UNTUK INDONESIA
693 Guru Swasta di Kudus Terima Bantuan Sembako
Lembaga Amil Zakat dan Shadaqah Muhammadiyah RS Aisiyah Kudus menyalurkan bantuan paket Sembako kepada 693 guru swasta.
Simbolis proses serah terima bantuan dari Lazizmu RS Aisyah ke perwakilan guru TPQ dan Madin di Kudus, Minggu 15 Agustus 2020. (Foto: Tagar/Nila Niswatul Chusna)

Kudus - Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazizmu) RS Aisiyah Kudus menyalurkan bantuan paket Sembako pada 693 guru swasta di Kudus. Bantuan ini diberikan sebagai bentuk ketahanan pangan di tengah pandemi Covid.

Ketua Lazizmu RS Aisiyah Kudus, Subchan mengatakan penyaluran bantuan Sembako ini ditujukan sebagai bentuk kepedulian pihaknya akan nasib para guru swasta di Kudus selama pandemi.

Kami pilih guru swasta, karena gaji mereka kecil. Apalagi dengan adanya pandemi ini gaji mereka tidak cair karena sekolah libur.

Dimana, para guru swasta ini mengalami mati mata pencaharian sebab sekolah-sekolah libur Covid. Melalui bantuan Sembako ini, pihaknya berharap bisa meringakan beban para guru swasta.

"Bantuan yang kami salurkan hari ini ada 693 paket Sembako. Terdiri dari beras, minyak goreng, gula, kecap dan teh. Ini rencananya akan kami berikan secara berkala," terangnya.

Ada pun guru swasta yang menerima bantuan ini meliputi guru Madrasah Dinniyah (Madin), Kelompok Belajar (KB), TPQ dan TK dibawah naungan Muhammadiyah.

"Kami pilih guru swasta, karena gaji mereka kecil. Apalagi dengan adanya pandemi ini gaji mereka tidak cair karena sekolah libur," ujar dia.

Terpisah, Kepala TPQ Aisiyah Jati Kulon, Durrotul Fatimah mengaku selama pandemi ini ia dan rekan-rekannya banting setir berjualan keliling untuk menyambung kehidupan keluarganya.

"Sekolah libur, anak-anak tidak masuk jadi kami tidak mendapat gaji. Kalau biasanya di TPQ kami mendapat honor Rp 100 ribu sampai 200 ribu perbulan. Enam bulan pandemi ini, kami berjualan keliling agar tetap ada pemasukan," katanya.

Untuk itu, dirinya mengucapkan terimakasih pada Lazizmu dan Muhammadiyah Covid-19 Center yang telah memberikan bantuan pada dia dan rekan-rekannya.

"Pada Pemerintah Kabupaten Kudus, kami juga ucapkan terima kasih atas progam tunjangan kesejahteraan guru swasta (TKGS) senilai Rp 350 ribu perbulan yang masih berjalan lancar sampai saat ini," ujarnya. []

Berita terkait
590 Siswa SMP di Kudus Terima Subsidi Kuota Daring
Sebanyak 590 siswa SMP Muhammadiyah 1 Kudus menerima subsidi kuota daring dari sekolahnya.
Pemkab Kudus Perbolehkan Lomba HUT Kemerdekaan
Pemerintah Kabupaten Kudus memberikan kelonggaran kepada warganya untuk tetap menggelar perlombaan HUT RI ke-75. Ini persyaratannya.
Upacara HUT ke-75 RI di Kudus Digelar Terbatas
Pemerintah Kabupaten Kudus mengikuti anjuran pemerintah pusat untuk pelaksanaan upacara HUT ke-75 RI dan hanya 6 Paskibraka yang dilibatkan.
0
IHSG Turun Tipis 0,09 Persen, 3 Saham Ini Dilego Asing
Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada penutupan perdagangan Kamis, 22 Oktober 2020 terkoreksi tipis 0,09 persen di posisi 5.091,82 poin.