UNTUK INDONESIA
60 Relawan Pengungsian Gunung Merapi Jalani Rapid Test
Dinas Kesehatan Sleman melakukan rapid test terhadap 60 relawan pengungsian Gunung Merapi untuk mencegah penularan Covid-19.
Ilustrasi rapid test (Foto: Dok. Tagar)

Sleman - Sebanyak 60 relawan tanggap bencana Gunung Merapi di Balai Desa Glagaharjo, Kapanewon Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dilakukan rapid test. Upaya tersebut untuk meminimalisir terjadinya penularan Covid-19 di barak pengungsian.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Sleman, Novita Krisnaeni mengatakan rapid test dilakukan mengingat relawan tersebut berasal dari sejumlah daerah di luar kapanewon Cangkringan.

Kalau dilakukan swab test hasilnya positif, langsung kami lakukan isolasi mandiri dan tidak boleh bertugas di sini.

"Ada banyak relawan yang datang dari luar daerah sini. Kan tidak ada yang tahu mereka bawa virus atau tidak. Makanya kami lakukan rapid test,” kata Novita kepada wartawan di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Selasa, 10 November 2020.

Dengan begitu, kata Novita, relawan yang datang dengan tujuan mulia membantu atau bertugas itu tidak membawa virus yang masih menghantui masyarakat. Sehingga tidak menulari para pengungsi.

Baca juga:

Jika pihaknya menemukan relawan reaktif, nantinya akan dilanjutkan dengan tes swab.

“Kalau dilakukan swab test hasilnya positif, langsung kami lakukan isolasi mandiri dan tidak boleh bertugas di sini,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Cangkringan, Suparmono menegaskan jika upaya rapid test hanya akan dilakukan kepada relawan bertugas di barak pengungsian balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

Alasannya, sejauh ini wilayah Glagaharjo berada di zona hija setelah tidak ada warga yang terkonfirmasi positif.

"Yang di rapid test hanya relawan. Glagaharjo itu warganya tidak ada yang terkonfirmasi positif,” katanya.

Lebih lanjut, Suparmono juga mengatakan berdasarkan pesan disampaikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo upaya rapid test tidak dilakukan kepada pengungsi berasal dari Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman.

"Pak bupati juga berpesan jangan di rapid test dulu karena kami berasal dari wilayah hijau. Sedangkan kalau relawan ini kan datang dari mana saja,” ucapnya.[]

Berita terkait
Pasutri di Sleman Kompak Konsumsi dan Edarkan Obat Terlarang
Polres Sleman menangkap pasangan suami istri setelah mengonsumsi dan edarkan obat keras secara ilegal.
Suasana Pengungsian Merapi di Glagaharjo Cangkringan Sleman
Sebanyak 185 jiwa Dusun Kalitengah Lor di lereng Merapi sudah mengungsi di Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Begini suasananya.
Dugaan Penganiayaan, Jenazah Penuh Luka dan Darah di Sleman
Seorang pria ditemukan meninggal di Depok, Sleman, Yogyakarta. Pada tubuh korban ditemukan penuh luka dan darah. Diduga korban penganiayaan.
0
Pecah Ban, Mobil Tabrak Suami Istri Penjual Es di Bantul
Suami istri penjual es krim ditabrak mobil yang mengalami pecah ban di Bantul. Dua korban dirawat di RS Nur Hidayah, Jetis.