7 Jenis Olahraga untuk Menaga Kesehatan Mata

Olahraga ini juga bisa dilakukan sebagai terapi untuk mata minus.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta – Adanya kebijakan WFH (Work From Home) yang mengharuskan orang-orang bekerja atau belajar dari rumah karena pandemi Covid-19 yang belum usai, membuat orang-orang kini lebih banyak menghabiskan waktunya di depan gadget, seperti ponsel, laptop, komputer, dan lain-lain.

Sadar atau tidak sadar, kebiasaan baru ini dapat berakibat buruk bagi para pengguna gadget, terutama mereka yang menghabiskan waktu hingga belasan jam di depan layar setiap harinya, hal ini bisa menganggu kesehatan mata.

Berikut ini adalah 7 jenis olahraga mata yang dibagikan akun Instgaram resmi @doctor.online. Olahraga mata tentu dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata dan juga bisa dilakukan sebagai terapi untuk mata minus.


1. Mengistirahatkan mata sejenak

Mata yang terpapar cahaya gadget selama berjam-jam dan terus menerus tentu akan mengalami kelelahan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah otot-otot mata yang mulai lemah adalah dengan memejamkan mata sejenak. Setelah menatap layar dalam jangka waktu yang lama, mata perlu diistirahatkan selama beberapa menit.


2. Memutar bola mata

Memutar bola mata searah jarum jam dapat meningkatkan kemampuan otot mata, sehingga penglihatan menjadi lebih baik.

Cara melakukannya adalah dengan duduk rileks dan nyaman, melihat pojok mata kanan, kemudian melihat ke atas, ke kiri, dan ke bawah mengikuti arah jarum jam.


3. Fokus pada satu titik

Olahraga mata yang satu ini dapat dilakukan sambil duduk maupun berdiri.

Cara melakukannya dengan memusatkan pandangan ke depan, kemudian melihat dan fokus pada satu titik tertentu selama satu sampai dua menit.


4. Melihat maju-mundur

Cara melakukan olahraga ini adalah dengan berdiri atau duduk tegak, kemudian memegang pensil di depan mata.

Fokuskan penglihatan pada ujung pensil, setelah itu gerakan pensil tersebut maju-mundur dan selalu fokus pada ujung pensil.


5. Fokuskan jari di hidung

Olahraga ini dapat dilakukan dengan duduk bersila senyaman mungkin. Fokuskan penglihatan ke ujung hidung, sehingga pandangan lain di sekitar hidung menjadi kabur. Setelah itu, jari telunjuk secara perlahan diletakkan di depan hidung hingga ujung jari terlihat fokus. Lakukan hal tersebut berulang-ulang selama 1 menit secara teratur.


6. Berkedip secara terus menerus selama 1 menit

Berkedip dapat berfungsi untuk menjaga kelembaban mata. Kondisi mata kering akan memudahkan debu masuk dan menyebabkan iritasi. Oleh karena itu, olahraga ini dapat dilakukan terutama oleh mereka yang sering terpapar udara dingin, seperti ketika berada di dalam ruangan ber-AC. Cara melakukannya dengan mengedipkan mata secara teratur selama 30 hingga 60 detik.


7. Memijat Mata

Olahraga ini harus dilakukan dengan lembut dan hati-hati. Memijat mata terlalu keras dapat menyebabkan iritasi. Cara melakukan olahraga ini dengan duduk tegak dan nyaman, kemudian mata dipejamkan. Dua jari telunjuk dan jari tengah diletakkan di masing-masing kelopak mata. Kemudian buat gerakan memijat dengan gerakan memutar selama 10 detik. Setelah kelopak mata, lakukan hal yang sama di bawah bola mata untuk mengurangi keletihan pada mata. []


Baca Juga :








Berita terkait
Kenali Dampak Negatif Softlens Terhadap Kesehatan Mata
Softlens bisa mengakibatkan alergi atau bahkan infeksi karena pemakaian yang terlalu lama,
Deretan Makanan yang Bernutrisi Baik untuk Kesehatan Mata
Berikut Tagar rangkumkan 7 jenis makanan yang baik untuk kesehatan mata, dikutip dari laman Healthline.
Cara Efektif Menjaga Kesehatan Mata dengan Rumus 20-20
Penerapan rumus 20-20 tersebut untuk menjaga mata agar tidak terjadi kelainan refraksi seperti mata minus, plus, atau silinder.
0
Pemerintah Undur Libur Nasional Maulid Nabi Muhammad SAW
peringatan maulid Nabi Muhammad SAW tetap diperingati pada selasa 19 Oktober 2021, yang bergeser hanya hari libur nasionalnya.