UNTUK INDONESIA
7 Camilan Goreng Khas dari Berbagai Negara di Dunia
Tak hanya di Indonesia, beberapa negara di dunia juga memiliki camilan khas yang diolah dengan cara digoreng. Ini sejumlah camilannya.
Ilustrasi Hushpuppies. (Foto: Instagram/livinlaveganlife)

Jakarta - Tak hanya di Indonesia, beberapa negara di dunia juga memiliki camilan khas yang diolah dengan cara digoreng. Meski dibuat dengan cara yang sama, kekayaan cita rasa makanan ini berbeda dan tetap menggugah selera penikmatnya.

Untuk membuat beberapa camilan tersebut juga tidak sulit karena bisa diolah di rumah dan bahan-bahan yang digunakan juga mudah ditemui. Sehingga, kudapan tersebut bisa dibuat dan dikonsumsi kapan saja untuk menemani waktu bersantai sambil menunggu jam makan utama atau menemani selagi menyeruput kopi hingga teh.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah camilan dari berbagai negara di dunia yang diolah dengan cara digoreng.

1. Chapssal

Ilustrasi ChapssalIlustrasi Chapssal. (Foto: Instagram/cookinggendis)

Chapssal salah satu camilan berasal dari Korea Selatan yang tidak asing di lidah orang Indonesia. Camilan ini berbahan dasar dari tepung beras dan berisi pasta kacang merah di dalamnya dan dilapisi gula bubuk di bagian luarnya setelah digoreng.

Cita rasanya yang manis tentu mampu membuat lidah para penikmatnya terasa dimanjakan. Selain itu, chapssal bisa dimakan bersama secangkir kopi atau teh hangat sembari menemani waktu bersantai agar terasa lebih nikmat.

2. Cascaron

Ilustrasi CascaronIlustrasi Cascaron. (Foto: Instagram/don_pasco)

Cascaron merupakan camilan goreng yang biasanya dihidangkan seperti sate dan berasal dari Filipina. Kudapan ini berbahan dasar dari tepung beras, santan, kelapa parut, dan susu, dan dilumuri gula merah cair usai digoreng nantinya.

Tekstur yang dimiliki cascaron legit sehingga bisa memanjakan lidah penikmatnya. Selain itu, cita rasa yang diberikan juga manis dan gurih.

3. Bannock

Ilustrasi BannockIlustrasi Bannock. (Foto: Instagram/waldeinsamkeit_woodcraft)

Bannock merupakan camilan khas Kanada yang terbuat dari tepung, garam, mentega, dan backing powder. Camilan ini biasanya diolah dengan cara digoreng menggunakan frying pan.

Agar terasa lebih nikmat, biasanya kudapan ini disantap menggunakan selai buah untuk memadukan cita rasa gurih dan manis. Selain dijadikan camilan, bannock juga cocok untuk dipilih sebagai menu sarapan di pagi hari.

4. Papri

Ilustrasi PapriIlustrasi Papri. (Foto: Instagram/shamskitchen____x)

Papri camilan goreng khas India yang diolah menggunakan tepung, jintan, garam, dan minyak samin. Makanan ini memiliki bentuk bulat pipih dan tipis, serta rasa yang gurih. Papri biasanya dihidangkan menjadi chaat yang nikmat, sehingga bisa membuat perut kenyang tanpa mengonsumsi nasi.

5. Bunuelo

Ilustrasi BunueloIlustrasi Bunuelo. (Foto: Instagram/comeaqui/bunuelosanlucas)

Bunuelo dibuat dengan bahan dasar tepung jagung, tepung, keju, gula, garam, dan backing powder. Camilan ini memiliki bentuk bulat seperti bola, tekstur yang lembut, serta rasa yang manis dan gurih, sehingga mampu menggoyang lidah penikmatnya.

Bunuelo biasanya banyak dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai negara di kawasan Amerika Utara dan Amerika Selatan. Inilah penyebab, bunuelo sering dikreasikan dengan cara yang berbeda di setiap negara.

6. Cenci

Ilustrasi CenciIlustrasi Cenci. (Foto: Instagram/carola_gluten_free)

Cenci merupakan camilan goreng serupa dengan keripik yang berasal dari Italia. Makanan ini terbuat dari campuran tepung, baking powder, vanili, dan gula yang dibentuk panjang dan tipis dengan tepian bergerigi.

Cita rasanya yang lezat tentu menjadi yang ditunggu bagi para penikmatnya. Makanan ini juga sangat cocok untuk menemani waktu bersantai.

7. Hushpuppies

Ilustrasi Hushpuppies

Ilustrasi Hushpuppies. (Foto: Instagram/livinlaveganlife)

Hushpuppies merupakan camilan khas Amerika Serikat yang biasanya disajikan untuk menemani momen berkumpul bersama keluarga. Kudapan ini terbuat dari tepung jagung yang dipadukan dengan bahan lain seperti susu, backing powder, tepung, telur, dan garam, lalu digoreng dengan deep frying. Kekayaan cita rasa yang diberikan hushpuppies tentu mampu membuat penikmatnya tak bisa berhenti mengunyah.

Itulah beberapa camilan yang diolah dengan cara digoreng dari berbagai negara di belahan dunia. Selain cita rasanya yang menggugah selera, kudapan ini bisa dibuat sendiri di rumah. []

Baca Juga:

Berita terkait
Resep Sederhana Rendang Suwir Empuk Khas Padang
Rendang suwir empuk khas Padang dikenal sangat lezat di kalangan masyarakat. Teksturnya yang lembut, membuat makanan ini bisa dinikmati siapa saja.
Resep Praktis Camilan Bakwan Bayam Menggugah Selera
Bayam menjadi salah satu jenis sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai makanan salah satunya bakwan bayam. Berikut resep praktis bakwan bayam.
Resep Lezat Nasi Kebuli Kambing Pakai Rice Cooker
Nasi kebuli merupakan kuliner khas Timur Tengah yang populer di Indonesia. Cara membuat nasi kebuli kambing bisa dengan menggunakan rice cooker.
0
Bukan Corona, Ternyata Nyamuk Pembunuh Nomor 1 Dunia
Pakar IPB, Prof Upik Kesumawati Hadi menyebut masyarakat harus mewaspadai nyamuk, karena merupakan pembunuh nomor satu di dunia.