UNTUK INDONESIA
7 Kapolres di Sumbar Dimutasi, 1 Direktur Polda
Tujuh Kapolres dan seorang Direktur di Polda Sumatera Barat berganti.
Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto. (Foto: Tagar/Dok.Humas Polda Sumbar)

Padang - Roda mutasi bergulir di Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia. Ratusan polisi dari perwira tinggi hingga menengah berganti posisi, termasuk tujuh Kapolres dan satu Direktur di lingkungan Polda Sumatera Barat (Sumbar).

Betul, ada pergantian sejumlah Kapolres dan satu penjabat utama di wilayah hukum Polda Sumbar.

Pergantian posisi ini tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor: ST/2247/VIII/KEP./2020, ST/2248/VIII/KEP./2020 dan ST/2250/VIII/KEP./2020 tanggal 3 Agustus 2020 yang ditandatangani Asisten SDM Kapolri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Delapan perwira menengah yang dimutasi di jajaran Polda Sumbar adalah Kapolresta Padang, Kombes Yulmar Try Himawan ditarik menjadi Analis Utama Tingkat II Baintelkam Polri dalam rangka mengikuti Sespimti Polri. Posisi Kapolresta Padang ditempati Kabagdalops Roops Polda Sumbar, AKBP Imran Amir.

Kapolres Kapolres Bukittinggi AKBP Iman Pribadi Santoso dimutasi ke Mabes Polri menjadi Kasi Invidrek Subdit Jemenopsrek Ditkamsel Korlantas Polri. Posisi Iman dijabat AKBP Dody Prawiranegara yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Kepulauan Mentawai.

Pengganti Dody di Mentawai adalah AKBP Mu'at yang berposisi sebagai Kasiopsnal Subditintelair Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri.

Selanjutnya, Kapolres Pesisir Selatan AKBP Cepi Noval pindah tugas sebagai Kabagbinkar Rosdm Polda Sumbar. Penggantinya dipercayakan kepada Kapolres Limapuluh Kota AKBP Sri Wibowo.

Posisi yang ditinggalkan Sri Wibowo ditempati oleh AKBP Trisno Eko Santoso yang sebelumnya menjabat Kasubdit Binsatpam/Polsus Ditbinmas Polda Kalimantan Barat (Kalbar).

Kemudian, AKBP Hendri Yahya yang menjabat Kapolres Pasaman mutasi sebagai Kabag Wassidik Ditreskrimum Polda Sumbar. Posisi yang ia tinggalkan digantikan oleh Kasubdit IV Ditintelkam Polda Sumbar AKBP Dedi Nur Andriansyah.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan ditarik ke Mabes Polri sebagai Kasubbag Renmin Dittipid Narkoba Bareskrim. Penggantinya Koorspripim Polda Sumbar AKBP Alex Prawira.

Terakhir, Direktur Reserse Narkoba Polda Sumbar Kombes Ma'mun pindah tugas menjadi Kasubdit V Dittipideksus Bareskrim Polri. Penggantinya Kombes Wahyu Sri Bintoro yang sebelumnya menjabat Kabagkhirdin Rowatpers SSDM Polri.

"Betul, ada pergantian sejumlah Kapolres dan satu penjabat utama di wilayah hukum Polda Sumbar," kata Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto, Rabu, 4 Agustus 2020.

Menurut Satake, perpindahan tugas dan pergeseran posisi di tubuh Polri merupakan hal wajar yang rutin dilaksanakan selama dalam interval waktu tertentu.

"Tujuannya untuk kebutuhan organisasi, tour of duty dan tour of area, serta untuk menghadapi tantangan, perubahan zaman yang semakin kompleks dan dinamis di masa yang akan datang," tuturnya. []

Berita terkait
ASN Sumbar yang Dinas Luar Provinsi Wajib Tes Swab
Seluruh ASN di Sumatera Barat diwajibkan melakukan tes swab pulang dari dinas luar provinsi.
Melonjak Lagi, 17 Warga Sumbar Positif Corona
Kasus virus corona di Sumatera Barat kembali bertambah. 17 warga dilaporkan positif terpapar Covid-19.
3 Parpol Bentuk Poros Baru Pilkada Sumbar
Tiga partai politik di Sumatera Barat sepakat membentuk poros baru di Pilkada 2020.
0
7 Kapolres di Sumbar Dimutasi, 1 Direktur Polda
Tujuh Kapolres dan seorang Direktur di Polda Sumatera Barat berganti.