7 Makanan Terbaik Mengobati Flu Perut Disebabkan Norovirus

Flu perut dipicu oleh virus Norovirus. Penderitanya bisa mengonsumsi sejumlah makanan untuk menunjang proses pengobatan.
Ilustrasi Sakit Perut. (Foto: www.raleighob.com)

Jakarta - Flu perut dipicu oleh virus Norovirus. Disebut juga gastroenteritis, penyakit ini bisa menyebabkan mual akut atau diare parah. Ketika mengalaminya, penderitanya bisa mengonsumsi sejumlah makanan tertentu untuk menunjang proses pengobatan.

Mereka yang mengalami flu perut tidak dapat menahan cairan di perut sehingga keluar dalam bentuk feses encer. Kondisi itu akibat dari virus menyebabkan peradangan sehingga infeksi di lambung atau usus.

Mual hingga muntah akut juga menjadi faktor lain yang dialami penderita flu perut. Selain itu, mereka bisa mengalami kram perut hebat, serta nyeri pada bagian otot dan sendi.

Sebab itu penderita flu perut harus memerhatikan asupan makanannya. Pilih yang dapat meredakan gejala dan konsumsi air untuk mengganti elektrolit yang hilang karena diare dan muntah.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut daftar makanan terbaik yang sebaiknya dikonsumsi untuk mengobati flu perut:

1. Pisang

Pisang kaya kalium dan vitamin B6. Kedua kandungan itu bisa memperkuat penderitanya yang sedang mengalami flu perut.

Sifatnya yang mudah dicerna, pisang mampu memberikan energi instan. Sekaligus mengisi kembali kandungan mineral yang hilang dalam tubuh dan menjaga keseimbangan elektrolitik.

Cara konsumsi:

Konsumsi beberapa potong pisang saat Anda merasa mual kemudian tingkatkan jumlahnya perlahan-lahan. Bila Anda tidak suka akan rasanya sehingga memicu makin mual, sebaiknya jangan dilanjutkan. Namun perlu diketahui, makan buah ini selama dua kali sehari ketika infeksi dapat mempercepat radang di lambung atau perut membaik.

PisangIlustrasi pisang (Foto: Pexels) 

2. Jahe

Jahe memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang membantu mengurangi iritasi pada lambung. Ini juga membantu mengurangi muntah dan diare dengan membantu perut mencerna makanan dengan lebih baik.

Cara konsumsi:

Masukan bubuk jahe sebanyak 1 sendok teh ke segelas air hangat dan konsumsi sampai gejala infeksi mereda.

JaheIlustrasi jahe. (Foto: Pixabay/jmexclusives) 

3. Beras atau air beras

Flu perut seringkali membuat tubuh mengalami dehidrasi. Mineral penting yang terbuang karena diare dapat diisi kembali dengan beras atau air beras. Keduanya mengandung nutrisi, membantu melapisi lambung, dan menurunkan keluarnya tinja cair.

Cara konsumsi:

Makan nasi putih atau rebus nasi merah dalam air, tiriskan cairannya dan konsumsi. Anda bisa menambahkan sedikit garam sebagai perasa.

Air Berasilustrasi air beras. (Foto: Getty Images/Thinkstock) 

4. Buah

Tidak bisa sembarang asupan alami diberikan kepada penderita flu perut. Salah satu yang terbaik, buah yang jauh dari rasa asam.

Buah mengisi tubuh Anda dengan nutrisi. Mereka menyediakan energi yang cukup untuk melawan virus flu perut.

Adapun buah-buahan yang rendah asam biasanya yang berjenis penuh air, seperti semangka, melon, pepaya, persik, beri, dan mangga.

Cara konsumsi:

Makan setengah piring buah-buahan segar rendah asam minimal satu atau dua kali sehari.

SemangkaIlustrasi semangka. (Foto: Pixabay/StephanieAlbert) 

5. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang disebut allicin. Senyawa itu bisa membantu penderita flu perut meningkatkan kemampuan sel darah putih untuk melawan infeksi secara efektif. Konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi gejala dan tingkat keparahan infeksi.

Cara konsumsi:

Hancurkan 2-3 siung bawang putih dan konsumsi dengan madu setiap hari.

Bawang PutihBawang butih. (Foto: Pixabay/pameladebutler) 

6. Biskuit

Biskuit atau crackers membantu menenangkan perut sekaligus mengisi kembali nutrisi yang hilang. Biskuit tidak terasa pedas, rendah serat, mengandung karbohidrat sederhana, dan rendah lemak. Sejumlah kandungan itu menjadikannya efektif dikonsumsi karena lembut untuk perut penderita flu perut.

Cara konsumsi:

Konsumsi terutama ketika penderita flu perut atau gastroenteritis merasa mual. Mereka bisa memakannya untuk sarapan atau camilan malam.

Biskuit - crackersIlustrasi biskuit atau crackers. (Foto: Pixabay)

7. Air kelapa

Air kelapa adalah larutan rehidrasi yang sangat baik untuk penderita flu perut yang mengalami diare dan muntah ringan. Pada tahap awal ketika seseorang mengalami gastroenteritis, mengonsumnnya bisa bermanfaat untuk mengisi kembali air yang hilang di dalam tubuh.

Cara konsumsi:

Minumlah air kelapa setiap pagi dalam keadaan perut kosong.

Ilustrasi Air KelapaIlustrasi air kelapa. (Foto: Karibou) 

Berita terkait
Muncul Karena Virus Norovirus, Apa Itu Flu Perut?
Flu perut yang muncul karena virus norovirus, sama sekali tidak tidak berhubungan dengan flu atau influenza.
Kenali Norovirus, Wabah Merebak di China Saat Pandemi Corona
Di balik pandemi virus corona yang belum selesai, merebak wabah baru bernama Norovirus di China.
Berapa Jam Antibodi Muncul Setelah Disuntik Vaksin Corona?
Dokter spesialis penyakit dalam dan vaksinolog menjawab pertanyaan tentang berapa jam antibodi muncul setelah disuntik vaksin corona?
0
Aguero Berharap Bisa Bermain Dengan Messi di Barcelona
Sergio Aguero jadi rekrutan musim panas pertama Barcelona pada musim 2021/2022 dengan transfer bebas dari Manchester City