UNTUK INDONESIA

7 Gejala Virus Corona Jenis Baru

7 gejala virus corona jenis baru, salah satunya adalah mengalami kebingungan.
Ilustrasi. (Tagar/Pixabay)

Jakarta - Delapan negara telah melaporkan adanya temuan jenis baru virus corona yang muncul di negaranya. Negara-negara tersebut, yaitu Irlandia Utara, Isreal, Singapura, Denmark, Belanda, Australia, Italia, Gibraltar, dan diduga juga muncul di Perancis, serta Afrika Selatan.

Lalu yang paling dekat dengan Indonesia, Singapura. Singapura mengonfirmasi bahwa mutasi virus corona seperti virus dengan jenis yang sama yang menyebar di Inggris.

Jika Anda mengalami gejala apa pun terkait Covid-19, jangan ambil risiko. Anda dan keluarga harus segera melakukan isolasi dan idealnya sesegera mungkin untuk melakukan tes,

Melansir dari Times of India, National Health Service (NHS) pun menyoroti gejala Covid-19 yang kerap dialami pasien saat terinfeksi virus corona jenis baru ini. Selain gejala umum Covid-19 seperti demam, batuk kering, dan hilangnya indra penciuman dan perasa, ada 7 gejala lain yang dikaitkan dengan varian baru corona.

1. Kelelahan

2. Kehilangan selera makan

3. Sakit kepala

4. Diare

5. Kebingungan

6. Nyeri otot

7. Ruam kulit

"Jika Anda mengalami gejala apa pun terkait Covid-19, jangan ambil risiko. Anda dan keluarga harus segera melakukan isolasi dan idealnya sesegera mungkin untuk melakukan tes," ucap peneliti dari King's College.

Sementara itu Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mendesak anggotanya di Eropa untuk meningkatkan upaya melawan varian baru virus corona SARS-CoV-2 yang menyebar di Inggris. Di luar Inggris, varian baru virus corona ditemukan pada 9 kasus di Denmark, serta masing-masing 1 kasus di Belanda dan Australia.

"Di seluruh Eropa, di mana penularannya intens dan meluas, negara-negara perlu menggandakan pendekatan pengendalian dan pencegahan mereka," ujar juru bicara WHO, 20 Desember 2020.

Anggota WHO di seluruh dunia diminta merunut virus SARS-CoV-2 dan berbagi data urutan internasional, khususnya bagi negara yang melaporkan adanya mutasi virus yang sama. WHO mencatat, strain baru dari virus corona ini kemungkinan dapat menyebar lebih mudah di antara orang-orang dan memengaruhi tes diagnostik.

"Informasi awal bahwa varian tersebut dapat memengaruhi kinerja beberapa tes diagnostik," tulis WHO. []

Baca juga:

Berita terkait
900 Pasien Covid-19 Masih dalam Perawatan di Aceh
Kasus Covid-19 Aceh sudah mencapai 8.698 orang. Penderita yang dirawat saat ini 900 orang, sudah sembuh sebanyak 7.454 orang.
Vaksin Virus Corona Sel Janin Aborsi Secara Moral Diterima
Vatikan sebut vaksin virus corona (Covid-19) secara moral dapat diterima, meski dibuat dari jaringan sel janin hasil aborsi
Vaksinasi 90% untuk Kekebalan Kelompok Terhadap Virus Corona
Pakar penyakit menular terkemuka di AS, Dr. Anthony Fauci, mengatakan vaksinasi warga harus 90% untuk bentuk kekebalan kelompok
0
7 Gejala Virus Corona Jenis Baru
7 gejala virus corona jenis baru, salah satunya adalah mengalami kebingungan.