7 Keajaiban Dunia Versi yang Baru

Selain 7 Keajaiban Dunia versi antik, kini ada 7 Keajaiban Dunia versi baru yang mengesankan di seluruh dunia
Machu Picchu – Peru (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Selain 7 Keajaiban Dunia versi antik, kini ada 7 Keajaiban Dunia versi baru. Daftar lokasi mengesankan di seluruh dunia yang baru ini didasarkan pada polling popularitas online yang dimulai pada tahun 2001. Matthias Beckonert menuliskannya untuk dw.com/id.

Taj Mahal – IndiaTaj Mahal – India (Foto: dw.com/id)

Taj Mahal (India) - Taj Mahal di Agra, India, berhasil masuk dalam daftar 7 Keajaiban Dunia yang Baru. Dianggap sebagai mahakarya arsitektur, makam marmer putih abad ke-17 menarik sampai delapan juta wisatawan per tahun. 7 keajaiban dunia yang baru adalah hasil polling popularitas online yang dimulai tahun 2001 hingga 2007. Lebih 90 juta orang memberikan suara mereka dari daftar 21 monumen pilihan.

Petra - YordaniaPetra - Yordania (Foto: dw.com/id)

Petra (Yordania) - Dijuluki Kota Mawar, Petra punya makam dan kuil yang diukir di tebing batu pasir merah muda. UNESCO mendeskripsikan ini salah satu kekayaan paling berharga dari warisan budaya manusia." Bernard Weber terinspirasi untuk memulai polling 7 Keajaiban Dunia yang Baru, setelah Taliban menghancurkan dua patung Buddha yang diukir serupa di Bamiyan, Afghanistan, pada tahun 2001.

Tembok Besar – ChinaTembok Besar – China (Foto: dw.com/id)

Tembok Besar (China) - Orang China menyebutnya "Tembok Panjang". Struktur yang terbuat dari semen, batuan, bata, dan tanah ini bertujuan melindungi bagian utara kekaisaran China dari serangan musuh. Membentang 21.196 kilometer Tembok Besar ini merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibangun oleh manusia. Berbeda dengan mitos, Tembok Besar China sejatinya tidak dapat dilihat dengan mata telanjang dari angkasa  luar.

Chichen Itza – MeksikoChichen Itza – Meksiko (Foto: dw.com/id)

Chichen Itza (Meksiko) - Terletak di Semenanjung Yucatan Meksiko, Chichen Itza terkenal dengan piramida yang sebagian besar diperkuat bagian tengahnya. Itu adalah pusat agama-politik kekaisaran Maya, yang menjelaskan perpaduan berbagai gaya arsitektur dari berbagai daerah. Namun, Chichen Itza jarang sepi seperti yang terlihat pada gambar ini: jutaan turis datang ke sini setiap tahun pada saat ekuinoks musim semi.

Machu Picchu – PeruMachu Picchu – Peru (Foto: dw.com/id)

Machu Picchu (Peru) – Machu Picchu adalah sumber pendapatan pariwisata bagi Peru. Tapi serbuan ribuan turis menyebabkan kerusakan permanen pada kota kuno Inca ini. Di saat politisi lokal ingin meningkatkan jumlah turis dengan kereta gantung dan lift, UNESCO menuntut aturan yang lebih ketat dan lebih sedikit pengunjung. Perluasan infrastruktur di sekitar Machu Picchu telah berulang kali mengakibatkan tanah longsor.

Colosseum – ItaliaColosseum – Italia (Foto: dw.com/id)

Colosseum (Italia) - Colosseum adalah satu-satunya bangunan di Eropa yang masuk dalam daftar tujuh keajaiban dunia baru. Bangunan untuk pertarungan gladiator dan pertempuran hewan di Roma kuno. Dibangun dengan ruang bawah tanah, interiornya disebut sebagian bisa digenangi air untuk ciptakan adegan pertempuran laut. Saat ini, amfiteater itu jadi salah satu daya tarik wisata utama di Roma. .

Patung Kristus Sang Penebus – BrasilPatung Kristus Sang Penebus – Brasil (Foto: dw.com/id)

Patung Kristus Sang Penebus (Brasil) - Berdiri setinggi 30 meter dengan bobot 1.145 ton dan dengan total rentang lengan 28 meter, "Cristo Redentor" yang monumental berdiri menjaga Rio de Janeiro di Bukit Corcovado. Patung ikonik Kristus Sang Penebus, yang selesai dibangun pada tahun 1931, mengalahkan pesaingnya dalam polling online, sebagian karena negara bagian Brasil secara aktif menggalang dukungan untuk itu.

Piramida di Giza – MesirPiramida di Giza – Mesir (Foto: dw.com/id)

Piramida di Giza (Mesir) – Piramida Giza adalah satu-satunya keajaiban dunia kuno yang masih berdiri sampai sekarang. Sejarawan Yunanilah yang memulai praktik membuat daftar keajaiban, dan setelah penaklukan oleh Yunani orang juga mengenal struktur Mesir, Persia, dan Babilonia. Apa yang sekarang kita kenal sebagai "tujuh keajaiban dunia kuno" baru didefinisikan setelahnya.

Kastil Neuschwanstein – JermanKastil Neuschwanstein – Jerman (Foto: dw.com/id)

Kastil Neuschwanstein (Jerman_ - Kastil Neuschwanstein gagal masuk tujuh besar. Dibangun tahun 1869 oleh Raja Bayern Ludwig II, kastil di wilayah Allgäu hanya menempati urutan kedelapan. Inisiatif "Keajaiban Dunia untuk Jerman" menyalahkan warga Jerman atas kurangnya dukungan mereka. Kebanyakan yang mendukung kastil ini adalah orang Jepang dan Korea (dw.com/id). []

Berita terkait
5 Fakta Unik Menara Pisa, Salah Satu Keajaiban Dunia
Selain kondisinya yang miring, berikut fakta unik tentang Menara pisa, bangunan ikonik di Italia.
Mengenal Piramida Giza, Destinasi Wisata Keajaiban Dunia
Berencana berwisata ke mesir? berikut cara menuju Piramida Giza, destinasi wisata populer di Mesir.
0
7 Keajaiban Dunia Versi yang Baru
Selain 7 Keajaiban Dunia versi antik, kini ada 7 Keajaiban Dunia versi baru yang mengesankan di seluruh dunia