6 Tips untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Kuliner

Perkembangan kuliner saat ini juga semakin pesat. Tak heran banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Cara memulai usaha kuliner telah banyak dicari oleh para pemula yang ingin berkecimpung di dalamnya. Tingginya kebutuhan masyarakat di sektor makanan, telah membuat banyak orang tergerak ingin memulai usaha kuliner.

Usaha kuliner merupakan salah satu bentuk bisnis yang terbilang cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan makanan merupakan kebutuhan yang banyak dicari dan menjadi kebutuhan setiap orang. Perkembangan kuliner saat ini juga semakin pesat. Tak heran banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner.

Untuk memulai bisnis kuliner, tentu saja Anda perlu memperhatikan strategi. Hal ini karena strategi dalam memulai sebuah bisnis bisa memperkirakan bagaimana suksesnya bisnis tersebut. Selain itu, memulai bisnis kuliner perlu modal yang harus dipikirkan. Lalu bagi Anda yang berencana untuk terjun ke bisnis kuliner, berikut ini beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk mendirikan sebuah bisnis kuliner yang sukses.


1. Tentukan bisnis kuliner apa yang ingin Anda geluti

Bisnis kuliner adalah bisnis yang sektornya luas. Sebab di Indonesia sendiri tumbuh subur berbagai bisnis yang menjajakan aneka jenis kuliner dari berbagai daerah, atau bahkan kuliner internasional. Untuk itu, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu akan menjual kuliner apa. Apakah Anda akan menjual kuliner mancanegara, atau akan menjual kuliner lokal. Atau apakah Anda akan menjual makanan berat, atau hanya menjual makanan ringan.


2. Pilih lokasi yang tepat

Bagi bisnis kuliner, lokasi merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan kesuksesan. Sebab, apabila Anda memilih lokasi yang terpencil, semakin sedikit orang yang tahu soal bisnis Anda. Perlu diingat bila memang Anda ingin mendirikan sebuah usaha kuliner yang terpencil, maka kegiatan pemasaran harus gencar dilakukan. Jangan samakan dengan bisnis kuliner legendaris yang meskipun berada di tempat terpencil namun tetap diburu oleh konsumen.


3. Cita rasa menu yang Anda tawarkan

Selain urusan teknis, cita rasa dari menu yang Anda tawarkan sangatlah penting. Sebab, pada akhirnya cita rasa lah yang membuat orang untuk balik lagi dan lagi ke tempat Anda. Kalau Anda hanya menyajikan makanan dengan rasa yang biasa saja, dan lokasinya yang kurang strategis, maka usaha kuliner Anda tidak akan berumur panjang. Maka perhatikan betul kualitas rasa. Anda bisa melakukan uji coba terlebih dahulu ke orang-orang terdekat, untuk mengetahui menu apa yang cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.


4. Tentukan target pasar bisnis kuliner

Target pasar akan sangat mempengaruhi bisnis kuliner apa yang akan Anda mulai. Kalau Anda menargetkan kalangan menengah ke atas, tentu saja kuliner yang disajikan lebih dari sekedar kuliner rumahan. Oleh karena itu, penting untuk membuat business plan kecil-kecilan. Di dalamnya akan ada riset pasar yang dapat membantu Anda menjalankan bisnis nantinya.


5. Adakan promo-promo menarik

Saat sedang menjalankan bisnis kuliner Anda, pastinya akan ada fase di mana ramai dan sepi. Pada saat sepi ini lah sebaiknya Anda gencar melakukan promosi-promosi yang mampu menarik kembali minat para pembeli. Promosinya pun beragam, bisa dengan melakukan diskon, buy one get one, promo paket, dan sebagainya. Hanya saja, perhitungkan dulu dengan matang. Supaya tidak rugi di kemudian hari.


6. Aktifkan media sosial Anda

Di era digital ini, media sosial sudah menjadi keharusan saat memulai suatu bisnis. Terlebih lagi bisnis kuliner. Sebab, hanya dengan sosial media lah Anda dapat menarik calon konsumen lebih banyak, tanpa perlu menghabiskan biaya jutaan rupiah untuk iklan. Anda bisa gunakan Instagram, Facebook, atau pun Twitter. Ketiganya hingga saat ini masih menjadi media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga:

Berita terkait
Bensu Bersaudara Hadirkan Bisnis Kuliner Baru: Besar Food
Ruben Onsu dan Jordi Onsu berinovasi di bidang kuliner dengan hadirkan Besar Food. Resto ini menyajikan makanan a la Jepang.
Sandiaga Minta Bisnis Kuliner Terapkan Layanan Delivery
Sandiaga Uno, meminta seluruh usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta bisnis kuliner untuk menerapkan layanan delivery selama PPKM darurat.
Keren dan Unik, Bisnis Kuliner 5 Pedangdut Tanah Air
Sejumlah penyanyi dangdut Tanah Air juga mencari pundi-pundi rupiah dengan membuka bisnis kuliner yang memiliki konsep yang unik dan keren-keren.
0
6 Tips untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha Kuliner
Perkembangan kuliner saat ini juga semakin pesat. Tak heran banyak orang yang mencari cara memulai usaha kuliner.