Waskita Karya

7 Fakta dan Rahasia Hotel yang Jarang Diketahui

Meski sering bepergian dan menginap di hotel ternyata masih ada fakta dan rahasia yang tidak diketahui sejumlah orang mengenai hotel tersebut.
Ilustrasi - Indonesia dinobatkan menjadi negara paling dermawan 2021. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta – Saat berlibur hotel menjadi tempat hunian sementara sebab berbagai hotel menyediakan beragam fasilitas yang dibutuhkan pelancong saat liburan, seperti tempat tidur, kamar mandi, makanan dan lain sebagainya.

Namun, meski sering bepergian dan menginap di hotel, ternyata masih ada fakta dan rahasia yang tidak diketahui oleh orang-orang mengenai tempat menginap tersebut. Karena itu, berikut tujuh serba-serbi hotel yang masih banya


1. Jarang tersedia jam dinding atau jam alarm

Jam dianggap bisa mengganggu ketenangan. Mengharapkan tamu bisa istirahat dengan nyaman dan nyenyak, detak jarum jam atau alarm yang mencolok dinilai bisa merusaknya ketenangan. Bila ingin bangun pagi, bisa minta dibangunkan pelayan hotel.

Selain itu, meletakkan jam di kamar juga berisiko dibawa pulang oleh tamu. Karena itu, demi mencegah hal tersebut, kebanyakan pengelola memutuskan agar tidak menaruh jam apapun di dalam kamar hotel.


2. Kebanyakan hotel tidak menyediakan guling

Kebanyakan hotel di Indonesia mengadopsi gaya barat, juga orientasi tamu adalah turis, kerap kali guling tak tersedia di hotel. Hanya populer di Belanda dan Indonesia, turis dari negara lain biasanya tak membutuhkan guling saat tidur.

Selain itu, pengunjung biasanya juga membawa pasangan. Alasan lain, guling disebut tidak higienis. Hanya saja, bila pengunjung memang ingin memakai guling, di beberapa hotel bisa memintanya melalui resepsionis.


3. Sebaiknya pakai alas ketika duduk di sofa

Ketika ingin duduk di sofa kamar hotel, dianjurkan untuk menggunakan alas tambahan seperti handuk, selimut, atau kain. Sebab, dikhawatirkan tamu sebelumnya duduk di kursi yang sama tanpa menggunakan busana apapun alias telanjang bulat.


4. Remote televisi adalah benda paling kotor

Sebaiknya Anda mengelap remot tv terlebih dahulu sebelum digunakan. Sebab, remote televisi merupakan benda yang tidak pernah dibersihkan oleh petugas hotel.


5. Cuci terlebih dahulu gelas dalam hotel

Salah satu peralatan yang jarang dibersihkan bila tidak dipakai adalah gelas. Tak heran bila terkadang ditemukan gelas yang sudah berdebu di kamar hotel. Karenanya, bila ingin minum menggunakan gelas, sebaiknya dicuci terlebih dahulu.


6. Mengganti handuk

Bila menginginkan handuk yang baru, jangan menggantungnya di gantungan kamar mandi. Jatuhkan saja di lantai, tinggal, dan nantinya akan diganti dengan yang baru oleh pelayan hotel.


7. Sisa makanan diolah jadi makanan baru

Biasanya, di hotel yang mendapat sarapan, makanan yang digunakan adalah sisa yang tidak habis di hari sebelumnya. Namun, makanan tersebut akan diolah menjadi masakan baru. Misalnya, nasi putih dan ayam goreng akan dijadikan nasi goreng ayam.

Nah, itulah fakta dan rahasia hotel yang harus Anda ketahui jika ingin menginap di kamar hotel. []

Berita terkait
Waringin Hospitality Buka Hotel Baru di Jakarta Selatan
Waringin Hospitality Hotel Group meresmikan satu Hotel di kawasan Jakarta Selatan, yaitu Hotel 88 Blok M.
Lionel Messi Beli Hotel Mewah di Andorra
Ketika musim sepak bola berakhir, Lionel Messi membuat kesepakatan bisnis di dunia hotel dengan membeli hotel mewah di Andorra
Promosi Pangan Lokal, Kementan Gelar MoU Petani dengan Perhotelan
Kementan menggelar MoU antara petani dengan perhotelan sebagai upaya promosi dan pemanfaatan pangan lokal dari komoditas petani Indonesia.
0
7 Fakta dan Rahasia Hotel yang Jarang Diketahui
Meski sering bepergian dan menginap di hotel ternyata masih ada fakta dan rahasia yang tidak diketahui sejumlah orang mengenai hotel tersebut.