7 Jenis Makanan yang Mengandung Zinc

Zinc adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan yang baik. Berikut makanan yang mengandung zinc.
Ilustrasi - Jenis makanan yang mengandung zinc. (Foto: Tagar/Sehat)

Jakarta - Zinc adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan yang baik. Mineral ini juga diperlukan untuk mendukung fungsi enzim dan banyak proses penting lainnya dalam tubuh.

Karena  tubuh tidak menyimpang zinc, hal itulah yang membuat Anda harus mendapatkan asupan yang cukup dari makanan sehari-hari atau suplemen. Berikut adalah berbagai makanan yang mengandung zinc.


1. Daging

Daging merah adalah makanan yang banyak mengandung zinc dan dapat ditemukan di semua jenis daging seperti daging sapi, domba, dan babi

Faktanya, 100 gram daging giling mentah mengandung 4,8 mg zinc. Selain zinc, daging merah juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti zat besi, vitamin B, dan kreatin. 


2. Telur 

Makanan yang mengandung zinc berikutnya dan mudah Anda dapatkan adalah telur. Telur mengandung zinc dalam jumlah sedang sehingga dapat membantu memenuhi asupan harian. Selain itu, telur juga mengandung kalori, protein, lemak sehat, vitamin B, selenium, dan kolin 


3. Kentang 

Secara umum, buah-buahan dan sayuran bukanlah sumber zinc yang optimal. Namun, beberapa sayuran mengandung jumlah yang wajar dan dapat berkontribusi untuk kebutuhan zinc sehari-hari Anda, terutama jika Anda tidak makan daging. 

Meskipun sayuran tidak mengandung banyak zinc, konsumsi makanan yang kaya sayuran telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker. 


4. Kerang-kerangan 

Kerang-kerangan adalah sumber zinc yang sehat dan rendah kalori. Oysters mengandung nutrisi yang tinggi, 6 oysters menyediakan 32 mg zinc. 

Sumber zinc selain oysters adalah kepiting, kerang hijau, dan udang, di mana semuanya dapat berkontribusi pada kebutuhan zinc harian Anda. 


5. Biji-bijian

Biji-bijian adalah asupan sehat yang juga dapat membantu meningkatkan asupan zinc harian Anda. Misalnya, 3 sendok makan (30 gram) biji rami mengandung 31 % dan 43 % dari asupan harian yang direkomendasikan untuk pria dan wanita. 

Biji lain yang mengandung sejumlah besar zinc termasuk labu dan biji wijen. Selain meningkatkan asupan zinc, biji-bijian mengandung serat, lemak sehat, vitamin, dan mineral, sehingga menjadikannya tambahan yang sangat baik untuk diet.  


6. Kacang-kacangan

Makan kacang-kacangan seperti kacang pinus, kacang tanah, kacang mete, dan almond dapat membantu meningkatkan asupan zinc harian Anda. 

Kacang juga mengandung nutrisi sehat lainnya, termasuk lemak, serat sehat, serta sejumlah vitamin dan mineral lainnya. Jika Anda mencari kacang tinggi zinc , kacang mete adalah pilihan yang baik. 


7. Produk Olahan Susu

Produk olahan yang berasal dari susu seperti keju menyediakan sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, termasuk zinc. Susu dan keju adalah dua sumber penting, karena mengandung bioavailable zinc dalam jumlah tinggi, yang berarti sebagian besar zinc dalam makanan ini dapat terserap baik dalam tubuh. 

Produk olahan ini juga dilengkapi dengan sejumlah nutrisi lain yang dianggap penting untuk kesehatan tulang, termasuk protein, kalsium, dan vitamin D. []



Berita terkait
5 Manfaat Buah Plum yang Ampuh untuk Diet
Bahkan tak sedikit pula yang menggunakan obat kimia sebagai langkah langsung menuju diet. Namun, kadang mendapatkan hasil yang tak diinginkan.
Jangan Sepelekan, Ini Dia Manfaat Tahu yang Baik untuk Tubuh
Sama halnya dengan tempe, tahu juga masuk kategori makanan yang murah, menyehatkan, dan memiliki kalori yang sangat rendah.
Kerap Dianggap Mistik, Ini Sederet Manfaat Bunga Melati
Karena kandungannya yang baik untuk kecantikan, bunga melati banyak diolah menjadi berbagai produk seperti lotion dan aromaterapi.
0
7 Jenis Makanan yang Mengandung Zinc
Zinc adalah salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mendukung kesehatan yang baik. Berikut makanan yang mengandung zinc.