UNTUK INDONESIA
7 Aksi Heroik Emak-emak Menyelamatkan Nyawa Anaknya
Tidak sedikit pengorbanan kaum ibu agar buah hatinya selamat dari maut. Berikut 7 aksi heroik emak-emak menyelamatkan nyawa anaknya.
Ilustrasi ibu dan anak. (Foto: Tagar/Getty Images)

Jakarta - Kasih ibu kepada beta, tak terhingga sepanjang masa. Petikan lirik lagu ini memang tidak perlu diragukan lagi keabsahannya dalam dunia nyata. Setiap ibu rela melakukan apa saja untuk buah hatinya tercinta. Tidak sedikit pengorbanan kaum ibu agar buah hatinya selamat dari maut. Berikut 7 aksi heroik emak-emak menyelamatkan nyawa anaknya.

1. Kebakaran Apartemen

Kebakaran apartemen di Amerika Serikat membuat belasan keluarga kehilangan tempat tinggal tahun 2014 silam. Salah satunya, ibu muda berusia 23 tahun bernama Christina Simoes. Dia dan putranya bernama Cameron, 18 bulan, terjebak di lantai tiga apartemen yang sedang dilahap api. 

Sang ibu lalu melakukan satu-satunya hal yang dapat dia lakukan untuk menyelamatkan anaknya. Dia peluk si buah hati lalu melompat dari jendela.

"Saya meraih putra saya dan memeluknya sekencang mungkin di dada. Saya memberinya ciuman dan pelukan. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya mencintainya dan saya melompat keluar jendela," kata Simoes kepada dilansir CBS Boston.

Beberapa bulan kemudian, si ibu dinyatakan kehilangan kakinya, sementara sang bayi, meski menderita luka gores namun berhasil pulih dan bisa berjalan kembali.

"Saya tidak memikirkannya. Yang saya pikirkan hanyalah mengeluarkan dia dari sana. Dia lebih penting daripada saya," kata Simoes.

2. Rem Darurat

Mindy Tran seorang ibu asal Massachusetts, AS menggunakan tubuhnya untuk menghentikan mobilnya menggelinding. Sebab, dalam mobil itu gadis kembarnya duduk di kursi belakang. 

Pada 6 Maret 2014 silam, Mindy Tran memarkir mobilnya ke garasi. Saat dia keluar untuk membuka kunci pintu depannya, mobil itu justru menggelinding ke jalan raya.

"Saya harus menggunakan diri saya sendiri sebagai ganjalan ban untuk memperlambatnya sehingga salah satu tetangga saya bisa masuk dan menghentikan mobil sepenuhnya," kata Tran kepada WCVB.

3. Melawan Beruang Kutub

Beruang kutub sebagai salah satu hewan buas paling mematikan di planet ini tidak cukup mengancam bagi Lydia Angiyou, 41 tahun. Warga Quebec Utara, Kanada itu harus bertarung melawan beruang kutub tahun 2006 silam untuk menyelamatkan putranya yang berusia 7 tahun.

"'Anak laki-laki saya akan dibunuh, tidak ada yang bisa saya lakukan. Tapi saya mulai berteriak dan setelah itu saya merasa lebih baik ketika dia jauh, anak itu jauh,” kenang Lydia.

Beruang itu mencakar Angiyou dan mencengkram tubuhnya. Beruntung petugas yang melihat kejadian itu melepaskan tembakan senjata untuk melumpuhkan beruang.

4. Kucing Nakal!

Maureen Lee sedang memetik buah beri bersama putrinya Maya Espinosa yang berusia tiga tahun di Vancouver, AS. Saat itu seekor kucing jenis cougar berbobot 40 kilogram menyerang dan menggulingkan gadis kecil itu ke tanah. Secara spontan, sang ibu berlari memeluk anaknya serta memberikan punggungnya dilukai kucing itu.

"Saya mengulurkan tangan untuk memetik satu beri lagi dan saya melihat sesuatu di depan saya. Maya ada di sana, berdiri sekitar satu meter dari saya. Awalnya saya mengira itu seekor anjing,” ujar si ibu yang berhasil melemparkan kucing raksasa itu.

