7 Gol Aston Villa ke Gawang Liverpool, Rekor Terburuk Klopp

Aston Villa tak memberi ampun dan mengalahkan Liverpool 7-2. Ini kekalahan terburuk dalam sejarah Liverpool sekaligus manajer Juergn Klopp.
Aston Villa tampil gemilang untuk mengalahkan Liverpool 7-2 di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Villa Park, Senin, 5 Oktober 2020 dini hari WIB. Tampak striker Villa Ollie Watkins (tengah) merayakan gol di laga itu. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Jakarta - Aston Villa tak memberi ampun kepada Liverpool. Sang juara dipermalukan Villa 7-2 di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Villa Park, Senin, 5 Oktober 2020 dini hari WIB. Ini menjadi catatan kekalahan terburuk manajer Juergen Klopp dan Liverpool. 

Villa menuju 'surga ke-7'. Saat menghadapi Liverpool, mereka memang berharap bisa menang karena bermain di kandang sendiri. Persoalannya, tuan rumah menghadapi tim yang yang berada dalam kondisi bugar karena Klopp merotasi pemain saat menghadapi Arsenal di Piala Liga. Di pertandingan itu, Liverpool yang turun dengan sebagian pemain cadangan dikalahkan Arsenal lewat adu penalti.  

Namun Villa tak menyangka bisa menaklukkan Liverpool dengan skor telak. Mereka menghajar juara Liga Champions 2019 dan Liga Premier 2020 sampai 7 gol. 

Menurut Evening Standard, ini menjadi kekalahan terburuk dalam sejarah Liverpool. Pasalnya selama ini tim belum pernah kebobolan lebih dari setengah lusin gol. Kekalahan itu jelas menodai pencapaian gemilang The Reds. Apalagi, sebelumnya mereka menaklukkan 2 tim big six, Chelsea dan Arsenal. 

Tak hanya itu, kekalahan 7 gol juga menjadi catatan buruk Klopp. Mantan manajer Borussia Dortmund ini tak pernah mengalami kekalahan sampai banyak gol dalam kariernya sebagai manajer/pelatih tim.

Sebaliknya, Villa mencatat rekor sempurna selama 3 laga pertama. Mereka selalu meraih kemenangan sehingga bisa bertengger di peringkat 2 dengan poin 9. Sementara Everton yang memiliki poin 12 menduduki puncak klasemen. Everton juga meraih semua kemenangan dari 4 pertandingan yang dilakoni. 

Villa vs LiverpoolStriker Aston Villa Ollie Watkins (kiri) saat memanfaatkan blunder kiper Liverpool Adrian dengan merebut bola untuk mencetak gol di pertandingan Liga Premier Inggris d Stadiion Villa Park, Senin, 5 Oktober 2020 dini hari WIB. Villa menang 7-2 di laga itu. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Villa memiliki poin sama dengan Leicester City, Arsenal, dan Liverpool. Namun The Villans memiliki selisih gol terbaik di antara mereka. Selain itu, Jack Grealish dkk juga baru menyelesaikan 3 pertandingan. Sementara, 3 tim lainnya termasuk Everton sudah menjalani 4 pertandingan. 

Pencapaian Villa di pekan-pekan pertama ini memang mengesankan. Kontras bila dibandingkan musim lalu karena mereka hanya berkutat di papan bawah. Bahkan Villa nyaris terdegradasi meski akhirnya terhindar dari ancaman itu menjelang akhir kompetisi. 

Pemain Anyar Villa Cetak Hat-trick

Di laga itu, pemain anyar Villa Ollie Watkins menunjukkan performa terbaik dengan mencetak hat-trick. Pemain yang direkrut dari klub Divisi Championship Brentford FC ini menjadi yang pertama dalam satu dekade yang mampu mencetak trigol ke gawang Liverpool. 

Striker Manchester United Dimitar Berbatov menjadi pemain terakhir yang melakukannya pada 19 September 2010. Berbatov 3 kali membobol gawang Liverpool dalam laga di Old Trafford. 

