7 Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit Buat Awet Muda

Minyak jojoba merupakan minyak alami yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Berikut manfaatnya yang bikin awet muda.
Ilustrasi - Jojoba Oil. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Minyak jojoba merupakan minyak alami yang diekstrak dari biji tanaman jojoba, minyak ini paling mirip dengan minyak yang diproduksi oleh kulit manusia sebum. 

Sebum berfungsi sebagai pelembap, pelindung, penyembuh kulit dari paparan racun. Oleh karenanya minyak ini sangat cocok sebagai pengganti alami untuk sebum.

Manfaat Jojoba Oil untuk kesehatan kulit dan rambut banyak digunakan orang, minyak jojoba sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulitnya. 

Bukan tanpa alasan, ada banyak bukti yang mendukung penggunaan minyak jojoba murni sebagai perawatan kulit seperti perawatan jerawat, kulit kering, dan kondisi kulit lainnya. Berikut manfaatnya.


1. Melembapkan Kulit

Beberapa senyawa yang terdapat dalam minyak jojoba instan terserap ke dalam kulit dengan cepat yang membentuk pelindung, mencegah kulit kehilangan kelembapan. 

Minyak ini juga membantu mencegah tumit pecah-pecah. Semua ini karena sifat menghidrasi minyak jojoba yang bisa mencegah pengelupasan kulit dan melindungi sel-sel yang paling rentan terhadap elemen luar. 


2. Perawatan untuk Kulit 

Kulit adalah organ tubuh terbesar dan terus-menerus terpapar oleh lingkungan yang keras, polutan, iritasi, dan patogen yang berarti sering meradang, baik dari luar maupun dari dalam. 

Manfaat jojoba oil dengan mengoleskannya ke kulit yang teriritasi, bengkak, gatal, atau meradang, dan dapat dengan cepat menenangkan sel-sel tersebut. Ini berkat kualitas emolien dari bahan aktif minyak jojoba. 


3. Mengobati Jerawat

Setidaknya satu penelitian menunjukkan bahwa minyak jojoba berkhasiat membantu mencegah timbulnya jerawat. Minyak jojoba memiliki agen anti-inflamasi yang menenangkan kulit, sifat penyembuhan, pelembap, dan merupakan antimikroba alami. 

Sifat-sifat tersebut menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat membantu mencegah jerawat serta meningkatkan penyembuhan untuk jerawat ringan. 


4. Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Selain untuk kulit, mengoleskan minyak jojoba ke bibir pecah-pecah dapat mengembalikan kelembapan dan membuatnya tampak lembut. Khasiat Ini berkat sifat pelindungnya. Anda juga bisa membuat lip balm jojoba dengan mencampurkan minyak jojoba dengan lilin lebah. 


5. Mencegah Penuaan

Kondisi kulit yang tampak tua sebelum saatnya adalah penuaan dini dengan gejala seperti kerutan, garis halus, bintik-bintik hitam, dan noda. 

Manfaat jojoba oil dapat mencegah kondisi masalah kulit tersebut dan membuat kulit tampak awet muda. Hal tersebut karena minyak jojoba memiliki senyawa antioksidan yang dapat meningkatkan elastisitas kulit, mengurangi munculnya kerutan, dan membuat kulit tampak cerah. 


6. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Minyak ini secara alami bisa menjadi pelindung dari paparan sinar matahari yang dapat membakar kulit. Beberapa bagian kulit tubuh yang mudah terbakar sinar matahari, termasuk wajah, leher, pergelangan tangan dan kaki. 

Minyak ini mengandung vitamin E dan B kompleks yang dapat mempercepat proses penyembuhan tanpa kerusakan lebih lanjut atau kehilangan air akibat paparan matahari. 


7. Penghapus Rias Wajah yang Efektif 

Bagi yang sering menggunakan riasan wajah atau beraktivitas di luar ruang, minyak jojoba cocok untuk menghilangkan riasan, kotoran, dan bakteri dari kulit secara alami. 

Jadi, alih-alih menggunakan penghapus riasan kosmetik mengandung banyak bahan kimia, cobalah beralih ke minyak jojoba sebagai bahan alami. Anda juga bisa menggunakan minyak ini untuk menghilangkan riasan pada mata. []

Berita terkait
Cara Memilih Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit
Salah satu cara untuk menjaga dan menutrisi kulit adalah dengan membersihkan wajah dengan baik agar kulit tetap sehat. Berikut caranya.
Cara Mengencangkan Kulit Wajah Agar Awet Muda
Salah satu rahasia tampil cantik setiap saat tentunya memiliki kulit wajah yang kencang. Berikut caranya agar tampak lebih muda daripada usia.
Manfaat Buah Stroberi untuk Wajah Glowing
Stoberi merupakan buah asam yang lezat yang pertama kali matang pada musim semi. Selain nikmat dan enak stroberi juga memiliki manfaat untuk wajah.
0
7 Manfaat Jojoba Oil untuk Kulit Buat Awet Muda
Minyak jojoba merupakan minyak alami yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Berikut manfaatnya yang bikin awet muda.