7 Kebiasaan Hidup yang Bisa Berpengaruh pada Kulit

Beruntungnya, faktor-faktor ini bisa kamu kendalikan. Berikut kebiasaan dan faktor lingkungan yang bisa berpengaruh pada kulit.
Illustrasi foto berolahraga (Foto: Tagar/Pexels/Nathan Cowley)

Jakarta - Hanya karena rutin menggunakan rangkaian skincare, bukan berarti kulitmu benar-benar terlihat sempurna. Tidak hanya produk-produk skincare yang kamu gunakan memiliki pengaruh pada kulit, tetapi juga gaya hidup yang kita jalani dan kebiasaan yang kita bentuk juga mempengaruhi.

Beruntungnya, faktor-faktor ini bisa kamu kendalikan. Berikut kebiasaan dan faktor lingkungan yang bisa berpengaruh pada kulit.


Stres

Setiap orang pernah berada di kondisi stres. Hal ini sudah seperti menjadi wajar. Ternyata stres memiliki dampak besar pada kesehatan fisik, termasuk kulit. Ketika stres, tubuh akan melepaskan hormone kortisol, seperti kortisol meningkatkan produksi keringat dan menekan sistem kekebalan tubuh.

Keringat yang berlebih dapat menyumbat pori-pori. Hal ini sangat berbahaya bagi orang yang mempunyai kulit dengan kondisi peradangan atau eczema.


Diet

Vitamin C, asam lemak esensial, probiotil, dan beberapa nutrisi yang ditemukan dalam sayuran, buah-buahan, atau kacang-kacangan adalah dasar tubuh yang sehat, begitu juga dengan kulit yang sehat. Diet terbaik untuk kulit sehat berfokus pada makanan yang kaya nutrisi.


Olahraga

Diet dan olahraga adala kombinasi yang membuat tubuh menjadi sehat. Ketika jantung berdetak lebih cepat, pembuluh darah mengembang dan membawa lebih banyak oksigen dan nutrisi ke sel-selmu, termasuk sel-sel kulit.

Kebiasaan setelah berolahraga juga mempengaruhi kesehatan kulit. Mandi, mencuci wajah, dan mengganti pakaian sesegera mungkin setelah olahraga selesai. Jika terlalu lama membiarkan keringat pada tubuh, dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan iritasi.


Tidur

Tidur yang cukup tidak hanya penting untuk kesehatan fisik dan mental, tetapi juga kesehatan kulit. Jika kamu hanya tidur kurang dari enam jam, bisa memberi dampak negatif pda kulit. Tidur memberi waktu kulit untuk regenerasi dan pemulihan.

Produk-produk skincare yang kamu gunakan sebelum tidur dapat mempunyai waktu untuk masuk ke dalam pori-pori kulit secara mendalam. Cukup tidur dapat memberi kulit bercahaya dan mengurangi munculnya keriput, lingkaran bawah mata yang gelap, dan bengkak.


Merokok dan Minum Alkohol

Nikotin dapat mempersempit pembuluh darah dan mengurangi aliran darah ke seluruh sel. Berbagai bahan kimia dalam rokok juga dapat mengurangi kolagen dan elastin kulit. Mungkin kamu akan mengalami kulit kering, dehidrasi, atau keriput setelah mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan. Jika kamu mengonsumsinya setiap malam, pertimbangkan kembali demi kesehatan kulitmu.


Polusi

Ketika terkena polusi udara, seperti kabut asap, jelaga, atau polusi lainnya, partikel-partikelnya dapat masuk ke pori-pori. Dampak jangka pendeknya pada kulit menyebabkan iritasi, pori-pori tersumbat, dan jerawat. Jika terus-menerus terkena polusi secara konsisten dapat menyebabkan hilangnya elastisitas dan penuaan dini.

Jika kamu berada di lingkungan yang dipenuhi polusi, pastikan menggunakan produk antioksidan yang kuat, seperti vitamin C dan E yang bisa melawan radikan bebas dan tidak lupa menggunakan sunscreen minimal SPF 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


Iklim

Jika kamu mendapati kondisi kulit lebih kering pada musim dingin dan mudah berjerawat pada musim panas, mungkin itu karena perubahan iklim. Iklim panas dan lembab menyebabkan lebih banyak produksi keringat, dapat menyumbat pori-pori dan mudah berjerawat jika tidak dirawat dengan benar. Iklim yang dingin dan beragin bisa menghilangkan kelembaban kulit dan membuatnya kering, gatal, dan iritasi.

Memakai pelembab tekstur berat dan tebal, serta dengan bahan hyaluronic acid ketika cuaca dingin. Ketika musim panas, pastikan membersihkan wajah setiap hari. Jangan mengabaikan pelembab bahkan jika jenis kulitmu berminyak. Jangan lupa menggunakan sunscreen setiap hari.[]


(Retno Ayuningrum)

Baca Juga:

Berita terkait
Tak Ada Nori, Telur pun Jadi! Ini Resep Kimbab Kulit Telur
Kini banyak menu kreasi kimbab yang bermunculan di beberapa negara seiring berjalannya waktu. Ini resepnya yang perlu kamu coba di rumah.
Ragam Khasiat Minyak Arga untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit
Mendengar kata minyak argan, mungkin sebagian masih asing. Minyak argan berasal dari pohon argan yang banyak ditemui di Maroko.
Jenis Bunga yang Dikenal Bermanfaat Bagi Kesehatan Kulit
Bunga merupakan salah satu bahan yang sering dipakai dalam pembuatan produk kecantikan. Berikut jenis bunga yang bermanfaat bagi kulit.
0
Tanggapi Keluhan Warga, Mensos Risma Gunakan Teknologi dalam Pencarian Air Bersih
Menteri Sosial Tri Rismaharini langsung mengunjungi kediaman Niwa Lepir di Desa Pambotanjara, Kecamatan Kota Waingapu.