Villa vs LiverpoolPemain Liverpool Roberto Firmino (kiri) dkk tampak kecewa setelah kemasukan gol di pertandingan melawan Aston Villa di Liga Premier Inggris di Stadiion Villa Park, Senin, 5 Oktober 2020 dini hari WIB. Villa menang 7-2 di laga itu. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Tampil di kandang sendiri, Villa mampu memanfaatkan absennya para pilar Liverpool seperti Sadio Mane dan Thiago Alcantara yang positif Covid-19. Apalagi di saat-saat terakhir, The Kop juga kehilangan kiper andalan Alisson Becker yang cedera bahu. Posisi kiper tim nasional Brasil ini pun digantikan Adrian San Miguel yang gagal tampil maksimal. 

Bagaimana tidak, pertandingan baru berjalan 4 menit Adrian sudah melakukan blunder. Umpan kiper kepada bek Joe Gomez berhasil direbut Jack Grealish. Dia kemudian meneruskannya kepada Watkins yang tanpa kesulitan membobol gawang Liverpool. 

Gol cepat itu langsung menaikkan motivasi dan semangat pemain Villa. Hasilnya, mereka memperbesar keunggulan di menit 22. Watkins mencetak gol ke-2 di laga itu setelah tendangan ke sudut gawang gagal diselamatkan kiper Adrian. 

Villa makin tak terbendung. Pada menit 39, sundulan Watkins yang menyambut umpan Trezeguet melengkapi . Skor berubah menjadi 4-1 saat babak pertama berakhir.Liverpool sempat memperkecil ketinggalan lewat gol Mohamed Salah yang memanfaatkan bola rebound pada menit 33. Namun Villa yang sudah percaya diri langsung menjawab dengan gol ke-3. Kali ini, tendangan voli John McGinn yang sempat membentur bek Virgil van Dijk membuat bola berbelok arah dan mengecoh Adrian.

Villa makin tak terbendung. Pada menit 39, sundulan Watkins yang menyambut umpan Trezeguet melengkapi hat-trick. Skor berubah menjadi 4-1 saat babak pertama berakhir.

Di babak ke-2, Liverpool mencoba bangkit. Namun mereka sudah kesulitan menghadapi permainan apik dari tim asuhan Dean Smith ini yang tetap tampil disiplin dan tak membiarkan lawan mengembangkan permainan. 

Terbukti, Villa berhasil menambah gol. Gelandang anyar Ross Barkley yang dipinjam dari Chelsea melakukan debut gemilang dengan membobol gawang tim tamu. Gol Barkley tercipta di menit 55. 

Liverpool masih bisa menambah gol untuk memperkecil ketertinggalan di menit 60. Gol kembali dihasilkan Salah dan skor berubah menjadi 5-2. 

Namun Villa sudah tak terbendung. Tuan rumah menambah gol melalui Grealish yang menyelesaikan umpan Watkins di menit 66. Gol tercipta setelah sepakan Grealish sempat mengenai badan Fabinho sehingga mengecoh Adrian. 

Grealish mencetak gol ke-2 di laga itu setelah lolos dari jebakan offside di menit 75. Skor berubah menjadi 7-2 bagi Villa dan bertahan sampai akhir laga. []

Berita terkait
Dinyatakan Positif, Liverpool Tanpa Sadio Mane Lawan Villa
Pemain depan Liverpool Sadio Mane dinyatakan terkena Covid-19 sehingga absen melawan Aston Villa. Sebelumnya, Thiago Alcantara juga positif corona.
Klasemen Liga Inggris, Kemenangan Aston Villa dan Man City
Aston Villa dan Manchester City meraih kemenangan atas lawan-lawannya di Liga Premier Inggris. Keduanya pun menduduki papan tengah di klasemen.
Adu Penalti Lagi, Arsenal Singkirkan Liverpool di Piala Liga
Arsenal dan Liverpool kembali bertemu untuk kali ke-3. Kali ini, Arsenal kembali mengalahkan Liverpool lewat adu penalti di Piala Liga.
0
DPR: Bukan Salah Pemerintah Jika Pemberangkatan Haji 2021 Batal
DPR menilai, bila tahun ini pemberangkatan jemaah haji kembali batal seperti tahun lalu, bukan menjadi kesalahan pemerintah Indonesia.