7 Cara Mencegah Keriput yang Mudah Dilakukan

Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kelenturannya sehingga muncul garis halus dan keriput. Nah, berikut cara mengatasinya.
Cegah Keriput. (Foto: Tagar/Beauty)

Jakarta - Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kelenturannya sehingga muncul garis halus dan keriput. Meski penuaan kulit itu alamiah, kebiasaan dan pola makan dapat mempercepat keriput muncul sejak dini. Nah, berikut cara mengatasinya. 


1. Lindungi kulit dari sinar matahari 

Sinar ultraviolet (UV) dapat memicu pembentukan radikal bebas pada kulit. Zat berbahaya ini lantas merusak serat elastin sehingga kulit jadi keriput. Maka itu, pakailah topi dan pakaian yang menutupi kulit saat berkegiatan pada hari yang terik.


3. Gunakan tabir surya

Tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari sinar UV, tapi juga mencegah penuaan dini yang ditandai dengan keriput. Sejumlah peneliti di Australia membuktikannya dengan meneliti efek pemakaian sunscreen terhadap kondisi kulit 903 pesertanya.


3. Tidur telentang

Posisi tidur yang baik ternyata dapat mencegah keriput. Pasalnya, tidur tengkurap dan menyamping membuat kulit bergesekan dengan sarung bantal atau kasur. Tekanan antara kulit wajah dan bantal juga akan menimbulkan lipatan dan garis tidur.


4. Konsumsi lemak menyehatkan

Asam lemak omega-3 dan omega-6 berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit. Jenis lemak menyehatkan tersebut dapat membantu memelihara struktur kulit, membentuk minyak alami, dan meregenerasi sel kulit yang mengalami kerusakan.

Nah, dengan begitu kulit dapat menjaga kelembapan dan kelenturannya sehingga tampak kencang, lembap, dan awet muda. Berikut beberapa sumber omega-3 serta omega-6 yang bisa membantu mencegah timbulnya keriput.


5. Hindari kebiasaan memicingkan mata

Setiap ekspresi wajah yang dilakukan berulang kali tanpa sadar bisa menyebabkan lipatan dan garis-garis halus di kulit sekitar mata. Kebiasaan ini termasuk memicingkan mata saat kesilauan atau mencoba membaca teks jarak jauh atau yang terlalu kecil.


6. Jangan sering mencuci muka

Kebanyakan orang berpikir bahwa sering cuci muka akan membuat wajah menjadi lebih bersih. Padahal, terlalu sering mencuci muka justru dapat menyebabkan kulit dehidrasi. Dampaknya, kulit pecah-pecah dan keriput semakin mudah terlihat.


7. Gunakan skincare dengan vitamin C

Penggunaan rutin produk skincare mengandung vitamin C dapat membantu mencegah keriput. Sebagai antioksidan, vitamin ini melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB yang menjadi penyebab utama kerusakan kulit dan timbulnya kerutan.

Vitamin ini juga mendorong produksi kolagen, protein penting yang membentuk struktur kulit Anda. Untuk mendapatkan hasil terbaik, pilihlah produk mengandung vitamin C untuk kulit dalam bentuk L-ascorbic acid atau ascorbyl palmitate. []

Berita terkait
5 Bahan Alami Atasi Penuaan Dini, Ini Cara Penggunaannya
Penuaan merupakan masalah yang banyak dialami oleh orang-orang terutama bagi mereka yang telah berusia lanjut. Ini cara mengatasinya.
6 Cara Mengurangi Tanda Penuaan Dini
Berikut Tagar rangkumkan 6 cara mengurangi tanda penuaan dini:
5 Gerakan Yoga Wajah Cegah Penuaan Dini
Penuaan dini menjadi salah satu masalah kulit yang sering dijumpai setiap orang. Dengan melakukan gerakan yoga wajah masalah tersebut bisa diatasi.
0
7 Cara Mencegah Keriput yang Mudah Dilakukan
Seiring bertambahnya usia, kulit akan kehilangan kelenturannya sehingga muncul garis halus dan keriput. Nah, berikut cara mengatasinya.