7 Manfaat Bernyanyi Perbaiki Suasana Hati dan Kesehatan

Bernyanyi diketahui bisa mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati, keuntungan lain juga perbaiki kondisi fisik dan psikologis
Perbaiki Kemampuan Kognitif (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Bernyanyi diketahui bisa mengurangi stres dan memperbaiki suasana hati Anda. Tapi, selain itu ada banyak keuntungan lain bagi kondisi fisik dan psikologis yang diperoleh dari bernyanyi. Berikut ini ada tujuh manfaat bernyanyi bagi kesehatan.

nyanyi1Memicu Hormon Endorfin dan Oksitosin (Foto: dw.com/id)

Memicu Hormon Endorfin dan Oksitosin - Endorfin adalah hormon yang meningkatkan perasan eforia dan kesenangan. Oksitosin juga dikenal sebagai "hormon cinta" karena menimbulkan rasa nyaman, gairah dan empati pada pasangan. Hormon ini diketahui bisa mengurangi stres dan rasa cemas. Kedua hormon ini membuat Anda mersa lebih baik dan mengurangi rasa sakit yang tengah Anda rasakan.

nyanyi2Perbaiki Paru-paru dan Postur Tubuh (Foto: dw.com/id)

Perbaiki Paru-paru dan Postur Tubuh - Saat bernyanyi, Anda secara otomatis duduk atau berdiri lebih tegak. Bernyanyi juga memperbaiki kapasitas paru-paru dan membantu Anda bernapas dengan lebih mudah.

nyanyi3Turunkan Tekanan Darah Tinggi (Foto: dw.com/id)

Turunkan Tekanan Darah Tinggi - Ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa bernyanyi bisa menurunkan tekanan darah tinggi berkat efeknya yang menenangkan. Pasien bisa menenangkan diri mereka sendiri dan mengurangi tekanan darah saat berada di rumah sakit dengan cara menyanyikan lagu-lagu pujian religi.

nyanyi4Bantu Pasien Parkinson (Foto: dw.com/id)

Bantu Pasien Parkinson - Beberapa studi menunjukkan, bernyanyi memperbaiki kualitas kesehatan pasien Parkinson. Bagi mereka, bernyanyi memperbaiki vokal dan pengendalian saat menelan. Bahkan ada studi lain yang mengatakan, musik membantu pasien memperoleh kembali keseimbangan.

nyanyi5Perbaiki Kemampuan Kognitif (Foto: dw.com/id)

Perbaiki Kemampuan Kognitif - Beberapa penelitian menyimpulkan penyanyi dan musisi biasanya memiliki IQ lebih tinggi dibanding mereka yang tidak berhubungan dengan musik. Bernyanyi bisa meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan dan membantu Anda berpikir secara lebih jernih.

nyanyi6Tingkatkan Kekebalan Tubuh (Foto: dw.com/id)

Tingkatkan Kekebalan Tubuh - Karena bernyanyi bisa mengurangi tekanan darah tinggi, level kortisol Anda juga menurun, begitu juga stres dan rasa cemas. Efek positifnya tercermin pada peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda.

nyanyi7Panjang Umur (Foto: dw.com/id)

Panjang Umur - Hasil studi peneliti Universitas Yale dan Harvard menunjukkan, warga New Haven, Connecticut, di AS yang bernyanyi dalam koor memiliki kondisi jantung yang lebih sehat dan dengan demikian juga turut meningkatkan harapan hidupnya [vlz/as (dari berbagai sumber)]/dw.com/id. []

Berita terkait
Bernyanyi Terapi yang Manjur Dukung Penyembuhan Penyakit
Bernyanyi menyokong kesehatan baik fisik maupun psikologis dalam proses penyembuhan penyakit
0
Darmizal: Abdee Slank, Jati Diri Milenial yang Berpotensi
Ketua Umum Relawan Jokowi HM Darmizal MS mengatakan Abdee Slank merupakan jati diri milenila yang memiliki potensi untuk mengambagkan Telkom.