7 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Memasak Nasi

Memasak beras memang terlihat mudah dan sepele, padahal tak semua jenis beras bisa dimasak dengan cara yang sama.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Beras yang dimasak hingga menjadi nasi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang dibutuhkan tubuh. Memasak beras memang terlihat mudah dan sepele, padahal tak semua jenis beras bisa dimasak dengan cara yang sama.

Dikutip dari Insider, inilah 7 kesalahan umum saat memasak nasi yang harus dihindari :


1. Tidak mengukur volume air untuk memasak nasi

Volume air yang digunakan saat memasak nasi perlu diperhatikan. Nasi akan menjadi bubur apabila terlalu banyak air, nasi akan menjadi keras apabila airnya terlalu sedikit. Sebaiknya, gunakan gelas ukur agar takaran airnya pas. Tapi, tidak semua nasi bisa dimasak dengan volume air yang sama, ini tergantung jenis berasnya.


2. Tidak membilas atau merendam beras sebelum dimasak

Sebelum dimasak, bilas beras beberapa kali dengan air dingin yang mengalir. Bilas sampai airya tidak lagi keruh dengan kelebihan pati. Ini adalah cara yang terbaik agar nasi tidak terlalu menggumpal. Tapi, pembilasan seperti ini jangan dilakukanpada beras risotto. Karena Sebagian besar resep risotto bergantung pada kelebihan pati yang membuat hidangan ini jadi enak dan lembut.

Sedangkan, perendaman sebelum dimasak sangat penting dilakukan untuk beras aromatik, seperti beras basmati dan melati. Tapi, jangan lakukan perendaman untuk beras sushi, cukup dibilas saja sampai empat kali, tiriskan, dan diamkan di saringan selama satu jam sebelum dimasak agar menghasilkan nasi yang sempurna untuk diaduk nanti dengan saus cuka.


3. Memasak semua jenis beras dengan cara yang sama

Kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam memasak nasi adalah berpikir bahwa semua jenis beras bisa dimasak dengan cara yang sama, padahal tidak demikian.

Memasak beras merah membutuhkan waktu masak yang lebih lama dan sedikit lebih banyak air daripada memasak beras putih. Lain lagi dengan cara memasak beras aromatik seperti basmati dan melati, sebelum dimasak beras aromatik perlu direndam dulu.

Beras jenis basmati dan melati ini memerlukan perendaman. Kedua varietas ini memiliki aroma yang lembut dari kedua varietas tersebut. Memasak beras ini menghancurkan aroma tersebut, tetapi manfaat perendaman beras ini adalah untuk membantu mempersingkat waktu memasak dan mempertahankan aromanya.


4. Memasak nasi diatas kompor gas dengan suhu yang salah

Saat memasak nasi di atas kompor gas, gunakanlah api terkecil. Didihkan nasi terlebih dahulu, lalu tutup panci dan kecilkan api sampai ke pengaturan terendah.

Gunakan pengatur waktu untuk memastikan durasi memasak akurat. Kita bisa melakukan sesuatu yang lain sambil menunggu nasi selesai dimasak.

Memasak nasi dengan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan nasi matang tidak merata. Bagian luarnya mungkin lembut, tapi bagian dalamnya masih keras dan mentah.


5. Tidak membumbui nasi

Mana yang lebih baik? membumbui air beras atau membumbui nasi yang sudah jadi? Kita dapat memilih salah satunya atau keduanya jika suka. Yang paling penting adalah bumbui di beberapa titik. Lakukan ini untuk nasi pasta dan nasi jepang yang digunakan untuk sushi.


6. Tidak mengaduk dan mengistirahatkan nasi sebelum disajikan

Setelah selesai dimasak, nasi harus diaduk dengan garpu atau sendok nasi setelah agar nasi tidak menggumpal dan bulirnya akan terlihat lebih berbeda saat disajikan. Untuk mendapatkan tekstur yang optimal, istrahatkan nasi sekitar 10 menit setelah selesai dimasak lakukan ini untuk semua jenis beras


7. Memeriksa nasi saat masaknya

Memasak nasi di rice cooker membuat kita tak perlu memeriksanya karena sudah otomatis. Tetapi, jika kita memasak nasi di atas kompor, kita mungkin tergoda untuk mengangkat tutupnya dan mengintipnya. Hal ini jangan dilakukan, karena dengan membuka tutup panci, berarti kita telah mengeluarkan uap dan menurunkan suhu di dalam panci. Nasi juga tidak perlu diaduk saat dimasak karena dapat menghancurkan butiran dan nasi menjadi lembek seperti bubur. []


Baca Juga:

Makanan Sehat untuk Orang Tua Usia 50 Tahun ke Atas

Tips Pentingnya Memperhatikan Produk Makanan Sehat

Makanan Sehat untuk Anak Terhindar dari Corona

Jenis Makanan Sehat Bikin Tubuh Sixpack




Berita terkait
5 Kesalahan Memasak Sayuran yang Bisa Hilangkan Nutrisi
Kita sering melakukan beberapa kesalahan saat memasak sayuran, ini akan menghilangkan nutrisi pada sayuran.
Cara Memasak Sayuran agar Gizinya Tak Hilang
Proses pengolahan sayuran sudah dimulai sejak Anda membersihkan sayuran yang hendak dimasak. Berikut cara memasak sayuran agar gizinya tak hilang.
Cara Memasak Daging Agar Tidak Bau
Banyak orang yang menyukai makan daging sapi atau kambing apalagi rasa dan teksturnya yang lembut. Berikut cara memasak daging agar tak bau.
0
Prakiraan Cuaca Jakarta, Jumat 3 September 2021
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan prakiraan cuaca Jakarta, Jumat 3 September 2021.