7 Cara Membantu Seseorang Ketika Alami Depresi

Berikut 7 tips yang dapat membantu Anda menjadi sumber dukungan bagi teman yang mengalami depresi yang harus Anda ketahui secepatnya.
ilustrasi - Seseorang yang membantu temannya deprsi. (Foto: Tagar/Mitra Keluarga)

Jakarta - Tidak semua orang mengalami depresi dengan cara yang sama, dan gejalanya bisa berbeda-beda. Jika teman Anda mengalami depresi, dia mungkin tampak lebih sedih atau menangis dari biasanya.

Tampak lebih pesimis dari biasanya atau putus asa tentang masa depan, dan berbicara tentang perasaan bersalah, kosong, atau tidak berharga lebih sering dari biasanya. Berikut 7 tips yang dapat membantu Anda menjadi sumber dukungan bagi teman yang mengalami depresi.


1. Memulai Percakapan

Beri tahu teman Anda bahwa Anda ada untuk mereka. Anda dapat memulai percakapan dengan mengumumkan Anda dan mengajukan pertanyaan spesifik. 

Teman Anda mungkin tidak ingin berbicara saat pertama kali Anda bertanya, jadi akan membantu jika Anda terus memberitahu mereka bahwa Anda peduli.

Terus terbuka terbuka (tanpa paksaan) dan mengungkapkankan Anda. Cobalah untuk melakukan percakapan secara langsung bila memungkinkan. Jika Anda tinggal di daerah yang berbeda, coba obrolan video.


2. Bantu Temukan Dukungan

Teman Anda mungkin tidak menyadari bahwa dia sedang menghadapi depresi, atau dia mungkin tidak yakin bagaimana mencari dukungan. Bahkan jika mereka tahu terapi dapat membantu, mencari terapis dan membuat janji dapat menjadi hal yang menakutkan.


3. Dukung Lanjutkan Terapi

Pada hari yang buruk, teman Anda mungkin tidak ingin meninggalkan rumah. Depresi dapat menguras energi dan meningkatkan keinginan untuk mengasingkan diri. Jika mereka mengatakan sesuatu seperti, "Saya pikir saya akan mencoba terapi saya," mendorong mereka berjanji untuk tetap melakukannya.

Anda dapat mengatakan, “Minggu lalu Anda mengatakan bahwa sesi Anda sangat produktif dan Anda merasa jauh lebih baik setelahnya. Bagaimana jika sesi hari ini membantu juga?”


4. Jaga Dirimu

Ketika Anda peduli dengan seseorang yang hidup dengan depresi, Anda tergoda untuk meninggalkan segalanya untuk berada disisinya dan mendukungnya. Tidak salah jika ingin membantu teman, tetapi juga penting untuk mengurus kebutuhan Anda sendiri.


5. Pelajari Tentang Depresi

Bayangkan harus mendidik setiap orang dalam hidup Anda tentang kondisi kesehatan mental atau fisik yang Anda alami menjelaskannya berulang kali. Kedengarannya melelahkan, bukan?

Anda dapat berbicara dengan teman Anda tentang gejala spesifik mereka atau bagaimana perasaan mereka, tetapi hindari meminta mereka untuk memberitahu Anda tentang depresi secara umum.


6. Tawarkan Bantuan Tugas Sehari-hari

Dengan depresi, tugas sehari-hari bisa terasa berlebihan. Hal-hal seperti binatu, belanja bahan makanan, atau membayar tagihan dapat mulai menumpuk, sehingga sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai.

Teman Anda mungkin menghargai tawaran bantuan, tetapi mereka juga mungkin tidak dapat dengan jelas mengatakan apa yang mereka butuhkan bantuan. Jadi, alih-alih mengatakan, "Beritahu saya jika ada yang bisa saya lakukan," pertimbangkan untuk mengatakan, "Apa yang paling Anda butuhkan hari ini?"


7. Sabar

Depresi biasanya membaik dengan pengobatan, tetapi bisa menjadi proses yang lambat yang melibatkan beberapa percobaan dan kesalahan. Mereka mungkin harus mencoba beberapa pendekatan konseling atau pengobatan yang berbeda sebelum mereka menemukan satu yang membantu gejala mereka.

Sementara itu, mereka mungkin akan mengalami hari-hari baik dan hari-hari buruk. Hindari menganggap hari baik berarti mereka "sembuh", dan cobalah untuk tidak frustasi jika serangkaian hari buruk membuatnya tampak seperti teman Anda tidak akan pernah membaik.

(Putri Fatimah)

Berita terkait
Cara Menjaga Kesehatan Mental Saat Trading Forex
Anda harus menjaga pola pikir yang baik dan menyempurnakan psikologi trading Anda.
3 Tanaman Hias yang Cocok untuk Kesehatan Mental
Selain mempercantik ruangan dan menyejukkan mata, tanaman hias ternyata mampu meningkatkan rasa empati dan sayang kepada diri sendiri.
Mengenal Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober
Kesehatan mental merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang sehingga WFHM menetapkan 10 Oktober menjadi hari kesehatan mental dunia.
0
7 Cara Membantu Seseorang Ketika Alami Depresi
Berikut 7 tips yang dapat membantu Anda menjadi sumber dukungan bagi teman yang mengalami depresi yang harus Anda ketahui secepatnya.