7 Makanan Korea Selatan Paling Populer yang Wajib Dicoba

Sejumlah kuliner Korea yang disukai banyak orang, seperti kimbap, tteokbokki, odeng, jjajangmeyon, jjampong, dan makanan lainnya yang lezat.
Ilustrasi - Makanan Korea Selatan. (Foto: Tagar/Dok Kuliner)

Jakarta - Tak hanya mengemari artis Korea, tapi beragam makanan asal Korea Selatan juga mengundang nafsu makan membaik. Sejumlah kuliner Korea yang disukai banyak orang, seperti kimbap, tteokbokki, odeng, jjajangmeyon, jjampong, sampai makanan yang dihidangkan khusus untuk keluarga kerajaan. 

Ada banyak sekali ragam kuliner khas Korea Selatan yang dapat Anda temukan saat berkunjung ke negara tersebut. Melansir dari Soompi, ada 7 hidangan yang dianggap sebagai menu klasik. 


1. Tteokbokki

Tteokbokki adalah potongan kue besar yang dimasak dengan saus cabai pedas. Beberapa ada yang menghidangkannya dengan irisan bawang, kue ikan (odeng), dan telur rebus. 

Biasanya tersaji dalam warna kemerahan dan pedas, namun ada juga yang menyediakan Tteokbokki dalam warna dan rasa berbeda. Ada rasa saus kacang hitam, saus alfredo, atau rasa rose


2. Tangsuyuk

Tangsuyuk adalah hidangan khas Cina-Korea Selatan. Menu ini berupa potongan daging yang digoreng dalam rendaman minyak, kemudian ditumis dengan saus asam-manis bersama dengan potongan sayuran seperti bawang dan wortel. 


3. Jjajangmyeon

Mie dengan saus kacang hitam ini merupakan hidangan Cina-Korea yang paling digemari anak-anak dan orang dewasa. Biasanya, menu ini dihidangkan bersama dengan potongan daging dan bawang untuk memperkaya rasanya. Kamu pun akan menemukan 'danmuji' atau acar lobak kuning tersaji pada bagian atasnya.


4. Kimchi Jjigae

Kimchi Jjigae atau sup kimchi ini dianggap sebagai menu klasik Korea Selatan. Ada kimchi, daging, tahu, dan sayuran lainnya yang berkumpul menjadi satu di dalam sup sehingga membuat menu ini jadi favorit. Kimchi Jjiage pun umumnya disantap dengan semangkok nasi putih dan hidangan samping lainnya. 


5. Fried Chicken

Fried Chicken atau ayam goreng tepung di Korea Selatan berbeda dengan yang biasa kamu santap di Indonesia. Ayam goreng tepung di negara ini biasanya terjadi dalam baluran saus yang pedas atau kurang pedas. Ada juga yang memiliki rasa bawang atau honey butter yang gurih-manis.


6. Naengmyeon

Naengmyeon merupakan menu mie dingin yang terbuat dari mie soba dan disajikan dalam kuah kaldu dingin. Sebagian orang menyajikannya bersama dengan potongan lobak, buah pir, telur rebus, daging, dan tambahan cuka atau mustard. 


7. Bibimbap

Bibimbap terdiri dari nasi putih, toge, bayam, telur, daging, wortel, zucchini, timun, jamur, dan sayur lainnya. Kemudian, tambahkan minyak wijen dan biji wijen di atasnya. 

Aduk semuanya menjadi satu, maka hidangan siap disantap! Namun, kamu juga bisa membuat Bibimbap dengan nasi dan sayur atau lauk-pauk yang tersisa dari makan sebelumnya. Masukkan semua dalam satu mangkok dan aduk. 

Nah, itulah tujuh makanan Korea Selatan yang sangat populer dan mudah ditemukan. []

Berita terkait
Resep Membuat Pancake yang Simple
Memiliki kandungan arbohidrat, lemak, dan protein yang tinggi, pancake merupakan rekomendasi untuk sarapan. Cara membuatnya pun mudah.
Resep Sambal Ayam Geprek Ala Restoran
Banyak sekali olahan yang berbahan dasar ayam salah satu olahan ayam yang kini digemari adalah ayam geprek. Berikut resepnya.
Resep Pisang Goreng Kipas Krispi
Pisang Goreng merupakan camilan populer yang nikmat disantap kapan pun. Pisang goreng kipas krispi menambah sensasi dengan kriuk-kriuknya.
0
7 Makanan Korea Selatan Paling Populer yang Wajib Dicoba
Sejumlah kuliner Korea yang disukai banyak orang, seperti kimbap, tteokbokki, odeng, jjajangmeyon, jjampong, dan makanan lainnya yang lezat.