7 Makanan yang Tidak Boleh Dipanaskan dengan Microwave

Tidak semua makanan boleh dipanaskan dengan microwave, ada beberapa makanan yang bisa menjadi berbahaya jika dihangatkan dalam microwave.
Microwave. (Foto: Tagar/Freepik

Jakarta - Microwave adalah salah satu perabotan dapur yang praktis, karena kita jadi bisa lebih menghemat waktu saat ingin memanaskan makanan daripada menggunakan kompor ataupun oven. Proses memanaskan makanan dengan microwave juga sangat mudah, cukup pilih mode, atur waktu, dan tunggu hingga pengingat waktu berbunyi dan microwave berhenti.

Tetapi, tidak semua makanan boleh dipanaskan dengan microwave. Dikutip dari Brightside, ada 7 makanan yang bisa menjadi berbahaya jika dihangatkan dalam microwave, karena proses pemanasan ini bisa saja merusak makanan  sehingga menjadi berbahaya untuk dikonsumsi. 

Inilah daftar 7 makanan yang tidak boleh dipanaskan dengan microwave.


1. Daging

Daging sangat riskan terhadap radiasi elektromagnetik dari microwave. Sehingga daging yang sudah diolah bisa jadi mengandung beberapa zat yang berbahaya setelah dipanaskan dengan microwave. Memanaskan daging dengan microwave juga akan berdampak pada oksidasi kandungan kolesterol di dalamnya, efeknya akan sangat membahayakan kesehatan tubuh.


2. Ikan

Ikan yang dipanaskan dengan microwave akan mengeluarkan bau amis yang tidak enak sehingga tidak akan bisa dikonsumsi lagi. Sedangkan, daging ikan salmon yang dipanaskan dengan microwave akan menjadi kering dan keras.


3. Unggas

Olahan unggas jangan dipanaskan dengan microwave karena akan merusak cita rasanya. Misalnya, kandungan minyak yang ada pada ayam goreng yang garing akan keluar apabila dipanaskan dengan microwave sehingga akan membuat ayam goreng menjadi sangat berminyak dan kehilangan kerenyahannya.


4. Sayuran

Beberapa sayuran hijau dapat berkurang nutrisinya ketika dipanaskan kembali dengan microwave. Selain itu, radiasi elektromagnetik pada microwave juga bisa berbahaya pada kandungan nitrosamin bayam dan buah bit yang dapat menyebabkan karsinogenik.


5. Buah

Beberapa buah memiliki kandungan yang tidak cocok jika dimasukkan ke dalam microwave. Suhu panas dalam microwave dapat menghilangkan kandungan air pada buah dan ini akan merusak buah.

Microwave juga dapat mengubah anggur segar menjadi tidak layak makan.


6. Nasi

Nasi yang sudah didiamkan pada suhu ruang lebih dari sehari sebaiknya segera dibuang saja, kemungkinan besar sudah mengandung bakteri dan patogen, jadi jangan dipanaskan dengan microwave. Sebab, panas pada microwave tidak cukup untuk membunuh bakteri dan patogen pada nasi. Bakteri dan patogen yang sudah menempel dapat menyebabkan keracunan makanan.


7. Sup Krim

Sup dengan tekstur cair tetap aman jika dipanaskan dengan microwave. Tetapi sup krim yang bertekstur kental jangan dipanaskan dengan microwave, karena panas pada sup krim akan sulit untuk menyebar sehingga menyebabkan penumpukan panas di satu tempat saja, hal ini dapat menyebabkan sup meledak. []


Baca Juga:

5 Makanan Jangan Disantap Malam Jumat, Turunkan Gairah Sex

Cara Praktis dan Aman Mencairkan Daging Beku





Berita terkait
Cara Memasak Sayuran agar Gizinya Tak Hilang
Proses pengolahan sayuran sudah dimulai sejak Anda membersihkan sayuran yang hendak dimasak. Berikut cara memasak sayuran agar gizinya tak hilang.
Makanan Rendah Kalori untuk Diet
Beberapa makanan sehat mengandung kalori rendah untuk diet.
Deretan Makanan yang Bernutrisi Baik untuk Kesehatan Mata
Berikut Tagar rangkumkan 7 jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata, dikutip dari laman Healthline.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.