6 Wisata Religi di Bekasi yang Wajib Dikunjungi

Banyak sekali para traveler yang menyambangi kota Bekasi ini hanya untuk berwisata religi.
Masjid Agung Al-Barkah (Foto: Tagar/instagram Antonwahyd)

Bekasi - Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang berdekatan langsung dengan Ibu Kota Negara Indonesia yaitu Jakarta. Banyak sekali para traveler yang menyambangi kota Bekasi ini hanya untuk berwisata religi.

Beberapa wisata religi di bekasi yang sangat menarik, seperti masjid masjid dengan arsitektur begitu indah dan juga makam makam wali ALLAH yang ada di bekasi

Berikut 6 wisata religi yang wajib kamu kunjungi.


1. Masjid Agung Al-Barkah

Masjid ini berada di pusat kota bekasi yang dekat aksesnya dengan stasiun bekasi memudahkan kita untuk menjangkau tempat ini. Bangunan Masjid Agung Al-Barkah mengadopsi arsitektur bangunan masjid bergaya Timur Tengah dengan menyandingkan empat buah menara yang menjulang tinggi. 

Masjid yang didirikan pada tahun 1890 ini memiliki letak yang strategis yaitu berada di alun-alun Kota Bekasi


2. Masjid Nurani

Masjid Nurani ini berada di kranji, dengan tempat yang gampang di jangkau hanya 1,5 km dari stasiun kranji salah satu masjid ini wajib kamu kunjungi.

Masjid Nurani merupakan salah satu masjid terindah di Bekasi. Hal tersebut terlihat pada arsitektur bergaya Timur Tengah pada kubahnya dan arsitektur Andalusia pada bentuk jendelanya yang dibalut dengan sentuhan modern di bentuk masjid yang berbentuk kubus dengan dominasi warna cerah.


3. Masjid Raya Al-Azhar

Masjid Raya Al-Azhar diresmikan pada Selasa, 26 November 2013 oleh PT Summarecon Agung Tbk bersama Walikota Bekasi, pengurus YPI Al Azhar Pusat dan Yayasan Syiar Bangsa.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 3000 meter persegi dengan total bangunan 1320 meter persegi.

Karena letaknya yang berdampingan dengan Sekolah Islam Al Azhar, maka Masjid megah ini juga dimanfaatkan sebagai laboratorium akhlak serta ruang pendidikan agama bagi para pelajar.

Masjid yang didesain oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini memiliki keunikan yang berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya karena mengambil inspirasi dari bangunan Kakbah di Baitullah Mekah.


4. Makan Mbah Kandong

Menurut beberapa keterangan, Mbah Kandong merupakan sosok ulama penyebar agama Islam di wilayah Bekasi. Banyak juga yang menyebut jika nama Mbah Kandong adalah Syekh Su'ud atau Syekh Sarifudin.

Lokasi makam beliau terletak dj Jalan Makom No 10, RT 001 / RW 004, Jatikramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat.


5. Makam Mbah Keneng

Dilansir dari laman Ayo Bekasi, Mbah Keneng merupakan seorang ulama kharismatik yang lahir pada tahun 1857 dan wafat tahun 1972. Hal tersebut terlihat pada tulisan batu nisan makam beliau.

Masyarakat setempat juga menganggap Mbah Keneng merupakan waliyullah dan memiliki banyak karomah.

Konon beliau juga mempunyai garis silsilah yg bersambung ke Nabi Muhammad SAW.

Lokasi Makam beliau bertempat di Jalan Manunggal Kp Ceger No 37, RT 004 / RW 018, Jaka Setia, Kec. Bekasi Selatan Kota Bekasi, Jawa Barat.


6. Makam KH Noer Ali

KH Noer Ali merupakan salah satu ulama besar di bekasi yang sangat berpengaruh bagi perdaban islam di daerah nya dan salah satu pahlawan nasional di bekasi yang mempunyai julukan singa karawang bekasi.

KH Noer Ali dimakamkan di pondok pesantren Attaqwa Putri di desa ujung harapan kecamatan Babelan, Bekasi

Itulah 6 tempat wisata religi yang sangat menarik untuk kamu kunjungi.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Waspadai Calo Rekruitmen Pegawai Kontrak di Kota Bekasi
Dalam kesempatannya dia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati terhadap pihak-pihak yang mengatasnamakan Pemkot Bekasi.
Wali Kota Danny: Kenalkan Situs Sejarah Lewat Gowes Wisata Budaya
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan “Danny” Pomanto secara resmi membuka fun bike wisata, diselenggarakan KBA SMP Negeri 5 Makassar.
Menko Airlangga: Indonesia dan Singapura Perkuat Kerja Sama Bidang Pariwisata dan Transisi Energi
Menko Airlangga mengatakan Indonesia dan Singapura perkuat kerja sama dalam bidang pariwisata dan transisi energi dengan sejumlah investasi.