UNTUK INDONESIA

7 Fakta tentang Thailand yang Selalu Diganggu Demonstrasi

Tidak banyak yang terdengar tentang Thailand, kecuali jika negara yang dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih, itu tengah dalam gejolak
Raja Terlama (Foto: dw.com/id)

Jakarta - Kita tidak banyak mendengar tentang Thailand, kecuali jika negara yang dijuluki sebagai Negeri Gajah Putih itu tengah dalam gejolak. Berikut beberapa fakta tentang negara ini yang mungkin belum Anda ketahui.

tanah merdekaTanah Merdeka (Foto: dw.com/id)

Tanah Merdeka. Nama Thailand dalam bahasa Thai adalah Prathet Thai, yang artinya “Tanah Kebebasan”. Thailand adalah salah satu negara di Asia dan satu-satunya negara Asia Tenggara yang tidak pernah dijajah. Bahasa nasional Thailand adalah bahasa Thai. Seperti bahasa Lao, Vietnam, dan China, bahasa Thai adalah bahasa yang menggunakan gaya suara. Alfabetnya ada 32 huruf vokal dan 44 konsonan.

agamaAgama (Foto: dw.com/id)

Agama. Buddhisme adalah agama terbesar di Thailand dengan 94.6% penduduk memeluk agama tersebut. Pemeluk Islam berjumlah 4.6%, Kristen 0.7%, sementara agama lainnya 0.1%.

bendera nasionalBendera Nasional (Foto: dw.com/id)

Bendera Nasional. Berkibar setiap harinya antara 08:00 dan 18:00. Bendera Thailand diperkenalkan pada tahun 1917 oleh Raja Vajiravudh. Dua bilah garis merah horisontal melambangkan tanah dan penduduknya. Garis putih horisontal melambangkan kesucian Buddhisme. Pita biru yang lebar menyilang di tengah menyimbolkan monarki.

raja terlamaRaja Terlama (Foto: dw.com/id)

Raja Terlama. Bhumibol Adulyadej merupakan raja paling lama di dunia yang pernah bertahta dan raja paling lama di Thailand. Ia dinobatkan sebagai Raja Rama IX pada 9 Juni 1946. Bhumibol Adulyadej meninggal dunia di usia 88 tahun, pada 13 Oktober 2016.

kota denganKota dengan Nama Terpanjang (Foto: dw.com/id)

Kota dengan Nama Terpanjang. Bangkok merupakan kota dengan nama lengkap terpanjang: Krung-dēvamahānagara amararatanakosindra mahindrayudhyā mahātilakabhava navaratanarājadhānī purīrāmasya utamarājanivēsana mahāsthāna amaravimāna avatārasthitya shakrasdattiya vishnukarmaprasiddhi, yang artinya ….

kota penuhKota Penuh Julukan (Foto: dw.com/id)

Kota Penuh Julukan. .... "Kota malaikat, kota besar, kota intan abadi, kota Dewa Indra yang tidak tergoyahkan, ibu kota agung dunia yang dikaruniai sembilan batu permata berharga, kota kebahagiaan, penuh dengan Istana Kerajaan yang sangat besar yang menyerupai surga dimana pemerintahan adalah reinkarnasi dewa-dewa, sebuah kota yang diberikan oleh Indra dan dibangun oleh Wisnu".

sisi gelapSisi Gelap (Foto: dw.com/id)

Sisi Gelap. Prostitusi dilegalkan di Thailand. Tidak ada angka pasti mengenai jumlah pekerja seks di negara ini, diperkirakan lebih dari 1 juta. Satu sisi gelap lain Thailand, negara ini mencatat rekor perdagangan seks anak terburuk di dunia.

terancam punahTerancam Punah (Foto: dw.com/id)

Terancam Punah. Seabad yang lalu tercatat lebih dari 100.000 gajah hidup di Thailand, 20.000 diantaranya hidup di alam liar. Sekarang, tinggal sekitar 5000, dan kurang dari setengahnya masih hidup liar (yf/vlz)/dw.com/id. []

Berita terkait
Warga Thailand Tak Punya Lahan Bisa Tinggal di Hutan Bakau
Pemerintah Thailand capai kesepakatan dengan komunitas yang tidak memiliki tanah, penduduk desa tak punya lahan bisa tinggal di hutan bakau
Jerman Meminta Raja Thailand Tidak Memerintah dari Jerman
Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, lebih sering tinggal di Jerman sehingga pemerintah Jerman minta agar raja tidak berpolitik dari Jerman
Raja Thailand Muncul dan Serukan Cinta kepada Demonstran
Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, sebutkan “cinta” kepada demonstran yang memprotes raja yang sudah berlangsung beberapa bulan
0
Riot Games Bakal Luncurkan Gim League of Legends Versi RPG
Ruined King ini dikembangkan oleh studio game Airship Syndicate, sebuah developer game yang juga mengembangkan Darksiders: Genesis.