5. Melompati Jurang

Liburan keluarga di Granada, Spanyol tiba-tiba menjadi menyeramkan. Seorang balita terlempar ke bibir jurang karena gagal berpegangan pada pagar pembatas. Tanpa ragu, si ibu, Kristen Chappell, mengejar putranya yang bernama Ben. 

Hebatnya, anak laki-laki itu hanya jatuh ke dalam genangan air dan baik-baik saja. Tetapi Ibu yang tidak seberuntung itu mengalami patah tulang dan luka di punggung.

“Ben, putra kami, berusia lima tahun saat itu. Dia memainkan tangannya di sepanjang pagar seperti yang dilakukan anak-anak pada umumnya. Kami tidak sadar bahwa salah satu dari jeruji kayu itu hilang dan hanya ditempeli selotip. Tiba-tiba, alih-alih mendorong kayu, dia malah mendorong selotip, dan dia masuk ke bibir jurang,” kenang Brock Ramsey, suami Kristen sekaligus Ayah Ben.

“Ben menghilang begitu saja. Saya lihat Kristen langsung melompat lurus dan turut menghilang. Saya segera memanggil mereka, tetapi suara yang saya dengar adalah teriakan Ben. Itu adalah hal paling mengerikan yang pernah saya dengar. Saya mengambil satu langkah, dan saya juga melompat. Itu semacam lompatan iman,” ujar Ramsey yang berhasil selamat bersama istri dan putra kecilnya itu.

6. Melawan Buaya

Tidak hanya di luar negeri, aksi heroik seorang ibu menyelamatkan anaknya juga sering terjadi di Indonesia. Salah satunya, Rohima, 40 tahun, warga desa Mukut, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan. Saat sedang mandi di Sungai Batang Hari, ia mendengar jeritan putrinya Trisnawati, 25 tahun, digigit seekor buaya berukuran 7 meter.

Rohima melompati sungai, lalu menendang dan merenggut rahang buaya itu dengan tangan kosong. Dia terus memukul mata buaya itu sampai mulut buaya terbuka dan melepaskan kaki anak gadisnya. 

Warga sekitar yang tadinya ketakutan, mulai turun tangan menolong lalu mengevakuasi ibu dan anak itu ke rumah sakit. Kaki Trisna mengalami luka cukup parah dan membutuhkan 50 jahitan.

"Semua ketakutan saya segera hilang. Saya hanya tahu saya harus membantunya atau semuanya akan berakhir," kata Rohima.

7. Anjing Pit Bull

Untuk kisah yang satu ini, anjing bukanlah sahabat terbaik manusia. Di Texas, AS, Chelsi Camp menyelamatkan putrinya Mackenzi Plass yang berusia 2 tahun dari serangan Pit Bull. 

Dia harus menggigit telinga anjing yang dititipkan temannya itu dan menonjok mulutnya. Entah bagaimana, Camp berhasil menelepon 911 selama pertarungannya dengan si anjing besar.

"Anjing itu datang dan dia hanya ingin tahu. Saat dia menciumnya, saat itulah kamu menyadari bahaya. Karena menurutku Pit Bull itu mencium bau anjing peliharaan kami pada putriku," tuturnya.[]

Berita terkait
4 Fakta Sadis Pembunuh Bocah yang Tolong Ibunya Diperkosa
Pelaku memperkosa DN, 28 tahun, dan membunuh anaknya, R, 9 tahun saat berupaya membantu sang ibu yang hendak diperkosa.
Pengakuan Pelaku saat Memperkosa dan Membunuh Anak di Aceh
Saat RNG berteriak, SB pun langsung mengayuhkan parang dari tangannya dan membacok RNG di bagian pundak sebelah kanan.
Prostitusi Anak Terbongkar di Aceh, Ini Tarif Sekali Kencan
Untuk sekali kencan, korban dilepas oleh pelaku kepada pemesan dengan harga mulai Rp 200 ribu hingga Rp 500 ribu.
0
7 Aksi Heroik Emak-emak Menyelamatkan Nyawa Anaknya
Tidak sedikit pengorbanan kaum ibu agar buah hatinya selamat dari maut. Berikut 7 aksi heroik emak-emak menyelamatkan nyawa anaknya.