7 Deretan Kepala Negara Dunia yang Lahir di Bulan Oktober

Hari ulang tahun menjadi salah satu perayaan yang cukup penting bagi semua orang termasuk bagi seorang kepala negara. Berikut daftarnya.
Fransisco Rafael Sagasti Hochhausier. (Foto: Tagar/Twitter/@FSagasti)

Jakarta – Hari ulang tahun menjadi salah satu perayaan yang cukup penting bagi semua orang termasuk bagi seorang kepala negara. lalu, siapa saja kah kepala negara yang berulang tahun pada bulan oktober ini? berikut adalah daftar kepala negara yang tercatat lahir dibulan Oktober.


1. Ram Nath Kovind

Ram Nath KovindRam Nath Kovind. (Foto: Tagar/Twitter/ @rashtrapatibhvn)


Pertama adalah seorang Presiden ke-14 dari India yang lahir tanggal 1 Oktober 1945. Pada perjalanan karirnya dia pernah menjabat sebagai pemimpin Dalit dan Partai Bharatiya Janata. 

Ram juga bernah menjabat sebagai Gubernur Bihar pada 2015-2017 dan menjadi anggota parlemen, Rajya Sabdha tahun 1994-2006. Ram Nath Kovind ditetapkan menjadi Presiden pada 25 Juli 2017 setelah memenangkan pemilihan Presiden India tahun 2017.


2. George Manneh Oppong Ousman Weah

George MannehGeorge Manneh Oppong Ousman Weah. (Foto: Tagar/Instagram/@ pres.georgeweah)


Seorang politikus dari Liberia ini lahir pada tanggal 1 Oktober 1966. Presiden ke 25 Liberia ini mempunyai fakta yang unik karen dahulu dia adalah seorang pemain sepak bola profesional dan pernah mendapat penghargaan pemain terbaik FIFA pada 1995. George menjabat menjadi Presiden Liberia sejak tanggal 22 Januari 2018.


3. Charles Angelo Savarin

Charles Angelo SavarinCharles Angelo Savarin. (Foto: Tagar/dominicaconsulategreece)


Presiden dari Negara Dominika ini lahir pada tanggal 2 Oktober 1943. Sebelum menjadi Presiden Savarin adalah anggota Partai Buruh Dominika dan pernah menjabat menjadi Menteri Keamanan Nasional, Imigrasi, Perburuhan, dan Layanan Publik. Charles Angelo Savarin dilantik menjadi Presiden Dominika sejak tahun 2013 hingga saat ini.


4. Emomalii Rahmon

Emomalii RahmonEmomalii Rahmon. (Foto: Tagar/Instagram/@emomali.rahmon)


Kepala negara dari Tajikistan yang lahir pada 5 Oktober 1952. Emomalii menjabat menjadi kepala negara sejak tahun 1992 dan menjadi Presiden Tajikistan pada tahun 1994. Latar belakannya adalah seorang ketua pertanian kolektif dan menjadi wakil rakyat dewan tertinggi RSS Tajikistan pada 1990.


5. Vladimir Vladimirovich Putin

Vladimir Vladimirovich PutinVladimir Vladimirovich Putin. (Foto: Tagar/Instagram/@leadervladimirputin)


Seorang politikus yang terkenal dari negara Rusia dan saat ini menjabat menjadi Presiden rusia ini lahir pada tanggal 7 Oktober 1952. 

Sebelum menjadi Presiden Putin pernah menjadi perdana menteri Rusia tahun 1999-2000 lalu diangkat menjadi Presiden pada tahun 2000-2008.Ssaat ini Putin menjadi Presiden untuk kedua kalinya dengan awal jabatan tahun 2012 silam.


6. Fransisco Rafael Sagasti Hochhausier

Fransisco RafaelFransisco Rafael Sagasti Hochhausier. (Foto: Tagar/Twitter/@FSagasti)


Seorang Insinyur, akademis, dan penulis yang menajdi Presiden dari Peru lahir tanggal 10 Oktober 1944. sebelum menjadi Presiden, Sagasti pernah menjabat menjadi penasihat pembangunan ekonomi di pusat penelitian pembangunan Internasional, Bank Dunia, UNCSTD dan forum ekonomi Dunisa. dirinya dilantik menjadi Presiden Peru sejak 17 November 2020 dan sebelumnya menjabat sebgai anggota kongres.


7. Mario Abdo Banitez

Mario Abdo BanitezMario Abdo Banitez & Istrinya Silvana López Moreira. (Foto: Tagar/Twitter/@MaritoAbdo)


Pria kelahiran 10 Oktober 1971 ini memiliki jabatan sebagai Presiden Senat Paraguay. Jejak politiknya dimulai sejak tahun 2005 dimana dia sebagai anggota dari Gerakan Republik Nasional Rekonstruksi. 

Kemudian dia menjadi Anggota Gearakan Perdamaian dan Kemajuan dan memenangkan wakilm Presdien dari partai Colorado tahun 2005 silam. Hingga akhirnya pada tahun 2015 dia terpilih menjadi Presiden Senat Paraguay.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Kepala Negara Uni Eropa Bahas Tantangan Virus dan Vaksinasi
Para kepala negara Eropaserukan negara-negara kawasan itu bersama-sama memberikan contoh bagi dunia tentang vaksinasi global
40 Negara Desak China Buka Akses Bagi Kepala HAM PBB ke Xinjiang
Lebih dari 40 negara medesak China untuk membuka akses bagi Kepala HAM PBB ke Xinjiang untuk mengecek laporan terkait HAM
Sembilan Kepala Negara Ucap Selamat pada Jokowi
Donald Trump dan sejumlah kepala negara mengucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo sebagai Presiden Indonesia.
0
7 Deretan Kepala Negara Dunia yang Lahir di Bulan Oktober
Hari ulang tahun menjadi salah satu perayaan yang cukup penting bagi semua orang termasuk bagi seorang kepala negara. Berikut daftarnya.