Dengan cara ini biasanya peningkatan aktivitas metabolisme memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.


4. Melancarkan pencernaan

Segelas air hangat di pagi hari ternayata bisa merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh mencerna makanan dengan lebih baik lho guys. Hal ini berbanding terbalik dengan air dingin yang bisa membekukan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja Anda konsumsi.


5. Melancarkan peredaran darah

Manfaat minum air hangat di pagi hari yang berikutnya adalah dapat melancarkan peredaran darah. Pasalnya, air hangat bisa mengakumulasi timbunan lemak yang ada di dalam sistem syaraf dan membantu sirkulasi darah. Lebih dari itu, air hangat juga bisa membuat tubuh merasa rileks dan membantu mengendurkan otot yang tegang.


6. Membuang racun dalam tubuh

Meskipun belum ada bukti pasti bahwa minum air hangat di pagi hari memiliki manfaat khusus sebagai detoksifikasi, sebuah studi pada 2020 menemukan bahwa minum lebih banyak air dapat membantu melindungi ginjal sambil mengencerkan bahan limbah dalam darah. Konsumsi air putih membantu melawan peradangan, menjaga sendi tetap terlumasi dengan baik, dan mencegah asam urat.


7. Dapat membantu meredakan gejala akalasia

Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan memindahkan makanan ke dalam perut. Orang dengan akalasia mengalami kesulitan menelan. Studi pada 2012 menemukan bahwa minum air hangat dapat membantu orang dengan akalasia mencerna dengan lebih nyaman. []

(Raffly Azmi)


Baca Juga: 




Berita terkait
5 Manfaat Minum Teh di Pagi Hari
Penelitian telah membuktikan bahwa teh memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.
Minum di Sela-Sela Makan Ternyata Tidak Baik
Menurut penelitian minum segelas air sebelum makan adalah strategi yang bagus bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.
Aturan Pakai yang Tepat Saat Minum Obat
Meminum obat sesuai dengan aturan dan petunjuk penggunaan penting dilakukan demi mencegah gangguan pada kinerja dari obat. Berikut aturan pakainya.
0
7 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari
Secara umum, air hangat berperan penting dalam kelancaran semua fungsi tubuh karena kandungan nutrisinya yang tidak dimiliki oleh air dingin.