7 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa Ramadhan

Saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk tubuh, dan mengakibatkan kulit kering. Inni cara mengatasinya.
Ilustrasi - Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Kulit kering saat puasa umum terjadi pada beberapa orang. Sebenarnya, kulit kering adalah kondisi ketika lapisan kulit paling atas (epidermis) tidak mendapatkan kelembapan yang cukup.

Pada saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya, tubuh berpotensi mengalami dehidrasi yang ditandai dengan gejala kulit kering.

Kurang asupan cairan tubuh dan makanan bergizi, kebiasaan malas mandi dan mencuci muka, serta malas menggunakan produk perawatan kulit bisa memperburuk kondisi kulit kering saat puasa.


Cara mengatasi kulit kering saat puasa

Adapun cara mengatasi kulit kering yang harus Anda lakukan saat puasa Ramadan, di antaranya.


1. Oleskan pelembap

Cara mengatasi kulit kering saat puasa yang ampuh adalah dengan mengoleskan pelembap sesuai jenis kulit setiap hari. American Academy of Dermatology menyarankan agar menggunakan pelembap sesaat setelah mencuci muka, mandi, dan cuci tangan. 

Pastikan Anda menggunakan produk pelembap yang berbeda, yakni khusus wajah dan kulit tubuh. Jangan lupa untuk mengoleskan area kulit yang kering, termasuk lengan dan kaki. Penggunaan pelembap dapat meningkatkan retensi air kulit sehingga mengunci kelembapan wajah. 


2. Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit juga jadi cara mengatasi kulit kering saat puasa. Eksfoliasi adalah proses pengelupasan kulit untuk membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit kering.

Anda dapat melakukannya dengan bahan-bahan kimia maupun memakai alat-alat khusus. Contoh eksfoliasi dengan alat, meliputi cleansing brush, washcloth, dan facial scrub.


3. Gunakan sunscreen atau tabir surya

Paparan sinar matahari secara berlebihan dapat memperburuk kondisi kulit kering saat puasa Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sunscreen sebagai tips menjaga kulit tidak kering saat puasa Ramadan.

Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15. Oleskan pada permukaan kulit 15-20 menit sebelum bepergian ke luar rumah.


4. Pakai masker wajah

Rutin menggunakan masker wajah untuk melembapkan kulit kering karena berpuasa juga bisa Anda coba. Anda bisa memakai masker wajah instan yang dijual di pasaran atau meracik masker wajah alami sesuai jenis kulit.


5. Oleskan gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya atau aloe vera juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering saat puasa. Anda bisa mengoleskan gel lidah dari tanamannya secara langsung atau gel aloe vera yang banyak dijual di pasaran. Namun, pastikan kandungan aloe vera di dalamnya 100%.

Anda bisa mengoleskan sedikit gel lidah pada kulit area lengan terlebih dahulu guna melihat ada tidaknya reaksi alergi yang ditimbulkan.


6. Hindari makanan berminyak

Meski enak di lidah, makan makanan berminyak, seperti gorengan, justru dapat mempercepat proses dehidrasi. Itu artinya, cairan tubuh akan terserap lebih banyak ketika Anda banyak mengonsumsi makanan berminyak.


7. Minum air putih yang cukup

Kondisi kulit kering saat puasa membuat Anda harus memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan benar. Kecukupan konsumsi air putih dapat mencegah dehidrasi selama puasa dan membantu merawat kesehatan kulit.

Saat bulan Ramadan, pastikan Anda tetap memenuhi asupan air putih, paling tidak 8 gelas per hari. Anda bisa menggunakan rumus 2-4-2, yakni 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas sebelum tidur di malam hari.

Paling penting, hindari minuman yang mengandung kafein, seperti teh dan kopi yang cenderung menyerap mineral dalam tubuh dan bersifat diuretik. []

Berita terkait
Kulit Kering? Ini 5 Rekomendasi Hand Body Lotion yang Cocok
Studi telah membuktikan penggunaan losion atau hand body dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah kulit kering.
5 Kandungan Skincare yang Baik untuk Kulit Kering
Dalam mencegah kekeringan pada kulit khususnya wajah, tentu Anda perlu memperhatikan produk skincare yang Anda gunakan agar kulit tetap terhidrasi.
Kulit Kering? Ini 5 Bahan Alami untuk Mengatasinya
Selain murah, bahan-bahan alami ini juga sudah banyak diteliti ilmuwan dan lebih efektif dalam menutrisi dan melembapkan kulit kering.
0
7 Cara Mudah Mengatasi Kulit Kering Saat Puasa Ramadhan
Saat berpuasa, tubuh kekurangan cairan akibat keterbatasan asupan cairan yang masuk tubuh, dan mengakibatkan kulit kering. Inni cara mengatasinya.