7 Manfaat Mengkonsumsi Telur bagi Kesehatan

Mengonsumsi telur akan memberikan tubuh Anda asupan energi, protein, serta vitamin yang diperlukan untuk beraktivitas. Inilah manfaatnya.
Manfaat Mengkonsumsi Telur. (Foto: Tagar/Istock)

TAGAR.id, Jakarta - Telur termasuk bahan makanan yang paling serbaguna, gampang diolah, dan bercita rasa lezat sehingga menjadi favorit. Berkat kandungan gizi yang hampir lengkap, telur juga digadang-gadang sebagai superfood dengan segudang manfaat bagi kesehatan.

Mengonsumsi telur akan memberikan tubuh Anda asupan energi, protein, serta vitamin yang diperlukan untuk beraktivitas dan menjalankan fungsinya.

Selain itu, beberapa zat gizi dalam telur dapat menyehatkan tubuh dan mengurangi risiko penyakit. Di bawah ini berbagai manfaat telur.


1. Menjaga kesehatan mata

Telur mengandung dua antioksidan lutein dan zeaxanthin bermanfaat bagi kesehatan mata. Lutein dan zeaxanthin yang Anda dapatkan dari telur biasanya terkumpul pada retina dan melindunginya dari kerusakan akibat sinar matahari.

Beberapa penelitian lama juga menunjukkan bahwa lutein dan zeaxanthin membantu mengurangi risiko penyakit katarak dan degenerasi makula.

 

2. Membentuk jaringan tubuh 

Protein berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan pada dasarnya hampir semua fungsi sel. Zat gizi inilah yang membentuk setiap sel dan jaringan penyusun tubuh manusia, seperti otot, otak, peredaran darah, tulang, dan masih banyak lagi.


3. Menjaga kesehatan otak

Telur mengandung kolin, yaitu zat mirip vitamin B yang penting dalam perkembangan otak selama kehamilan. Pada sel otak manusia, kolin mempercepat pelepasan protein yang diperlukan dalam pembentukan memori dan beberapa fungsi otak lainnya.


4. Menguatkan sistem imun

Telur mengandung beragam zat gizi yang penting untuk menjaga kesehatan sistem imun. Beberapa di antaranya yakni asam amino sebagai pembentuk kekebalan serta antioksidan, vitamin A, vitamin B12, dan mineral selenium yang menjaga fungsinya.


5. Menurunkan kadar kolesterol jahat

Telur memang mengandung kolesterol. Asupan kolesterol yang Anda peroleh dari makanan biasanya tidak meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebaliknya, telur justru membantu menyeimbangkan kadar kolesterol darah Anda.


6. Membantu menjaga berat badan

Makan telur memberikan manfaat tersendiri bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Telur kaya akan protein dan lemak, dua sumber kalori yang lebih baik daripada karbohidrat sederhana seperti nasi atau makanan manis.

Mengonsumsi telur bisa membuat Anda kenyang lebih lama dengan asupan kalori yang lebih sedikit. Dengan menambahkan telur ke dalam menu sarapan, Anda akan lebih berenergi dan terhindar dari keinginan untuk makan secara berlebihan.


7. Membantu menurunkan risiko penyakit jantung

Selain menurunkan kolesterol jahat, telur dapat meningkatkan jumlah high-density lipoprotein (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik. Orang-orang dengan HDL yang tinggi biasanya berisiko lebih rendah untuk terkena stroke dan penyakit jantung.

Kandungan gizi beberapa jenis telur juga diperkaya dengan asam lemak omega-3 yang mampu menurunkan trigliserida darah. Penurunan kadar trigliserida akan mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah yang menjadi cikal bakal penyakit jantung. []


Berita terkait
10 Manfaat Kopi Bagi Kesehatan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko stroke 20% lebih rendah.
Kenali 5 Manfaat Teh Oregano Bagi Kesehatan Tubuh
Karena kebanyakan mereka yang meminum teh oregano hanya mencari manfaat dan khasiat dari teh tersebut.
Inilah Manfaat Minum Rebusan Daun Pandan Bagi Kesehatan
Daun pandan kaya akan vitamin dan mineral, khususnya vitamin A, B1, C, kalsium, fosfor, dan zat besi. Nah, inilah manfaat yang bisa Anda dapatkan.
0
5 Makanan Khas Purbalingga yang Cocok Dijadikan Oleh-oleh
Membeli oleh-oleh sebagai kenang-kenangan atau hadiah dari suatu tempat yang dikunjungi hal yang umum dilakukan. Intip oleh-oleh kota Purbalingga.